banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan berdiskusi dan menginisiasi kerja sama 4 sektor dengan Seoul Urban Solution Agency (SUSA) dari Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan pada WCS Mayors Forum 2023. F- di2k

Catatan dari WCS Mayors Forum 2023 (Habis), Roby Kurniawan Inisiasi Kerja Sama 4 Sektor dengan Pemerintah Seoul

Komentar
X
Bagikan

Seoul, suaraserumpun.com – Tak cuma mempromosikan kebijakan dan potensi di Kabupaten Bintan, serta menjalin hubungan bilateral dengan pemerintah Singapura. Bupati Bintan Roby Kurniawan juga menjadi inisiasi kerja sama 4 sektor dengan pemerintah Seoul, Korea Selatan (Korsel) pada saat diundang pada World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023, Minggu (24/9/2023) sampai Selasa (26/9/2023). Berikut catatan terakhir Roby Kurniawan dari WCS Mayors Forum 2023 (Habis) yang dirangkum suaraserumpun.com.

Pada segmen diskusi ketiga pada WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel, Bupati Bintan Roby Kurniawan diundang untuk membicarakan Policy Sharing Initiative dengan Seoul Urban Solution Agency (SUSA) dari Pemerintah Kota Metropolitan Seoul.

SUSA ini merupakan Badan Solusi Perkotaan Seoul. Yaitu entitas (wujud lembaga) yang berdedikasi untuk berbagi dan memberikan solusi perkotaan terintegrasi kepada kota-kota yang membutuhkan pengalaman Seoul. Guna tumbuh menjadi kawasan perkotaan yang cerdas, layak huni, ramah lingkungan, dan berkelanjutan secara ekonomi.

Pada segmen ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengusulkan inisiasi kerja sama antara Pemkab Bintan dan dari Pemerintah Kota Metropolitan Seoul, dalam sharing (berbagi) inisiatif kebijakan. Yang menjadi prioritas Bupati Bintan Roby Kurniawan adalah pemberdayaan ekonomi pemuda, ketenagakerjaan, pengembangan pariwisata dan kebudayaan serta digitalisasi sistem pemerintahan.

Baca Juga :  Pawai Tatung Batam Jadi Agenda Pariwisata Internasional Tahunan di Kepri

Pada forum diskusi dengan SUSA itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan secara gamblang empat sektor tersebut kepada tim SUSA. Dan, SUSA dari pemerintah Seoul tertarik dengan proposal kebijakan pengembangan Kabupaten Bintan. Terutama terkait dengan pemberdayaan pemuda Bintan yang sangat cocok dengan program inkubasi ekonomi pemuda, yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Seoul sebelumnya.

“Kita ingin kerja sama dengan pemerintah Seoul itu, yaitu Youth’s Bussiness 1000, yang telah dijalankan mereka,” kata Roby Kurniawan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Kamis (28/9/2023).

SUSA akan mengasistensi Kabubupaten Bintan untuk penyusunan perencanaan 4 sektor tersebut secara holistik dan integratif. Sehingga dapat menguatkan hubungan strategis antara pemerintah Seoul (Korsel) dengan Pemerintah Kabupaten Bintan (Indonesia).

Bagi Roby Kurniawan, Pemkab Bintan merasa Korea Selatan adalah mitra yang strategis untuk 4 sektor tersebut. Karena, wisatawan asal Korea Selatan banyak yang berkunjung ke Bintan. Roby Kurniawan ingin meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata ini.

Baca Juga :  Menginfakkan Gaji, Roby Kurniawan Ingin Program Baznas Bermanfaat bagi Masyarakat

Begitu pula dengan ketenagakerjaan, seiring dengan peningkatan permintaan penempatan tenaga kerja Bintan ke Korea Selatan. Terutama untuk yang bersertifikasi welder.

Selain itu, asistensi dari sisi kebijakan SUSA dan Pemerintah Kota Metropolitan Seoul juga akan menyiapkan pendidikan dan pelatihan untuk up-skilling dan re-skilling sumber daya manusia Bintan. Hal itu segera dijalankan, setelah pertemuan antarkedua tim teknis secara daring.

“SUSA sudah berpengalaman dalam policy initiative dengan Pemerintah Indonesia. Karena sebelumnya, juga sudah pernah melakukan sharing project dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat,” ungkap Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama peserta lainnya yang diundang pada World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 Seoul, Korea Selatan, Minggu (24/9/2023) sampai dengan Selasa (26/9/2023). F- di2k

Di akhir segmen ketiga ini, juga dilukan sharing program unggulan Bintan yaitu Kredit Mikro Bangkit, Pengenalan Sistem Layanan Pencari Kerja (Silancar) dan Program Bangga Beli Buatan Bintan.

Aplikasi SiLancar Bintan
Pada sesi terakhir dalam WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan memaparkan tentang aplikasi SiLancar sebagai inovasi Pemkab Bintan, dalam bidang ketenagakerjaan. Pada segmen keempat (terakhir), Sistem Informasi Layanan Pencari Kerja (SiLancar) Bintan mendapat apresiasi oleh pakar digitalisasi pemerintahan, pada WCS Mayors Forum 2023 tersebut.

SiLancar atau Sistem Informasi Layanan Pencari Kerja Bintan mendapat apresiasi oleh pakar digitalisasi pemerintahan Sapan Kumar, Smart Cities Leader (ASEAN) Amazon Web Services.

Baca Juga :  Hasil Euro 2020/2021: Swedia Bangga Bisa Mengimbangi Tim Selevel Spanyol

Setelah dijelaskan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan mengenai SiLancar dan dampaknya bagi penyerapan tenaga kerja lokal Bintan yang signifikan. Sapan Kumar menilai aplikasi SiLancar yang dibangun oleh Bintan jika direplikasi dapat pula membantu masalah yang dimiliki oleh pemerintah daerah lain. Karena SiLancar mampu menjamin kesempatan kerja bagi para pencari kerja lokal.

Dalam kegiatan networking tersebut, Sapan menyatakan, dirinya dan timnya di Amazon Web Services, siap untuk datang langsung ke Bintan. Guna membantu melakukan scale-up SiLancar di Bintan dan mempromosikan SiLancar kepada pemerintah lokal di ASEAN.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bertukar cendera mata dengan tim Seoul Urban Solution Agency (SUSA) dari Pemerintah Seoul, Korea Selatan. F- di2k

Di masa kepemimpinan Roby Kurniawan sebagai Bupati Bintan, berhasil menurunkan angka pengangguran secara signifikan dari 8,6 persen pada tahun 2021, menjadi 6,9 persen pada tahun 2022.

“Semoga, dari WCS Mayors Forum 2023 Seoul, Korea Selatan ini, bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bintan, ke depan,” demikian diharapkan Roby Kurniawan Bupati Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *