banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan mendengarkan paparan dari Forum KomunikasiDesa Wisata Bintan, Senin (9/10/2023). F- diskominfo bintan

Ini Pembahasan Bupati Bintan dengan Forum Komunikasi Desa Wisata

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Forum Komunikasi Desa Wisata Bintan mengadakan pertemuan dengan Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Senin (9/10/2023). Berikut ini pembahasan Bupati Bintan dengan Forum Komunikasi Desa Wisata Bintan tersebut.

Dalam pertemuan itu, dibahas tentang perencanaan pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal (local wisdom) di Bintan. Selain itu, membahas beberapa isu terkini dan peluang terkait perkembangan dunia pariwisata.

Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Bintan, Iwan Winarto mengatakan, tujuan pertemuan ini membahas potensi pariwisata di Bintan yang unik. Karena sejauh ini pariwisata Bintan hanyak terkenal dengan resort dan hotelnya saja. Tetapi, kearifan lokal dari masyarakatnya tidak begitu dikenal. Oleh karena itu, melalui forum ini perlu diangkat potensi pariwisata berbasis kearifan lokal di setiap desa yang ada.

Baca Juga :  Setelah KJA HDPE dan BSPS, Nelayan Minta Revitalisasi Kampung Tua kepada Cen Sui Lan

“Kita punya kopi robusta di Desa Pengudang, yang kalau dikembangkan ini bisa menjadi income untuk masyarakat itu sendiri. Buah salak di Toapaya dan Pengudang, makanan gonggong dan sebagainya,” sebut Iwan.

Dengan potensi kearifan lokal tersebut, konsepnya adalah wisatawan lokal maupun mancanegara ketika pergi ke destinasi resort dan hotel terkenal di Bintan, turis tersebut tidak hanya berfokus liburan pada satu tempat saja.

Para turis bisa diajak ke berbagai desa di Bintan, yang terdapat kearifan lokal bernilai wisata. Sebab pada dasarnya turis mancanegara menyukai hal-hal yang unik dan hal yang tidak biasa mereka jumpai.

Baca Juga :  Foto: Unjuk Rasa Ribuan Buruh Memadati Simpang Panbil Batam

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, forum ini merupakan wadah penyemangat bagi para eksekutor bidang penggiat potensi-potensi pariwisata di Bintan. Oleh karenanya, perlu kolaborasi untuk mengindahkan para turis-turis yang berkeinginan mengunjungi desa wisata berbasis kearifan lokal di Bintan.

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith mendengarkan paparan pengembangan kearifan lokal dari Forum Komunikasi Desa Wisata Bintan. F- diskominfo bintan

“Jadi bisa saja paket-paket wisata resort dan hotel di Bintan itu, harus disisipkan paket-paket untuk para wisman berkunjung ke desa wisata berbasis kearifan lokal. Di sini lah kolaborasi pemerintah daerah, pelaku wisata bahkan akademisi untuk merumuskannya,” jelas Roby Kurniawan. (yen)

Baca Juga :  BRK Syariah Memberikan Beasiswa kepada Puluhan Mahasiswa

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *