banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad SEMM didampingi Taba Iskandar Anggota DPRD Kepri menyerahkan bantuan bibit rumput laut kepada nelayan Kota Batam, Selasa (24/10/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Bantu Rumah Jaga Tambak Udang hingga Budi Daya Rumput Laut buat Nelayan Kota Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riaua (Kepri) H Ansar Ahmad SE MM menyerahkan lagi bantuan buat nelayan di Kota Batam, Selasa (24/10/2023). Di Barelang Seafood Restoran Jembatan 1 Kota Batam, Gubernur Kepri menyerahkan bantuan rumah jaga tambak udang hingga bantuan usaha budi daya rumput laut buat nelayan Kota Batam tersebut.

Bantuan yang diberikan berupa hibah pembangunan rumah jaga tambak udang yang ada di Kelurahan Setokok senilai Rp150,5 juta. Juga bantuan budi daya rumput laut untuk 100 KK rumah tangga perikanan (RTP). Bantuan yang diberikan sebanyak 11,5 ton bibit rumput laut.

Masing-masing diberikan untuk pembudidaya yang ada di Pulau Sugi Besar sebanyak 5,5 ton, yang akan diberikan untuk 6 kelompok pembudidaya. Dan 6 ton untuk 2 kelompok pembudidaya yang ada di Pulau Geranting.

Baca Juga :  Gubernur Kepri dan Pembina IMI Tinjau Koordinat Lokasi Pembangunan Sirkuit Formula One di Lagoi

Di Pulau Sugi Besar sendiri ada kurang lebih 5 hektare lokasi eksisting pengembangan budidaya rumput laut, dan 7,5 hektare di Pulau Geranting. Namun, potensi pengembangan budidaya rumput laut baik di dua pulau tersebut masih bisa dikembangkan di Pulau Sugi Besar dan Pulau Geranting hingga 82 hektare.

Berikutnya ada bantuan kawat bubu 34 kg sebanyak 50 gulung sebesar Rp91,8 juta dan juga bantuan 7 boat pancung kayu bermesin 40 PK senilai Rp637,5 juta. Terakhir bantuan optimalisasi peningkatan tambak pokdakan udang vamane senilai Rp537,8 juta untuk 10 KK RTP penerima di Kelurahan Teluk Lengung Kabil.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, pemberian bantuan pembangunan dari sektor perikanan dan kelautan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri yang diberikan untuk RTP penerima di Kota Batam kali ini, total nilai anggarannya mencapai Rp1,5 miliar.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menyediakan Layanan KUR Online

“Semoga bantuan yang kita berikan ini, bisa membantu meningkatkan usaha bapak ibu semua. Sehingga hasil budidaya rumput laut dan perikanannya semakin maju dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga,” kata Gubernur Kepri.

Menurut Ansar Ahmad, kegiatan ini juga tidak lepas dari upaya untuk mewujudkan apa yang menjadi visi dan misinya. Salah satunya, percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim, berwawasan lingkungan dan keunggulan wilayah untuk peningkatan kemakmuran masyarakat, jelasnya.

Gubernur Kepri menambahkan, potensi kelautan dan perikanan di Kepri sendiri sangat luas dan besar. Sehingga potensi tersebut harus bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan. Baik itu meningkatkan produksi sumber daya perikanan hingga pengelolaan budidaya rumput lautnya.

“Sehingga besarnya potensi perikanan dan kelautan yang ada di Kepri, bisa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kepri,” harap Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Bupati Bintan Diundang ke WCS Mayors Forum 2023 di Seoul Korea Selatan, Cek Misinya

Gubernur juga tak lupa menyampaikan berbagai program strategis pembangunan di Kepri. Dari mulai penguatan pada bidang pendidikan, kesehatan hingga perlindungan dengan memberikan asuransi bagi nelayan kecil berupa asuransi untuk seluruh nelayan se Provinsi Kepulauan Riau.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Kehormatan DPRD Provinsi Kepri H Taba Iskandar. Ia mengapresiasi langkah Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang telah memberikan perhatian khusus kepada para pembudidaya dan nelayan di Kota Batam.

“Bantuan ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor kelautan. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Taba Iskandar. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *