banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri saat konsolidasi soal SWRO di Tanjungpinang, baru-baru ini. F- dok/suaraserumpun.com

Setelah Tanjungpinang, Cen Sui Lan Merealisasikan Bantuan Air Bersih SWRO Gratis di Batam dan Bintan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri segera merealisasikan penyediaan air bersih di Kepri lewat Sea Water Reverse Osmosis (SWRO). Ribuan rumah bakal tersambung dengan SWRO. Setelah di Tanjungpinang, Cen Sui Lan akan merealisasikan di Batam, Bintan serta Anambas tahun 2024 mendatang.

“Di Batam, sebanyak 250 hunian,” ungkap Cen Sui Lan, Kamis (16/11/2023) pekan lalu.

Saat kunjungan kerja ke Tanjungpinang, Cen Sui Lan memastikan, sebanyak 2.000 rumah tangga akan mendapatkan sambungan air bersih lewat SWRO secara gratis.

Baca Juga :  BP Bintan Bangun Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Sepanjang Jalan Lintas Barat

“Telah saya ajukan ke Kementerian PUPR. Kami juga sudah koordinasi dengan Pak Rudy Chua dan Pemko, untuk pemasangan,” ungkap Cen Sui Lan.

Dengan intervensi SWRO tadi, dia berharap warga di Pinang tak lagi kesulitan air bersih. Dia menambahkan, SWRO gratis juga diberikan ke warga Bintan dan Anambas. Di Tanjungpinang, Rudy Chua mendaku realisasi SWRO berkat bantuan Cen. “Pemasangan sepenuhnya gratis,” kata legislator Hanura di DPRD Kepri.

Cen Sui Lan menjelaskan, intervensi dia menyediakan air bersih di Kepri menyesuai kemampuan PDAM belum terserap di daerah masing-masing.

Baca Juga :  Cooking and Baking Demo, Inovasi Kader PKK untuk Asupan Gizi Anak

“Sebanyak kemampuan idle capacity PDAM daerah,” sebut dia.

Karenanya, dia belum dapat memastikan alokasi SWRO di Bintan dan Anambas. Sebab, dia masih menunggu laporan PDAM Tirta Kepri. Tapi, dia memastikan skema bantuan tadi sejalan dengan Inpres Tahun 2024. Pengerjaan juga menyesuaikan kesiapan masing-masing PDAM daerah. Targetnya menyasar rumah tangga belum memiliki sambungan air bersih ke hunian.

“Agar warga Kepri belum bisa terlayani air minum atau air bersih, bisa menikmati layanan air minum,” harap Cen Sui Lan, politisi Golkar di DPR paling populer tahun 2023.

Baca Juga :  Kunker ke Tanjungpinang, Ini Lokasi yang Ditinjau Panglima TNI

Data Kementerian PPN/ Bappenas, terdapat idle capacity 38 ribu liter dapat disalurkan ke 3 juta sambungan rumah. Prioritasnya ke daerah dengan kasus stunting tinggi. SWRO bagian kebijakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kementerian PUPR. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *