banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Kepri bersama para pemenang lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan pada peringatan Hari Pangan Se-Dunia tingkat Provinsi Kepri, Kamis (26/10/2023). F- diskominfo kepri

Hari Pangan Se-Dunia, Tanjungpinang Juara Lomba Cipta Menu B2SA Provinsi Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar lomba cipta menu B2SA pada peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-42 tahun 2023 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang Kamis (26/10/2023). Pada lomba cipta menu B2SA, PKK Kota Tanjungpinang tampil sebagai juara pertama. Berikut daftar pemenang lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan pada peringatan Hari Pangan Se-Dunia tingkat Provinsi Kepri.

Sejumlah perwakilan dari Kabupaten/Kota se-Kepri bersaing dalam Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Masak Ikan. Nantinya yang mendapatkan Juara 1, 2, dan 3 pada Lomba ini akan mengikuti Lomba Tingkat Nasional di Jakarta.

Beragam menu masakan dihadirkan dalam lomba memasak ini, dari beragam menu masakan itu ternyata dibuat dari bahan pangan lokal yang mudah didapatkan termasuk menu masakan dari bahan Ikan.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra TS Arif Fadillah menghadiri kegiatan ini. Turut hadir juga Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Bapanas yang diwakili Direktur Perumusan dan Mutu Pangan Yusra Egayanti, FKPD Kepri, para Pimpinan Instansi Vertikal Kepri, para Kepala OPD Kepri, para Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Kepri yang hadir atau yang diwakili dan para Ketua Organisasi Wanita se-Kepri.

Baca Juga :  Wow! 39 Nakes RSUD Bintan Menjalani Isolasi Mandiri

Asisten 1 Setdaprov Kepri T S Arif Fadillah mengungkapkan, mengonsumsi masakan B2SA dan Makan Ikan harus dibiasakan, khususnya pada anak-anak. Sebab, dengan mengonsumsi masakan B2SA dan makan ikan ini akan bisa menambah gizi dan berdampak dengan meningkatnya tingkat kecerdasan bagi anak.

“Selama ini pemerintah sudah mencanangkan berbagai program gemarikan dan ini kami nilai memang tepat. Anak-anak harus kita biasakan untuk mengonsumsi ikan, apalagi sumber daya ikan di Kepri sangat melimpah. Soal jenis ikan yang dikonsumsi ini bisa apa saja dan semuanya punya kandungan gizi sangat tinggi,” kata Arif.

Arif juga mengimbau kepada masyarakat Kepri, untuk menjalani pola hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif, setiap individu hendaknya mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang dari berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan sebagai sumber karbohidrat dan protein.

Tidak lupa pula dilengkapi dengan vitamin dan mineral, karena tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Ia juga berharap masyarakat Kepri mau mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

Hal itu juga merupakan salah satu program pemerintah yaitu menciptakan sumber daya manusia Kepri yang yang sehat dan cerdas melalui penerapan konsumsi pangan lokal. Kemudian, juga sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan masalah stunting karena ini menyangkut masa depan generasi bangsa agar terhindar dari beban ganda malnutrisi.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Dapat Penghargaan Nasional Lagi

“Oleh sebab itu, setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat, perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus-menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kemudian, mengubah pola konsumsi pangan masyarakat untuk mengkonsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman menuju terwujudnya masyarakat Kepri yang sehat,” tambahnya.

Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir, pihaknya sudah beberapa kali menggelar Lomba cipta menu masakan dari bahan pangan lokal dan lomba masak lkan.

“Melalui lomba ini bisa diketahui kalau masih banyak sumber pangan lainnya yang bisa dijadikan alternatif oleh masyarakat,” katanya.

Melalui kegiatan ini juga, Dewi Kumalasari Ansar menyatakan, sangat mendukung upaya dan komitmen pemerintah Kepri dalam upaya membiasakan masyarakat Kepri khususnya bagi anak-anak dalam mengonsumsi menu masakan B2SA dan Makan Ikan. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan lomba cipta menu B2SA dan lomba masak lkan ini.

“Saya berharap dengan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 ini dapat menjadi momentum bagi terwujudnya pembangunan ketahanan pangan di Provinsi Kepri,” harapnya.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Melaporkan ke BNPB, Tunggaan Tagihan Penanganan PMI Mencapai Rp11 Miliar

Dalam kegiatan HPS ke-42 ini, turut juga dilakukan Penandatanganan MoU antara TP-PKK Provinsi Kepri dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (DP2KH) Provinsi Kepri yang ditandatangani oleh Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar dan Kadis DP2KH Rika Azmi. Turut diserahkan juga hadiah pemenang Lomba Cipta Menu B2SA, Lomba Masak Serba Ikan dan Gerakan Tanam Cabai.

Berikut hasil lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan:

Lomba Cipta Menu B2SA
Juara 1 Kota Tanjungpinang
Juara 2 Kabupaten Natuna
Juara 3 dari Kabupaten Karimun

Lomba Masak Serba Ikan Kategori Menu Kudapan
Juara 1 Kabupaten Lingga
Juara 2 Kabupaten Bintan
Juara 3 Kabupaten Anambas

Lomba Masak Serba Ikan Kategori Menu Keluarga
Juara 1 Kota Tanjungpinang
Juara 2 Kabupaten Bintan
Juara 3 Kabupaten Lingga

Lomba Masak Serba Ikan Kategori menu Balita
Juara 1 Kabupaten Lingga
Juara 2 Kabupaten Karimun
Juara 3 Kabupaten Natuna

Selain itu, untuk lomba Gerakan Tanam Cabai, Kabupaten Karimun tampil juara pertama. Juara 2 peserta dari Kabupaten Natuna dan Juara 3 peserta dari Kabupaten Bintan.

Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari memberikan hadiah secara langsung kepada para pemenang. Turut mendampingi Direktur Perumusan dan Mutu Pangan Yusra Egayanti dan Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kepri TS Arif Fadillah. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *