banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menyampaikan sambutan pada temu ramah Ketua Umum Gebu Minang Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (14/10/2023) malam. F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad: Urang Minang Beri Kontribusi Terhadap Ekonomi Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menghadiri acara temu ramah Ketua Umum Gebu Minang Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo dengan segenap pengurus Gebu Minang se-Provinsi Kepulauan Riau di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (14/10/2023) malam tadi. Menurut Ansar Ahmad, urang (orang) Minang memberikan kontribusi terhadap ekonomi Kepulauan Riau (Kepri).

Gebu Minang atau Gerakan Ekonomi Budaya Minang adalah suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minang yang berada di perantauan, di bidang ekonomi dan kebudayaan. Keluarga Minang telah tumbuh menjadi keluarga besar yang kuat, yang mempersatukan berbagai individu yang memiliki akar, budaya, dan nilai-nilai yang sama.

Saat memberikan sambutan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, Kepulauan Riau adalah Provinsi yang majemuk. Karena memiliki beragam suku dan agama yang mendiaminya. Walaupun dengan kemajemukan, masyarakat kepri tetap hidup rukun dan damai hingga saat ini, dengan tidak ada konflik horizontal yang berarti. Sehingga Kepri dinobatkan sebagai salah satu provinsi dengan tingkat kerukunan agama terbaik se-Indonesia pada tahun 2022.

Baca Juga :  Penyeludup TKI Ilegal Ditangkap di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

“Hal ini tentu tidak lepas dari peran serta suku Minang yang merupakan suku terbesar keempat di Kepri. Setelah suku Melayu, Jawa dan Batak,” sebut Ansar Ahmad.

Kepada urang (orang/warga) Minang, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi atas kontrbusinya terhadap peningkatan perekonomian di Kepulauan Riau. Sebagian besar warga Minang adalah pelaku UMKM yang turut serta membantu pemerintah menggerakkan roda perekonomian di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita semakin membaik. Jika pada tahun 2020 sempat terpuruk pada posisi -3,80% maka pada tahun 2022 melejit menjadi 5,09%. Kita doakan dan mohon dukungan warga (urang) Minang juga semoga di penghujung tahun ini perekomonian kita pertumbuhannya tembus di angka 6,5 sampai 7 persen,” harap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Turnamen Sepak Bola di Polda Kepri Berlanjut, Sekarang Saksikan Kapolda Cup III

Kepada Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo, Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta agar lebih sering ke Kepulauan Riau. Karena masukan-masukan serta sangat dibutuhkan untuk kemajuan pembangunan di Kepri.

“Sering-sering ke sini Bapak, karena dengan kedatangan bapak dapat memberikan ide-ide segar terkait pembangunan. Tentunya ide tersebut menjadi dorongan bagi kami untuk menghasilkan kerja-kerja yang terbaik,” ujar Ansar Ahmad.

Ketua Umum Gebu Minang Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo mengajak semua urang (warga) Minang di manapun berada, agar tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati. Serta selalu menjaga persatuan dan kesatuan yang tidak tergoyahkan. Sehingga Minang bisa jaya dan bangkit di manapun berada.

Baca Juga :  PPKM Dicabut, Masyarakat Kepri Jangan Lengah, Pakai Masker

“Sebagai urang (orang) minang, terus tanamkanlah filosofi di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Orang minang bisa hidup di mana saja. Karena orang minang pintar merasa bukan merasa pintar. Kemudian kalau orang minang ingin maju maka hormatilah ibu. Karena ibu di atas segalanya,” pesannya.

Turut hadir Pj Walikota Tanjungpinang Hasan, Tim percepatan Pembangunan Kepri, beberapa Kepala OPD Kepri, Wakil Sekjen DPP Gebu Minang Zulhendri, Ketua DPD Gebu minang DKI Jakarta Irjen Pol PURN Safrial Ahkyar, Ketua DPD Gebu Minang Kepri H. Abdurahman serta Ketua dan pengurus DPC Gebu Minang Se-Provinsi Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *