banner 728x90
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menunjukkan kinerja yang baik dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah.F-Diskominfo Kepri

Pemprov Kepri Meraih Penghargaan ITKP Terbaik Ke-II Secara Nasional

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menunjukkan kinerja yang baik dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada tahun ini, Pemprov Kepri berhasil meraih penghargaan Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) terbaik ke-II secara nasional untuk kategori Pemerintah Provinsi.

Penghargaan ini diberikan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2023 dengan tema “Transformasi Pengadaan Untuk Indonesia Maju” di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (07/11/2023).

Penilaian ITKP merupakan penilaian atas indikator yang menyeluruh dan kompleks antara lain terdiri atas pemanfaatan sistem pengadaan, baik itu SiRUP, e-Tendering, e-Purchasing, e-Kontrak, Non E-Tendering, maupun Non e-Puchasing. Selain itu penilaian juga meliputi kualifikasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/Jasa serta tingkat kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ).

Baca Juga :  Ansar Ahmad Bahas Empat Proyek Strategis Nasional di Kepri dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR

Dari penilaian tersebut, Pemprov Kepri meraih 90,11 poin, hanya selisih 0,1 poin dari Provinsi Kalimantan Selatan yang meraih 90,21 poin. Poin capaian Pemprov Kepri juga naik hingga lebih 5 poin dari tahun sebelumnya, yaitu dari 85 menjadi 90,11 poin. Sementara itu, Provinsi Bali yang pada tahun sebelumnya meraih posisi puncak, pada tahun ini berada pada posisi 3.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LKPP, Hendrar Prihadi, kepada Kepala Biro Pengadaan Barang Jasa Provinzi Kepri, Azwandi, dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat dan praktisi pengadaan dari seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Imbau Pengusaha Menyediakan Scanning Aplikasi PeduliLindungi

Dalam kesempatan ini, Azwandi, mewakili  Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad berterimakasih kepada seluruh jajaran, serta atas kerja keras dan komitmen dari tim pengadaan di lingkungan Pemprov Kepri.

“Kita ketahui bahwa mempertahankan memang lebih sulit daripada meraih. Namun terbukti berangkat dari semangat pantang menyerah, etos kerja yang baik, kita berhasil bersama-sama mempertahankan capaian ini, bahkan dengan poin penilaian yang naik secara signifikan dibanding tahun sebelumnya untuk ITKP,” ujar Azwandi.

Penghargaan ini menunjukkan bahwa Pemprov Kepri telah menerapkan prinsip-prinsip pengadaan yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu instrumen penting dalam mendukung pembangunan dan pelayanan publik.

Baca Juga :  Bagi yang Mau Vaksinasi Covid-19, Polres Bintan Terus Membuka Gerai, Cek Lokasi Berikut

“Sesuai arahan Gubernur, Pemprov Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja pengadaan barang dan jasa pemerintah,” kata Azwandi.(Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *