banner 728x90
Disdagin Tanjungpinang memberikan pelayanan untuk memfasilitasi pendaftaran NIB dan sertifikasi halal secara gratis bagi pelaku IKM, Sabtu (25/11/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Disdagin Tanjungpinang Memfasilitasi Pendaftaran NIB dan Sertifikasi Halal, Gratis

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal bagi Industri Kecil Menengah (IKM), secara gratis, Sabtu (25/11/2023). Pelayanan pendaftaran NIB dan sertifikasi produk halal ini dilaksakan di sela kegiatan pasar murah di Gedung Tanjak, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.

Stan pendaftaran NIB dan sertifikasi halal ini dipenuhi oleh pelaku IKM yang ingin mendaftar NIB dan Sertifikasi Halal. Kepala Disdagin Tanjungpinang Riany menyampaikan, pendaftaran NIB bagi IKM pihaknya bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanjungpinang.

Baca Juga :  Roby Bangga, Dua Atlet Penyandang Cacat Bintan Bertanding di Peparnas Papua

“Jadi tidak hanya pasar murah, bazar kue tradisional Melayu, peresmian Gedung Tanjak, kita juga fasilitasi pendaftaran pengurusan NIB dan sertifikat halal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, fasilitasi pendapatan sertifikasi halal bertujuan untuk memberikan informasi bagi pelaku IKM akan terbitnya sertifikasi halal itu dapat memperluas daya saing produk dan memperluas pemasaran produk.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan perubahan perilaku para pelaku usaha ke arah produk yang higienis dan sehat,” ujarnya.

Sedangkan pendaftaran NIB bertujuan mempermudah pelaku IKM untuk mengakses terkait pemasaran. Dengan adanya NIB, pelaku IKM akan mudah melakukan kontrak kerja dengan konsumen.

Baca Juga :  Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Cen Sui Lan: Jaga Persatuan Menuju Pilkada Serentak

“Kalau IKM sudah memiliki NIB, akan mudah mitra mereka melakukan kontrak kerja untuk orderan kerjasama dan sebagainya. Dari sisi proses bisnis semakin berkembang bagi IKM,” imbuhnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *