banner 728x90
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara menyampaikan sambutan pada saat peluncuran aplikasi SIBADANG untuk bidang kesehatan, Kamis (2/11/2023). F- diskominfo kepri

Pemprov Kepri Meluncurkan Aplikasi SIBADANG, Pahami Fungsinya

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) telah meluncurkan aplikasi SIBADANG untuk bidang kesehatan. Pahami fungsi aplikasi SIBADANG tersebut berikut ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Adi Prihantara mewakili Gubenur Kepri secara meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Bank Data Kesehatan Kepri Gemilang (SIBADANG) di Ballroom Trans Convention Center Aston, Kamis (2/11/2023).

Aplikasi SIBADANG adalah aplikasi yang dilahirkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau yang menjadi sarana yang dapat mengoptimalkan aliran data kesehatan dari kecamatan, kabupaten/kota, Provinsi hingga Pusat.

Peluncuran Aplikasi ini juga disejalankan dengan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023.

Baca Juga :  12 Orang Gagal, Berikut 15 Nama Calon Anggota KI Kepri untuk Uji Kepatutan dan Kelayakan

Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara menyampaikan beberapa pesan Gubernur Kepri Ansar Ahmad pada launching aplikasi SIBADANG tersebut. Di antaranya yaitu, melalui forum ini agar seluruh pemangku kesehatan agar bersama membangun derajat kesehatan di Provinsi Kepulauan berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing, menyusun program kesehatan guna pemecahan masalah kesehatan di daerah serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya layanan primer di rumah sakit Pemda.

“Dari kabupaten kota berikan data riil yang terjadi di lapangan, apa yang perlu dibenahi. Provinsi juga mengambil peran apa yang harus dilakukan untuk penyelesain bersama. Dengan kerja sama dan kolaborasi serta satukan visi maka saya yakin kita bisa tingkatkan derajat kesehatan di kepri,” ujarnya.

Baca Juga :  Tablig Akbar Hari Jadi Ke-21, Ansar Ahmad: Pertama Kalinya OPD Tanjungpinang Ikutin Pengajian Pemprov Kepri

Kegiatan ini, kata Adi Prihantara, juga merupakan bentuk evaluasi atas pelaksanaan pembangunan kesehatan yang telah dilakukan selama ini. Monitoring dan evaluasi adalah langkah penting dalam memastikan bahwa program-program prioritas yang telah ditetapkan benar-benar bermanfaat dan mencapai hasil yang diharapkan.

“Saya berharap melalui pertemuan ini dapat disusun rencana aksi yang menjadi langkah konkret dan sarana pendukung dalam pengambilan kebijakan dan perencanaan pembangunan kesehatan ditahun mendatang,” harapnya.

Kemudian terkait aplikasi SIBADANG, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara berharap, aplikasi yang sesuai dengan namanya menjadi aplikasi yang kuat dan berani. Sehingga mampu memberikan dukungan bagi data-data kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau menuju ke Indonesia satu data.

Baca Juga :  PUPR Bintan Bakal Ditinjau Ulang, Status Dua OPD Dijadikan Tipe A

“Harapannya setelah launching, aplikasi ini benar-benar bisa dimanfaatkan dan memberikan data kesehatan yang akurat sehingga mampu menjadi landasan dasar dalam membuat kebijakan guna membangun kesehatan di Kepri menuju Indonesia emas 2045,” tutupnya.

Turut hadir Direktorat Kementerian Kesehatan RI dr Feby Anggraini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri, Direktur RS Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat EHD Kepri dr Asep Guntur, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Serta Perwakilan Direktur RSUD kabupaten/kota Se-Provinsi Kepri.(Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *