banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua BKMT Provinsi Kepri bersama peserta festival kompang 2023 dan undangan di pujasera BUMDes Toapaya Selatan, Sabtu (16/9/2023). F- diskominfo kepri

Hj Dewi Kumalasari Menggelar Festival Kompang di Bintan, Berikut Ini Misinya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Hj Dewi Kumalasari Ketua BKMT Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar festival kompang tahun 2023 di Kabupaten Bintan, Sabtu (16/9/2023). Berikut ini misi Hj Dewi Kumalasari menggelar festival kompang 2023 di Pujasera BUMDes Mitra Karya Sejahtera, Desa Toapaya Selatan tersebut.

Hj Dewi Kumalasari menyampaikan, misinya menggelar festival kompang ini yaitu untuk mempromosikan dan melestarikan seni budaya kompang. Menurutnya, festival kompang tahun 2023 bagi kelompok majelis taklim dan kaum ini di Kabupaten Bintan ini, adalah langkah konkret dalam melestarikan kebudayaan daerah. Bagi Hj Dewi Kumalasari, melestarikan kesenian kompang itu penting, dan bagian dari identitas bumi Melayu di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Jika 1 Oktober Ingin Dimulai Pembelajaran Tatap Muka, Kadinkes Bintan Punya Syarat

“Festival kompang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian di bidang kebudayaan Kepri. Kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas seni di bidang kebudayaan daerah, terkhusus kompang,” jelas Dewi Kumalasari.

Dewi Kumalasari berharap, festival kompang ini bisa melahirkan tim kesenian kompang yang andal dan siap bersaing di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. Ia juga mengingatkan bahwa melestarikan seni budaya daerah adalah tanggung jawab bersama. Dewi Kumalasari mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan mempromosikan seni kompang.

Kegiatan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri ini diikuti oleh 16 grup kompang. Terdiri dari kelompok BKMT dan kaum ibu di Kabupaten Bintan. Hj Dewi Kumalasari istri Gubernur Kepri Ansar Ahmad ini mengapresiasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri atas dukungannya yang telah menaja Festival Kompang, agar masyarakat Bintan bisa menampilkan bakatnya.

Baca Juga :  Ternyata, Ini Penyebab AG Menjadi Pedofilia di Bintan

Hj Dewi Kumalasari mengimbau kepada panitia agar dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan, dan menjadikannya sebagai tradisi tahunan. Selain melestarikan budaya, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya daerah.

“Mari kita bersama-sama menjaga nilai-nilai budaya. Terutama budaya Melayu, agar tetap eksis hingga generasi berikutnya,” demikian misi Hj Dewi Kumalasari yang menggelar festival kompang di Bintan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri Juramadi Esram, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan Arief Sumarsono, Ketua BKMT Kabupaten Bintan Rasmiati, Kabag Kesra Kabupaten Bintan Nasrullah, Camat Toapaya Irvan Golariyadi, Kepala Desa Toapaya Selatan Suhenda dan para peserta. (yen)

Baca Juga :  Foto HPN 2024, PWI Bintan Menyerahkan Program Bedah Rumah dan 90 Paket Sembako, Sumiati Pingsan

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *