banner 728x90
Aksi nyata Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) buat Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. F- csl

Foto Aksi Nyata Cen Sui Lan buat Anambas, Jalan di Siantan Mengilap Seluas Mata Memandang

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Sejak 2021 hingga sekarang, aksi nyata Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) buat Kabupaten Kepulauan Anambas begitu jempolan atau sangat hebat. Bangunan jalan di Kecamatan Siantan sudah mengilap seluas mata memandang. Padahal sebelumnya, begitu sempit dan masih jalan tanah. Berikut foto aksi nyata Cen Sui Lan buat Siantan, Kabupaten Anambas.

Cen Sui Lan merealisasikan janjinya di empat desa wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas sejak tahun anggaran 2022 lalu, hingga tahun 2023 ini. Empat desa itu antara lain Desa Tarempa Barat Daya, Desa Sri Tanjung, Desa Lingai dan Desa Tiangau.

Tahun 2022, jalan di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung begitu sangat memprihatinkan. Jalan di pesisir pantai kecil. Itu pun dalam bentuk jalan tanah. Begitu sulit akses masyarakat dari tempat satu ke tempat lainnya.

Keluhan dan aspirasi masyarakat itu pula yang menjadi fokus bagi Cen Sui Lan saat kunjungan kerja reses, awal tahun 2022 lalu. Secara bertahap, Cen Sui Lan membangun jalan beton di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung tersebut. Pembangunan jalan di dua desa ini diperjuakan Cen Sui Lan lewat dana aspirasinya melalui program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah atau yang biasa disebut PISEW. Yaitu kegiatan pembangunan berbasis masyarakat dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Hasil pembangunan jalan program PISEW dari aspirasi Cen Sui Lan di satu satu desa wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Hingga tahun anggaran 2023 ini, penataan dan pembangunan infrastruktur jalan lewat program PISEW terus dijalankan. Bahkan sudah selesai dikerjakan, dengan memberdayakan masyarakat setempat. Alhasil, infrastruktur jalan di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung sudah mantap. Jalan yang dulu sempit, kini sudah luas dengan kondisi beton. Anggaran untuk pembangunan jalan di Desa Tarempa Barat Daya tersebut mencapai Rp500 juta.

Baca Juga :  Jokowi Menandatangani PP Pemberian THR dan Gaji Ke-13 ASN hingga Pensiunan

“Kami sangat salut dengan aksi nyata Bu Cen Sui Lan untuk pembangunan di Kecamatan Siantan ini. Khususnya di Desa Tarempa Barat Daya dan Desa Sri Tanjung. Kini, jalan kami bagus dan luas. Itu berkat karya nyata Bu Cen Sui Lan kepada masyarakat. Terima kasih buat Bu Cen, yang benar-benar bekerja sebagai wakil rakyat dari Kepri ini,” kata Hedtiantri warga Siantan, Ketua KKAD setempat.

Proses pengerjaan jalan dan batu miring program PISEW dari aspirasi Cen Sui Lan di empat desa wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Lingai dan Tiangau
Perjuangan Cen Sui Lan untuk membangun daerah perbatasan NKRI dengan negara tetangga, juga ditujukan terhadap Desa Lingai dan Desa Tiangau di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas ini.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menggesa Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pembangunan untuk Desa Lingai juga diprioritaskan terhadap akses transportasi lewat program PISEW. Kini, jalan di desa tersebut sudah tak ada yang lagi yang dirisaukan. Semua mulus dengan kualitas yang pantas diberikan aplaus.

Untuk Desa Tiangau, Cen Sui Lan memberikan perhatian lebih. Bukan cuma pembangunan dan penataan jalan. Tapi, Desa Tiangau dipoles lebih menawan agar menjadi desa wisata yang menarik kunjungan wisatawan asing. Misi itu pun terwujud. Cen Sui Lan ingin menjadikan Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Anambas.

Kondisi jalan di wilayah Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri sebelum dibangun lewat program PISEW aspirasi Cen Sui Lan. F- dok/suaraserumpun.com

Justru itu, melalui aspirasinya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan. Tahun anggaran 2023 ini, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi sebesar Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau. Anggaran tersebut terbagi dalam berberapa program infrastuktur berbasis masyarakat. Seperti untuk program PISEW sebesar Rp500 juta, program bedah rumah sebesar Rp1 miliar.

“Program Bantuan Desa Wisata Rp400 juta. Program Pamsimas Rp350 juta. Program PJU-TS Rp250 juta. Sisanya dalam kegiatan bansos infrastruktur lainnya. Bu Cen Sui Lan orangnya jempolan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat kecil, seperti kami di daerah perbatasan negara ini,” ungkap Khermansyah Kepala Desa Tiangau.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Meraih Penghargaan Tingkat Nasional

Upaya pembangunan ini sudah mulai digesa oleh Cen Sui Lan, dengan mengalokasikan dana aspirasi berupa Penataan Kawasan Arung Hijau Desa Tiangau dengan Program Pembangunan Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.

“Kita selesaikan dan kita kepung Desa Tiangau dari seluruh program infrastuktur berbasis masyarakat,” ujar Cen Sui Lan, baru-baru ini.

Cen Sui Lan juga memperindah kawasan wisata Desa Tiangau dengan merenovasi rumah-rumah sebanyak 50 unit pada tahun anggaran 2023 ini, agar semakin rapi dan indah.

Masyarakat mendapatkan pekerjaan dari program PISEW aspirasi Cen Sui Lan di Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Sebelumnya, dari dana aspirasi Cen Sui Lan, juga telah dialokasikan untuk pembangunan jalan di bibir pantai, sepanjang 500 meter. Jalan ini sebagai sarana pendukung Desa Tiangau, sebagai Desa Destinasi Wisata.

Tak perlu diragukan lagi, itu bukti nyata keberhasilan Cen Sui Lan melalui program PISEW tahun anggaran 2023 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Kini, jalan di wilayah Kecamatan Siantan sudah mengilap seluas mata memandang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *