banner 728x90
Ahmad Dani Virsal Dirut PT Timah Tbk dan OPD di Pemkab Karimun meninjau stan pelaku UMKM pada bazar-Pekan Sehat PT Timah Tbk di Kundur, Karimun, Minggu (27/8/2023). F- pt timah tbk

Omzet Pelaku Usaha Kecil Naik Drastis di Bazar UMKM Pekan Sehat PT Timah Tbk

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Omzet para pelaku usaha kecil dan menengah naik drastis di bazar UMKM Pekan Sehat yang digelar PT Timah Tbk, di Kundur, Karimun, Minggu (27/8/2023). Kegiatan Pekan Sehat PT Timah Tbk ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-47 PT Timah Tbk yang mengusung tema ‘Selaras dan Kerja Keras’.

Sebanyak 30 pelaku UMKM di Kecamatan Kundur menyiapkan dan menata berbagai produk dagangannya di Bazar UMKM PT Timah Tbk, dalam kegiatan Pekan Sehat PT Timah Tbk. Bazar ini dibuka di lapangan upacara PT Timah Tbk Desa Perayun, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun.

Pelaku UMKM yang berjualan di Bazar UMKM ini merupakan mitra binaan PT Timah Tbk, dan pelaku UMKM dari Desa Perayun, Desa Gemuruh. Serta BUMDes Perayun dengan menjajakan berbagai puluhan jenis kuliner dan produk dari para UMKM.

Kegiatan Bazar UMKM ini juga dilaksanakan di empat titik pelaksanaan Pekan Sehat di Kota Pangkalpinang, Toboali Bangka Selatan dan Belitung Timur. Melalui Bazar UMKM ini, PT Timah Tbk berharap dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Selain itu, membantu UMKM dalam memasarkan produk UMKM.

Baca Juga :  Bermodal Kesabaran, Kini Feri Baserah Jadi Juragan Jamur Tiram

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal mendatangi sejumlah stan pelaku usaha. Turut hadir Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun Yosli, Wakil Ketua DPRD Babel Hasanudin.

Bazar UMKM dalam Pekan Sehat PT Timah Tbk memberikan keberkahan bagi mereka. Pasalnya, jika ada keramaian seperti ini omzet mereka bisa meningkat dua hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Seorang mitra binaan PT Timah Tbk, Rini warga Air Gemuruh mengatakan, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa meningkatkan omzet (pendapatan) mereka dua hingga tiga kali lipat. Apalagi ini saat ini peserta yang hadir mencapai ribuan orang. Dalam Bazar ini ia menjual beberapa produk kuliner seperti lendot, kue, minuman dan lainnya.

“Biasanya saya jualan di kantin dekat rumah, kami antusias mengikuti Bazar UMKM karena acara seperti ini jarang dan kalau ada keramaian seperti ini banyak yang beli bisa tiga kali lipat dari biasanya. Kami juga menyiapkan banyak untuk dijual,” ujarnya.

Baca Juga :  Kontrak Kerja 63 PTT Pemprov Kepri Tidak Diperpanjang, BKD: Ada Tersandung Kasus Hukum

Ia berharap, kegiatan seperti ini rutin sehingga omset mereka juga bisa bertambah.

“Semoga nanti sering kegiatan seperti ini, karena memang sangat ramai dan ini sangat membantu kami dalam pemasaran,” harap Rini.

Pelaku UMKM lainnya dari Desa Perayun, Farida mengatakan, dengan adanya Bazar UMKM dari PT Timah Tbk memberikan berkah bagi mereka.

“Alhamdulillah banyak sekali berkahnya, kita dikasih tempat untuk jualan, kita bisa sekaligus promosi karena ini kan ikut banyak. Tentunya juga omzet yang semakin meningkat,” sebutnya.

Tak hanya memberikan berkah bagi para pelaku UMKM yang berjualan di stan. Namun juga para pedagang mainan yang berada di sekitar acara. Seperti yang diungkapkan Amir pedagang mainan anak ini menceritakan, dengan adanya keramaian seperti ini mereka bisa berjualan.

“Biasanya kami hanya jualan kalau ada orang kondangan atau tempat keramaian. Tapi hari ini banyak sekali yang datang dan semoga banyak yang beli mainan saya. Karena kita juga diberikan kesempatan untuk jualan di kawasan ini,” ucapnya.

Baca Juga :  HUT Dua Dekade Partai Demokrat 'Diwarnai' Isu 'Gerombolan KSP'

Seorang pengunjung, Zurah warga Desa Gemuruh sangat mengapresiasi adanya wadah kuliner UMKM yang disediakan oleh PT Timah Tbk. Pasalnya, pengunjung dan peserta yang ikut kegiatan ini bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis makanan.

“Bagus ini kalau jualan di sini pasti habis karena lengkap saya aja belanja produk olahan otak-otak, sosis, sate dan lain-lainnya. Karena banyak jadi banyak pilihan,” katanya.

Penjual minuman kekinian Muhammad Effendi mengatakan, biasanya berjualan di depan komplek dengan produk minuman thaitea dengan greentea.

Ia bersyukur dalam Pekan Sehat PT Timah Tbk dilibatkan untuk memasarkan produknya karena banyak peserta yang membeli produknya. Menurutnya, pada acara pekan sehat PT Timah Tbk peningkatan pendapatan mereka mencapai 50 persen dibanding hari biasannya.

“Alhamdulillah ini sangat membantu kami UMKM, kita ada peningkatan pendapatan. Kita harapkan PT Timah Tbk rutin melaksanakan agenda semacam ini, ini membantu UMKM,” demikian M Effendi. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *