banner 728x90
H Ansar Ahmad SE MM Gubernur Kepri meneken MoU dengan GM PLN UID Riau-Kepri untuk penyediaan listrik di daerah pulau. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Teken MoU dengan GM PLN Riau-Kepri, Misinya Penerangan di Daerah Pulau

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – H Ansar Ahmad SE MM Gubernur Kepulauan Riau dengan General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) Agung Murdifi menandatangani MoU, Rabu (1/11/2023). Misi dari penandatanganan nota kesepahaman ini untuk penerangan atau penyediaan listrik di daerah pulau wilayah Provinsi Kepri.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di sela peresmian PLTS dan BPBL di Pulau Panjang, Batam. Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman tersebut menjadi penting sebagai bentuk pernyataan komitmen kedua belah pihak.

Baca Juga :  Shark FC Terbaik di Champions Trofeo JP Tirai 2021

“Kita berkomitmen bersama untuk percepatan penyelesaian penyediaan tenaga listrik di pulau-pulau kecil di wilayah Provinsi Kepri. Kolaborasi ini sebagai wujud pelaksanaan program Kepri Terang yang kita gesa tiap tahunnya,” ujar Gubernur Kepri saat memberikan keterangan di Tanjungpinang, Kamis (2/11/2023).

Pada tahun 2023 ini, kerja sama yang telah dilaksanakan berupa pembangunan 6 Unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat dan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) sejumlah 3.248 rumah tangga.

Adapun 6 pulau yang pembangunan PLTS terpusatnya direalisasikan di antaranya Pulau Panjang, Pulau Akar dan Pulau Geranting di Kota Batam, Pulau Jaga di Kabupaten Karimun, serta Pulau Sebong dan Pulau Nuja di Kabupaten Lingga. Sementara itu, untuk Program BPBL, total dari Tahun 2021-2023 yang telah dilakukan penyambungan sebanyak 11.898 rumah tangga yang telah menerima bantuan.

Baca Juga :  Rodhial Huda Wabup Natuna Terpapar Covid-19, Bupati: Mari Doakan Semoga Cepat Sembuh

Menurut Gubernur Kepri, dengan ditekennya MoU ini juga bentuk kepastian kolaborasi kedua belah pihak yang akan dilaksanakan setiap tahunnya dalam bentuk pemasangan Bantuan Pasang Baru Listrik, pembangunan PLTS dan serah terima operasi atau pengadaan mesin genset, pemasangan jaringan tegangan menengah dan rendah (JTM dan JTR) dan pemasangan penerangan jalan umum.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama ini impian kita akan seluruh ‘Kepri Terang’ dapat terwujud. Tidak hanya masyarakat perkotaan saja yang bisa menikmati gemerlap cahaya. Kita benar-benar ingin tidak ada wilayah di Kepri yang gelap gulita,” tutup Ansar Ahmad. (yen)

Baca Juga :  Sulsel Juara Umum Sepak Takraw di PON XX Papua, Cek Peringkat Kepri dan Riau

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *