banner 728x90
Pajri penjaga gawang Kepri menghalau bola dari tendangan pojok pemain Riau pada babak semifinal Porwil Sumatera 2023 di Stadion Utama Riau, Panam, Pekanbaru, Minggu (12/11/2023) pagi tadi. Riau versus Kepri berakhir 1-0. F- yen/suaraserumpun.com

Riau Mematahkan Langkah Tim Sepak Bola Kepri Menuju PON 2024

Komentar
X
Bagikan

Pekanbaru, suaraserumpun.com – Riau mematahkan langkah tim sepak bola Kepulauan Riau (Kepri) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Riau mengalahkan Kepri pada semifinal Porwil Sumatera 2023 di Stadion Utama Riau, Panam, dengan skor 1-0, Minggu (12/11/2023).

Riau versus Kepri pada babak semifinal cabor sepak bola Porwil Sumatera ke-XI berlangsung sengit. Awal babak pertama, kedua tim saling membangun serangan untuk mencetak gol lebih dahulu. Baru berlangsung lima menit, Tedy Hernanda pemain Kepri dari sayap kiri memberikan umpan silang ke depan mulut gawang Riau. Namun, Javed Qaisar dan Muhammad Ashari Desmana di depan gawang gagal memanfaatkan peluang gol tersebut.

Memasuki menit ke-10, pemain tim tuan rumah Riau mulai menguasai permainan. Dengan pola pendek dan pressure cepat, Enrico dan kawan-kawan beberapa kali berhasil menembus lini pertahanan Kepri. Beruntung, Pajri berhasil mengamankan bola.

Tapi, gawang Kepri akhirnya bobol di menit ke-26. Saat itu, pemain belakang Kepri awalnya menguasai bola dan melakukan build-up. Para pemain tengah dan depan, langsung melebar memasuki ranah pertahanan lawan. Tapi, bola yang dikuasai pemain belakang Kepri terlepas dan direbut pemain Riau.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Memantau Pleno di Tingkat PPK, Kesehatan Personel Dicek

Dalam keadaan pertahanan Kepri yang dijaga dua pemain, langsung digempur. Dari sayap kanan, bola langsung diarahkan ke tengah dan diteruskan ke sayap kiri. Di sayap kiri, Enriyan Dwi Fahri yang bebas dari kawalan pemain Kepri, dengan mudah melakukan tendangan keras ke arah mulut gawang. Pajri kiper Kepri tak mampu membendung bola sepakan Enriyan. Goool! Skor 1-0 keunggulan tim tuan rumah Riau bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, pemain tim sepak bola Kepri mulai bangkit. Tekanan ke lini pertahanan lawan ditingkatkan. Sedangkan pemain Riau mengandalkan serangan balik. Memasuki menit ke-52, terjadi kemelut di depan gawang Kepri. Ketika bola berada di kaki pemain depan Riau, pemain belakang Kepri melakukan tendangan keras.

Wasit menilai, tindakan tersebut suatu pelanggaran. Meski diprotes Andi M Nuh kapten tim Kepri, wasit tetap memberikan hadiah penalti kepada tim tuan rumah. Pajri berhasil menggagalkan tendangan penalti tersebut. Pemain Kepri meningkatkan serangan ke kubu tuan rumah. Menit ke-70, M Syahril pemain Kepri mendapat kesempatan melepaskan tendangan keras di dalam kotak penalti. Tapi, bola berhasil diamankan penjaga gawang Riau.

Baca Juga :  PPKM di Kepri Mau Turun Level? Kuncinya dengan Cara Membujuk Lansia

Serangan dibangun lagi. Pada menit ke-83, Javed Qaisar mendapat umpan terobosan dari M Syahril. Javed yang ingin menguasai bola dalam kotak penalti tersebut ditempel keras oleh pemain belakang Riau, hingga terjatuh. Kesempatan mencetak gol balasan berlalu. Sampai pertandingan selesai, skor bertahan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Riau.

Dengan hasil ini, tim sepak bola Riau melaju ke babak final Porwil Sumatera ke-XI tahun 2023, sekaligus mendapatkan tiket lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut. Sebaliknya, Kepri gagal ke putaran PON 2024. Kepri akan bertanding lagi pada perebutan medali perunggu, Selasa (14/11/2023) di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai. Kepri akan menghadapi tim yang kalah antara Sumbar vs Lampung, Minggu petang ini.

Baca Juga :  Persoalan Lahan Selesai, TPU Bintan Utara Diresmikan Bupati Bintan

Sekretaris Umum Asprov PSSI Kepri Sandro Megio mengatakan, para pemain Kepri sudah berjuang maksimal saat menjalani babak semifinal pada Porwil Sumatera 2023 di Riau ini. Namun, Kepri belum berhasil lolos ke PON 2024.

“Kami mohon maaf, belum bisa mengukir sejarah sepak bola Kepri lolos ke PON 2024. Kita tetap semangat dalam memajukan sepak bola Kepri ke depan,” kata Sandro.

Manajer tim Kepri Roby Kurniawan mengatakan, anak-anak Kepri sudah berjuang maksimal pada Porwil Sumatera 2023 di Riau ini. Saat ini, Kepri belum beruntung untuk lolos PON.

“Ke depan, kita akan terus meningkatkan prestasi sepak bola Kepri. Apalagi, kita menjadi tuan rumah Porwil di tahun 2027 mendatang. Dalam pertandingan itu, menang kalah pasti ada. Kita terus berusaha untuk jadi lebih baik,” tutur Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *