banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan ribuan masyarakat menghadiri malam puncak penutupan Festival Kopi Merdeka di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Minggu (27/8/2023) malam. F- diskominfo kepri

Festival Kopi Merdeka di Tanjungpinang Masuk Program KEN Kemenparekraf RI

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad resmi menutup Festival Kopi Merdeka 2023 di Jalan Merdeka Tanjungpinang, Minggu (27/8/2023) malam. Festival Kopi Merdeka di Tanjungpinang ini bakal menjadi event internasional, karena sudah masuk program KEN dari Kemenparekraf RI.

Festival Kopi Merdeka 2023 di Jalan Merdeka Tanjungpinang tersebut digelar selama empat hari sejak, Kamis (24/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023) malam. Festival Kopi Merdeka ini bagian dari rangkaian kegiatan Tanjungpinang Fest 2023, yang telah memasuki tahun kedua.

Tanjungpinang Fest yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang, Karang Taruna Kepri, dan Komunitas Kedai Kopi. Agenda ini telah ditetapkan masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenparekraf RI.

Pada malam penutupan Festival Kopi Merdeka tersebut, hadir Joko Yuhono mantan Kejari Tanjungpinang yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Aset Negara Kejaksaan Agung (Kejagung). Joko Yuhono sebagai inisiatior Festival Kopi Merdeka, serta Husnizar Hood. Selain itu, turut hadir Forkopimda Provinsi Kepri, Staf Ahli Wali Kota mewakili Wali Kota Tanjungpinang, Ketua BP3KR Huzrin Hood, Anggota DPRD Kepri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini dihadiri ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: 2024, Dibangun Jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun berkesempatan menyerahkan hadiah pemenang lomba band, vokal grup, Merdeka Fashion Week, lomba foto instagram dan video pendek. Kemudian, menyerahkan plakat kepada inisiator Festival Kopi Merdeka dan Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker. Juga ikut serta bersulang 1000 cangkir kopi bersama masyarakat.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival Kopi Merdeka tahun 2023 ini, sempena bulan kemerdekaan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut. Gubernur menilai bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian nilai-nilai budaya yang berkembang di Kepri, sejak dahulu kala. Dan menjadi modal untuk terus mempertahankan keberagaman dalam bingkai persatuan.

“Semoga kegiatan ini tetap berkelanjutan di tahun-tahun mendatang. Serta menjadi ikon dalam dunia pariwisata Kepri. Ingatlah bahwa potensi sumber daya alam dapat habis dan terkikis tetapi potensi pariwisata dan budaya dapat berkembang dan lestari,” ujar Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Mabes Polri Meraih Opini WTP Lagi, Begini Pesan Kapolri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, pemerintah provinsi pada tahun ini bersama Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar berbagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Kabupaten Natuna. Kegiatan itu dihadiri Menteri Dalam Negeri yang bertindak selaku inspektur upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan.

“Ini memang sebagai bentuk komitmen kita untuk mempertegas kembali bahwa menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia ini adalah harga mati bagi kita semua,” tegas Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri juga mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Tanjungpinang, yang telah memberikan dukungan penuh dalam upaya merevitalisasi Kota Tanjungpinang ini, sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Ansar Ahmad merasa miris kalau ibu kota Provinsi Kepulauan Riau ini justru di bawah Kota Batam dan Kabupaten Bintan, yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan masyarakat di mancanegara. Padahal, Tanjungpinang ini adalah ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Catatan Setahun Kepemimpinan Ansar-Marlin: Bekerja Amanah, Serius, Fokus & Tuntas

“Mari kita bersihkan kota Tanjungpinang ini sebersih-bersihnya. Jangan ada rumput-rumput liar di tepian jalan. Jangan ada baliho-baliho yang berserakan tanpa diatur oleh pemerintah daerah dengan baik. Karena kota ini harus menjadi kota kecil yang indah cantik dan dirindukan oleh siapapun,” ajak Gubernur Ansar.

Acara Festival Kopi Merdeka 2023 diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti pameran produk kopi lokal, workshop kopi, talkshow kopi, demo barista, lomba band, vokal grup, merdeka fashion week, lomba foto instagram dan video pendek, serta hiburan musik dari artis lokal dan nasional.

Festival Kopi Merdeka 2023 ini bertujuan untuk mengangkat potensi kopi lokal Kepri, khususnya Tanjungpinang, yang memiliki cita rasa khas dan bersejarah. Salah satu produk kopi lokal yang menjadi ikon Tanjungpinang adalah Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an.

Festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap kopi. Baik sebagai konsumen maupun pelaku usaha, serta mempromosikan Tanjungpinang sebagai destinasi wisata kuliner dan budaya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *