banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meminta pembangunan jembatan Senayang-Sebangka jadi prioritas pada tahun 2024 kepada Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR pada saat RDP, Rabu (6/9/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Minta Pembangunan Jembatan Senayang-Sebangka Lingga Senilai Rp200 Miliar Jadi Prioritas di 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meminta agar pembangunan jembatan Senayang menuju Pulau Sebangka menjadi prioritas, pada tahun anggaran 2024 nanti. Pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga tersebut diestimasikan senilai Rp200 miliar.

Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan kepada Dr Ir Hedy Rahadian MSc Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kementerian PUPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Dalam RDP tersebut, Cen Sui Lan berterima kasih kepada Dr Ir Hedy Rahadian MSc Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

“Tahun 2024, alhamdulillah banyak program pembangunan jembatan di wilayah Kepri, karena di Kepri itu lebih perlu jembatan. Walaupun jalan daerah juga diperlukan, jembatan itu sangat diperlukan. Pembangunan jembatan di tahun 2024 itu ada di Dapil saya, Kepri,” kata Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Setelah Nelayan Dapat Alat Tangkap, Roby Kurniawan: Bintan Segera Punya TPI

Cen Sui Lan menyampaikan, di Senayang, Kabupaten Lingga, sangat memerlukan pembangunan jembatan untuk menuju pulau Sebangka. Karena, jembatan itu untuk konetivitas dan perkembangan ekonomi masyarakat.

“Saat ini, banyak yang dapat program pembangunan jembatan di kabupaten lain wilayah Kepri. Tapi jembatan Senayang menuju Pulau Sebangka di Lingga ini, mohon diprioritaskan,” pinta Cen Sui Lan.

Karena, lanjut Cen Sui Lan, sesuai asas pemerataan, di Senayang itu sangat urgence untuk dibangun jembatan.

“Tolong Pak Dirjen diakomodir untuk pembangunan jembatan Senayang menuju Pulau Sebangka. Tolong Pak Dirjen. Apalagi Kepala Balai BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR (Stanley Cicero) dan tim sangat mensupport,” jelas Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

Sebelumnya, Cen Sui Lan menerangkan, usulan pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga ini merupakan aspirasi masyarakat Senayang yang disampaikan kepada Cen Sui Lan ketika melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) pada pertengahan Mei 2023 lalu, ke Senayang Kabupaten Lingga. Dari hasil Kundapil ini, pihak BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR langsung merapikan DED dan RAB yang sudah dibuat pihak Pemkab Lingga.

Cen Sui Lan menjelaskan, jembatan yang menghubungkan Pulau Senayang dan Pulau Sebangka Kecamatan Senayan, Kabupaten Lingga ini, dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata serta membuka daerah pertumbuhan ekonomi baru. Pulau Senayang, itu pusat pemerintahan dengan kondisi daerah tidak memadai. Kantor-kantor pemerintah dipindahkan ke Senayang. Cuma, untuk ke Senayang itu harus naik kapal. Sangat tidak efisien.

Baca Juga :  Rahma Membuka Bazar Imlek 2574 di Kota Lama Tanjungpinang

“Dengan membangun jembatan itu, akan membuka akses daerah. Membuka perekonomian dan membuka pariwisata,” tegas Cen Sui Lan.

Aspirasi dari masyarakat dan Pemkab Lingga untuk pembangunan jembatan Senayang menuju Pulau Sebangka itu, awal Juni 2023 lalu, sudah disampaikan Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR. Bahkan saat itu, Menteri PUPR menyetujuinya. Bahkan saat itu, Hedy Rahardian Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR menyatakan, BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR sedang membereskan DED dan RAB dari pihak Pemkab Lingga. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *