banner 728x90
Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang menyerahkan rumah produksi kepada pelaku usaha usai peresmian rumah produksi tersebut, Selasa (19/9/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Serahkan 20 Unit Rumah Produksi, Hj Rahma Mengusulkan 17 Unit Tambahan di 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM mendorong kaum perempuan untuk membangun usaha dalam upaya menopang peningkatan kesejahteraan keluarga. Justru itu, Hj Rahma menyerahkan 20 unit rumah produksi pada tahun 2023 ini. Hj Rahma mengusulkan 17 unit tambahan di tahun anggaran 2024 nanti.

Dengan penyediaan rumah produksi tersebut, Hj Rahma mengajak kaum ibu untuk membangun industri kecil, melalui berbagai kegiatan produktif sesuai dengan jenis keahlian dan kemampuan masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Hj Rahma ketika menyerahkan kunci Rumah Produksi kepada 20 pelaku IKM di Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur, di Kampung Sidomulyo, Selasa (19/9/2023). Dalam kepemimpinannya sebagai wali kota, Pemerintah Kota Tanjungpinang secara masif membangun kekuatan ekonomi masyarakat melalui penguatan sektor UMKM dan IKM.

Baca Juga :  Sidang Komisi Kode Etik, Irjen Pol Ferdy Sambo Dipecat Tidak Hormat dari Polri

“Ibu-ibu harus menjadi perempuan tangguh dan mandiri, untuk mendukung perekonomian keluarga. Kemandirian perempuan dalam sektor ekonomi, pada akhirnya akan membangun kesejahteraan keluarga, masyarakat dan daerah,” pesan Hj Rahma kepada puluhan pelaku UMKM dan IKM yang menyaksikan acara Peresmian dan Serah Terima Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan, di Kampung Sidomulyo.

Pembangunan 20 unit Rumah Produksi bagi 20 pelaku IKM yang dinilai telah memenuhi kompetensi tertentu itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian RI tahun 2023. Hj Rahma berkesempatan langsung mengunjungi 6 unit Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Keenam Rumah Produksi Sentra IKM Makanan Ringan Kecamatan Tanjungpinang Timur tersebut berada di Kampung Sidomulyo, Kampung Wonosari, Jalan Handjoyo Putro, Jalan Adi Sucipto, dan Kampung Sumber Rejo.

Baca Juga :  Kepala BP Batam Menemui Kedubes RI di Abu Dhabi, Bahas Rencana Investasi Thumbay Group

Selain menyerahterimakan bangunan berikut peralatan pendukung industri, Hj Rahma juga menyerahkan langsung bantuan peralatan industri kepada 197 pelaku IKM lainnya wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur. Bantuan peralatan industri kepada 197 pelaku IKM tersebut melengkapi rentetan program bantuan peralatan pendukung usaha, yang telah diserahkan oleh Hj Rahma kepada lebih dari sekitar 2.700 penerima fasilitas program pembangunan ekonomi kerakyatan sejak tahun 2022. Secara detil, sebanyak 1.733 penerima fasilitas pada tahun 2022 dan 1.304 penerima fasilitas pada tahun 2023.

Baca Juga :  Terima Jaket Kehormatan dari Ojol Batam, Ansar: Keberadaan Ojek Online Salah Satu Penggerak Perekonomian

Bantuan peralatan penunjang usaha yang diberikan kepada 197 pelaku UMKM/IKM Selasa (19/9) kemarin, terdiri dari 25 jenit peralatan. Antara lain mesin pengiris tempe, pengaduk adonan, freezer, kompor gas, oven gas, spinner, oven deck, dan berbagai jenis peralatan industri lainnya.

“Pembangunan Rumah Produksi akan dilanjutkan kembali pada tahun 2024. Kita akan membangun 17 unit Rumah Produksi Tahu Tempe. Semoga jajaran OPD terkait mampu mengawal pembangunan Rumah Produksi ini sampai dengan selesai, sesuai dengan telah kita usulkan sebelumnya. Ini adalah bentuk komitmen saya untuk membangun ekonomi masyarakat Tanjungpinang,” ungkap Rahma. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *