banner 728x90
Politisi Golkar Hj Dewi Kumalasari berbagi ilmu politik kepada kaum perempuan di Madu Tiga Beach Resort, Sabtu (7/10/2023). F- diskominfo kepri

Politisi Golkar Hj Dewi Kumalasari Berbagi Ilmu Politik kepada Kaum Perempuan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Politisi Golkar Hj Dewi Kumalasari berbagi ilmu politik kepada kaum perempuan di Madu Tiga Beach Resort, Bintan, Sabtu (7/10/2023). Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dari Fraksi Golkar ini menyatakan, peran perempuan dalam kancah perpolitikan di Kepri sangat penting. Justru itu, kaum perempuan mesti diberikan ilmu politik yang baik.

Pernyataan tersebut disampaikan Hj Dewi Kumalasari saat membuka kegiatan pendidikan politik bagi kaum perempuan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepri. Dalam kegiatan ini, ada 100 peserta yang hadir terdiri dari perwakilan organisasi wanita, tokoh Perempuan, anggota partai politik dan organisasi perempuan lainnya, se-Kabupaten Binta dan se-Kota Tanjungpinang.

Pada kegiatan tersebut, Hj Dewi Kumalasari menjadi narasumber bersama Komisioner KPU Kepri M Sjahri Papene. Sementara, Suprapto Tenaga Ahli Komisi IV DPRD Provinsi Kepri menjadi moderator.

Baca Juga :  Pesan Sekdaprov Kepri, PTT dan THL Tak Perlu Khawatir Soal Status

Hj Dewi Kumalasari mengemukakan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan. Tujuannya mendukung kegiatan perumusan kebijakan teknis dan pemantapan pelaksanaan di bidang pendidikan politik, etika budaya politik, peningkatan dalam bidang demokrasi dan pemantauan dalam situasi politik. Serta meningkatkan partisipasi politik bagi kaum perempuan di Kepri.

“Hal-hal diatas ini dapat dianggap sebagai tindakan dalam memberikan keistimewaan pada para perempuan hingga tercapai representasi perempuan 30 persen, sebagai pemenuhan ketersediaan partisipasi kaum perempuan dalam parlemen,” kata Hj Dewi Kumalasari.

“Selain itu, Kebijakan afirmasi melalui mekanisme ini juga dianggap sebagai salah satu sarana dalam memberikan ruang yang lebih besar pada para perempuan untuk meraih kursi legislatif,” sambungnya.

Dewi Kumalasari mengapresiasi misi Kesbangpol melalui kegiatan ini. Menurutnya perempuan Kepri perlu melek politik, dikarenakan kaum perempuan pun menjadi pengubah tatanan di masyarakat.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Tinjau Prokes di Resor Termegah Nikoi Island

“Saya berterima kasih pada ibu-ibu yang telah menjadi penggerak di daerah masing-masing. Pelatihan politik ini penting, karena perlu sekali parlemen dengan kehadiran wanita di kancah perpolitikan, diperlukan mindset ibu-ibu untuk diubah, bahwa politik tidak kotor, tidak hanya laki-laki saja. Kita ubah citra politik, karena politik bisa mengubah tatanan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Dewi Kumalasari Ansar berharap kegiatan ini dapat semakin meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam politik. Sehingga kuota minimal representasi perempuan di parlemen dapat terpenuhi.

“Kaum perempuan, ibu-ibu menjadi satu ujung tombak komunikasi di keluarga, mudah-mudahan bisa juga mengedukasi keluarga dan lingkungan sekitarnya tentang politik. Tidak harus selalu menjadi dewan. Setidaknya kita mendukung kader perempuan yang sudah ada di parlemen,” ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kepri Raja Hery Mokhrizal mengapresiasi para peserta yang mengikuti kegiatan ini. Ia juga mengatakan bahwa masih minimnya kaum perempuan dalam mengambil kebijakan politik di Kepri.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Menyerahkan DPA, Berikut Pagu Anggaran OPD di Pemkab Bintan

“Kekuatan sebuah kota pondasi ada dalam kekuatan politik, karena menampung aspirasi setiap rakyatnya. Persoalannya, masih minimnya partisipasi politik atau melek politik dari kaum wanita untuk berpartisipasi dalam mengambil kebijakan. Maka saya sangat mengapresiasi kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan ini,” kata Hery Mokhrizal.

Hery Mokhrizal juga mengatakan maksud dan tujuan dari pelatihan politik tersebut adalah upaya agar para kaum perempuan di Kepri khususnya kaum perempuan di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan bisa memahami dan berpartisipasi dalam demokrasi politik.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Kesbangpol Bintan diwakili oleh Kabid Poldagri dan Ormas Benika Satriawan, dan Anggota DPRD Kabupaten Bintan Aisyah. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *