banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad berdialog dengan pelajar putri saat meluncurkan Gerakan Aksi Bergizi di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Jumat (4/8/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Meluncurkan Gerakan Aksi Bergizi di SMAN 1 Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad meluncurkan Gerakan Aksi Bergizi di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Jumat (4/8/2023). Gerakan Aksi Bergizi ini bertujuan untuk untuk menekan angka kasus stunting sekaligus upaya mengurangi risiko anemia pada remaja putri.

Launching Gerakan Aksi Bergizi ini disejalankan dengan peresmian sarana pendidikan di SMAN 1 Tanjungpinang. Kegiatan ini diharapkan bisa menekan kasus stunting dan anemia di Indonesia, dengan memberikan tablet penambah darah kepada remaja putri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, pentingnya langkah jangka panjang untuk mengurangi risiko anemia pada remaja putri ketika dewasa nanti. Angka kejadian anemia yang masih tinggi menurut data Riskesdas tahun 2018, yaitu 32 persen, memberikan dampak pada kemampuan belajar dan produktivitas para remaja.

Baca Juga :  Info Penting, Ini Nomor Layanan Bhabinkamtibmas di Jajaran Polsek Gunung Kijang

“Dengan memberikan tablet tambah darah secara rutin, diharapkan mereka dapat menjadi ibu yang sehat dan melahirkan anak-anak yang sehat. Serta mencapai zero new stunting untuk Provinsi Kepulauan Riau,” sebut Gubernur Kepri di depan ratusan siswa dan majelis guru SMAN 1 Tanjungpinang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, kegiatan Gerakan Aksi Bergizi tingkat Provinsi Kepulauan Riau ini dapat meningkatkan kesadaran remaja putri, akan pentingnya gizi seimbang dan konsumsi asupan bergizi.

“Kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat, satuan pendidikan, Puskesmas, keluarga, serta lintas program dan lintas sektor diharapkan dapat menyukseskan kegiatan ini. Sekaligus menciptakan generasi yang cerdas dan sehat di masa depan,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Hafizha Ingin Produk Industri Rumah Tangga Bintan Bisa Go International

Di SMAN 1 Tanjungpinang ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad melakukan penandatanganan prasasti peresmian Ruang Kelas Baru dan rehab kelas baru. Serta peresmian penggunaan Masjid Ulul Albab di SMAN 1 Tanjungpinang.

Tahun 2022 lalu, Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan mengalokasikan dana pembangunan sarana prasarana dan bantuan dengan total anggaran sebesar Rp1,321 miliar lebih. Anggaran tersebut untuk kegiatan rehabilitasi Ruang Kelas dengan tingkat kerusakan minimal sedang beserta perabotnya. Terdiri dari 2 ruang dengan anggaran Rp244,876 juta.

Serta pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) beserta perabotnya, terdiri dari 2 ruang dengan anggaran Rp928 juta, serta pemberian bantuan transportasi darat dan laut untuk siswa.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Buat MoU dengan Mediheryanto, Empat Daerah Jadi Sasaran Penuntasan Stunting di Kepri

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Tim Percepatan Pembangunan Nazaruddin, Kepala Dinas Kesehatan M Bisri, Direktur RSKJ Engkau Daud Tanjunguban Asep Guntur, Kepala Sekolah SMAN 1 Imam Syafii, pengawas sekolah, dan majelis guru SMAN 1 Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *