banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka Gebyar Melayu Pesisir (GMP) tahun 2023 di Hotel Marriot Harbour Bay Kota Batam, Selasa (26/9/2023). F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Membuka Gebyar Melayu Pesisir 2023, Sejalan dengan IMT-GT

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad membuka secara resmi Gebyar Melayu Pesisir (GMP) tahun 2023 yang menampilkan produk unggulan UMKM Kepulauan Riau, di Ballroom Hotel Marriot Harbour Bay, Kota Batam, Selasa (26/9/2023). Kegiatan ini disejalankan dengan agenda Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Kegiatan Gebyar Melayu Pesisir akan berlangsung selama enam hari, dari tanggal 26 September sampai 1 Oktober 2023, dipusatkan di Hotel Marriot Harbour Bay, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Acara GMP bersama IMT-GT sendiri akan diisi dengan rangkaian kegiatan mulai dari business matching, art performance, fashion show, bazaar, jalan sehat BI, festival budaya hingga penampilan Grup Band GIGI dari Jakarta. Selain tentunya pameran expo UMKM, baik dari Indonesia Malaysia dan juga Thailand.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi kegiatan GMP yang menurutnya sangat bagus, karena menghadirkan pelaku UMKM yang telah mendapatkan bimbingan dan kurasi langsung. Sehingga produk produknya memenuhi standar dan bisa bersaing dan diterima di pasaran luas.

Baca Juga :  Meninjau Desa Terbersih Se-Bintan, Roby Kurniawan Harus Mengarungi Lautan

Mereka para pelaku UMKM ini, sambung Ansar Ahmad, mendapatkan berbagai macam pelatihan. Termasuk keharusan digitalisasi UMKM. Agar nantinya, para pelaku UMKM ini bisa menembus pasar yang lebih luas. Sehingga makin terbuka kesempatan merebut pangsa pasar yang bisa disasar.

“Apalagi belanja online ini menawarkan berbagai kemudahan, dan telah menjadi kebutuhan di era saat ini,” ujar Ansar Ahmad.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya melalui video taping, sangat mendukung kegiatan Gebyar Melayu (GMP). Apalagi acara dibarengkan dengan kegiatan IMT-GT, yang kali ini bertepatan dengan usia ke-30 tahun, sejak kerja sama ini mulai dilaksanakan tepatnya pada tahun 1993 lalu.

“Kerja sama ini juga bertujuan untuk mengakselerasi transformasi ekonomi dan sosial, serta mengintegrasi negara bagian dan juga provinsi yang ada di tiga negara tersebut. Termasuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT,” ungkap Airlangga Hartarto.

Baca Juga :  Mendagri Bakal Meninjau Lokasi Pembangunan Mercusuar dan Helipad di Karang Singa

Kepala Perwakilan BI Wilayah Kepri Suryono menyatakan, kegiatan Gebyar Melayu Pesisir kali ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Di mana pelaksanaannya selalu dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan di masing masing kabupaten/kota. Salah satunya, di Kota Batam yang disejalankan dengan kegiatan IMT-GT.

“Kegiatan GMP kali ini, tidak lepas dari upaya Bank Indonesia melakukan pembinaan dan penguatan terhadap produksi usaha mikro kecil dan menengah, yang sejauh ini, memiliki peran sangat strategis dan berkontribusi, dalam mendongkrak percepatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri,” kata Suryono.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan Gubernur Kepri atas peran pemberdayaan kepada UMKM di wilayah Kepri. Masing-masing kepada Kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Kepri, Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kepri, Ketua Dekranasda Provinsi Kepri, Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri, Kepala Balai POM Kepri, Kepala PT Pos Indonesia dan Direktur Bank Riau Kepri Syariah.

Baca Juga :  BPBD Bintan Menyalurkan Bantuan Sembako untuk Ratusan Warga Terdampak Banjir, Anton: Waduk Retensi Berfungsi

Usai membuka secara resmi kegiatan GMP yang disejalankan dengan IMT-GT, Gubernur didampingi delegasi dari Malaysia dan juga Thailand, membuka secara resmi yang ditandai dengan pengguntingan pita Expo UMKM yang dilaksanakan di downtown Harbour Bay Kota Batam. Gubernur yang didampingi Dewi Kumalasari berkeliling melihat-lihat peserta expo.

Hadir pada acara tersebut, Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta (Video taping), Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, M Riza Azha Damanik, Head of Delegation Malaysia M Shukri Ramli, Head of Delegation Thailand Pronpoth Penpas, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Singapura Anastuty, FKPD Provinsi Kepri dan hadirin undangan lainnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *