banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) saat menerima aspirasi penataan kawasan embung Paya Manggis di depan RSUD Karimun, akhir Juli 2023 lalu. F- nurul atia/suaraserumpun.cm

Cen Sui Lan Mengajukan Revitalisasi Embung Paya Manggis Karimun dan Irigasi di Jemaja kepada Dirjen SDA

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) telah mengajukan revitalisasi embung (waduk) Paya Manggis-Karimun dan irigasi di Jemaja-Anambas, kepada Dirjen SDA Kementerian PUPR. Cen Sui Lan meminta Kementerian PUPR merealisasikan usulan kegiatan tersebut pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Cen Sui Lan mengsulan revitalisasi embung (waduk) Paya Manggis-Karimun dan irigasi di Jemaja-Anambas tersebut pada saat RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen SDA Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia, dan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). Agenda RDP tersebut membahas RKP Kementerian PUPR pada tahun anggaran 2024.

Dalam RDP tersebut, Cen Sui Lan menyampaikan, dirinya sudah mengajukan revitalisasi irigasi di Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas. Cen Sui Lang mengungkapkan, sudah 20 tahun irigasi di Jemaja tersebut telantar.

“Sebelumnya, sudah ada penyerahan aset dari Kepala Balai (BWS Kepri). Saya mohon ditindak lanjuti penangananya pada tahun 2024 nanti,” pinta Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Mendagri Menetapkan Riski Faisal sebagai PAW Wakil Ketua DPRD Kepri

Cen Sui Lan mengharapkan, revitalisasi irigasi di Jemaja-Anambas itu jadi prioritas pada tahun 2024, karena sudah 20 tahun telantar. Serta Bupati Anambas mengharapkan agar ditangani dengan menggunakan dana dari APBN.

Selain revitalisasi irigasi di Jemaja, Cen Sui Lan juga mendesak Kementerian PUPR untuk penataan embung Paya Manggis di Kabupaten Karimun. Hal ini berdasarkan hasil reses Cen Sui Lan ke Kabupaten Karimun, akhir Juli 2023 lalu.

“Juli lalu, saya melaksanakan kunjungan kerja reses ke Kabupaten Karimun, didampingi Pak Danil kepala BWS Kepri dan seluruh tim. Luar biasa Pak Danil dan seluruh timnya,” ungkap Cen Sui Lan.

Di Kabupaten Karimun, jelas Cen Sui Lan, terdapat embung Paya Manggis, tepatnya waduk di depan RSUD Karimun yang ditutupi eceng gondok. Pemkab dan masyarakat tidak bisa menangani. Embung tersebut dapat menjadi daya tarik parawisata dan olahraga, serta ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, lanjut Cen Sui Lan, sudah dikerjakan oleh BWS Kepri, tapi hanya sebagian kecil saja. Karena untuk penanganan ini memerlukan anggaran besar.

Baca Juga :  Pemilihan Kakwarda Kepri, Adi Prihantara Dapat Enam Suara, Pendukung Hj Marlin Agustina Cuma Dua

“Tolong direvitalisasi dengan anggaran pusat, itu yang menjadi permintaan saya,” tegas Cen Sui Lan.

Selain itu, Cen Sui Lan juga mengusulkan pengamanan pantai di Serasan, guna menghindari abrasi.

“Jika dibiarkan, akan hilang pulau kita Pak Dirjen,” ucap Cen Sui Lan.

Pada RDP tersebut, Cen Sui Lan mengucapkan terima kasih kepada Dirjen SDA Kementerian PUPR, tentang usulannya mengenai pembangunan sarana folder penanggulangan banjir di Jalan Sri Katon, kawasan Bandara RHF Tanjungpinang.

“Usulan saya untuk penanganan banjir di Jalan Sri Katon kawasan Bandara RHF Tanjungpinang, alhamdulillah sudah diakomodir,” ungkap Cen Sui Lan.

Sedangkan kepada Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Cen Sui Lan juga berterima kasih. Karena, Rusunawa STT Real Batam yang diusulkan Cen Sui Lan mendapatkan penghargaan terbaik pertama dalam kategori Pengelolaan Rusun Perguruan Tinggi, serta mendapatkan hadiah berupa anggaran untuk pembangunan sarana prasarana sebesar Rp1 miliar.

Baca Juga :  Ini Jadwal Lengkap Piala Gubernur Kepri 2023 untuk Tiga Cabor di Tujuh Zona

Penghargaan tersebut diterima oleh Dr Fransiskus Irwan Widjaya Phd sebagai pengelola Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) STT Real Batam, dari Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono pada puncak peringatan Hari Perumahan Nasional (Harpernas) 2023, pekan kemarin.

Sebelumnya, Cen Sui Lan melaksanakan kunjungan kerja reses di Paya Manggis, Sungai Lakam, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Rabu (26/7/2023) lalu. Pada saat kunjungan kerja reses ini, turut hadir dan mendampingi Cen Sui Lan yaitu Aunur Rafiq Bupati Karimun, Danil Kepala BWS Kepri Ditjen SDA Kementerian PUPR, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, tokoh masyarakat menyampaikan aspirasi tentang keluhan penataan embung atau waduk di depan RSUD, kawasan Kolong dan Paya Manggis. Terutama keberadaan populasi tumbuhan eceng gondok yang sangat padat. Sehingga, embung tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kolong dan Paya Manggis di sekitarnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *