banner 728x90
Rajmiadi Kepala SD Negeri 005 Tambelan menyampaikan sambutan pada kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. F- ist

Peringatan Maulid Nabi di SD Negeri 005 Tambelan Dimeriahkan Makan Bingke Bersama

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – SD Negeri 005 Tambelan, Kabupaten Bintan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 hijriah di sekolah setempat, Kamis (12/10/2023). Uniknya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SD Negeri 005 Tambelan ini turut dimeriahkan makan bingke bersama. Tradisinya, makan kue bingke di Tambelan ini selalu disertai dengan pisang goreng.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN 005 Tambelan dengan kemeriahan makan bingke bersama ini, dimulai pukul 08.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kampung Hilir, Ketua Komite Sekolah, perwakilan Anggota Komite Sekolah, Kepala Bandara Tambelan, Kepala SD Negeri 002, Kepala SD Negeri 007 Pulau Pengikik, ustaz Bunyamin dan para juri lagu shalawat yang digelar SD Negeri 005 Tambelan tersebut.

Rajmiadi selaku Kepala SD Negeri 005 Tambelan menyampaikan, kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 hijriah ini menghadirkan penceramah serta mengikuti tradisi adat istiadat di Pulau Tambelan. Yaitu makan bingke secara bersama-sama dengan para tamu undangan dan seluruh murid SD Negeri 005 Tambelan.

Baca Juga :  Liga 3 Zona Kepri: MBS United Batam Juara Grup B, DY FC Batam Ikut ke Semifinal

“Kegiatan seperti ini memang baru perdana kita laksanakan. Karena ingin memberikan nuansa baru bagi SD Negeri 005 Tambelan. Di dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita juga makan bingke bersama. Sama seperti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh setiap desa di Kecamatan Tambelan,” jelas Rajmiadi.

Untuk ke depannya, Rajmiadi berharap, dukungan dan bantuan dari semua pihak. Agar pada tahun-tahun berikutnya, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW lebih meriah lagi, dilaksanakan di SD Negeri 005 Tambelan.

Rajmiadi menambahkan, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar pada tahun ini bertemakan Tingkatkan keimanan dan Ketaqwaan menuju generasi penerus Islam yang BERCAHAYA. Yang diartikan sebagai Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya.

“Diharapkan, semua peserta mengikuti rangkaian acara ini dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Menuntaskan Persoalan Kawasan Kumuh Kampung Tua Belian Lewat Program KOTAKU

Melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, Rajmiadi berharap, pada siswa dan siswi mengetahui sejarah tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sifat kepribadiaanya. Hal tersebut disampaikan oleh ustadz Bunyamin. Sehingga, sifat kepribadian Nabi Muhammad SAW bisa diterapkan atau dipedomani dalam kehidupan sehari-hari.

“Bagi yang sudah membantu kegiatan ini, semoga Allah SWT akan selalu membalas segala kebaikan yang telah Bapak dan Ibu lakukan,” jelas Rajmiadi.

Siswi SDN 005 Tambelan dalam kegiatan rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW. F- ist

Lomba Shalawat Nabi
Selain makan bingke bersama, pada peringati Maulid Nabi Muhammad SAW ini, SD Negeri 005 Tambelan juga mengadakan lomba lagu shalawat (selawat nabi) tingkat SD negeri se-Kecamatan Tambelan. Lomba Shalawat Nabi ini digelar, Sabtu (14/10/2023) di SD Negeri 005 Tambelan. Pesertanya SDN 001, SDN 002, SDN 003, SDN 004, dan SDN 005 Tambelan. Masing-masing sekolah mengirim 1 atau 2 perwakilan vokal grupnya.

Kategori penilaian yaitu irama, musik dan kekompakkan atau keseragaman tim vokal grup. Sedangkan dewan juri berasal dari pihak luar sekolah, untuk menjaga kenetralan dalam penilaian. Yaitu ustaz Bunyamin, Erna dan Letto.

Baca Juga :  Peserta Tour de Bintan 2022 Tak Perlu Tes PCR

Rajmiadi SPd Kepala SD Negeri 005 Tambelan mengatakan, lomba lagu shalawat ini bertujuan agar para generasi-generasi penerus agama Islam akan lebih kembali untuk mencintai, mengenal dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan bagi mereka. Serta akan terjalinnya tali silaturahmi antarsiswa dan siswi, walaupun berbeda asal sekolah.

Ketua panitia lomba Lagu Shalawat, Zuryani SPd mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah mendukung untuk diadakannya kegiatan perlombaan ini.

“Tujuan diadakannya lomba ini agar ada kekompakan antara guru dan murid, dan keberanian anak untuk berani tampil. Semoga acara seperti ini, ke depannya dapat terus diadakan, dan ditambah lagi dengan perlombaan yang lainnya,” harap Zuryani. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *