banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri meninjau sekaligus meresmikan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Sawang, Kundur, Karimun bersama Stanley Cicero Haggard, Gatot Sukmara, Datok Amat Tantoso, Kamis (27/7/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Meresmikan Jalan Pemakaman Senilai Rp1,7 Miliar di Sawang Kundur

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI meninjau sekaligus meresmikan jalan menuju Pemakaman Tionghoa di Sawang, Kundur, Karimun, Kamis (27/7/2023). Kini, jalan senilai Rp1,7 miliar menuju pemakaman leluhur Tionghoa di Sawang Karimun tersebut sudah mulus dan beraspal.

Peninjauan jalan pemakaman Sawang Kundur ini, Cen Sui Lan didampingi Stanley Cicero Haggard Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dan Gatot Sukmara Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) BPJN Kepri Ditjen Bina Mara Kementerian PUPR. Serta Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang berasal dari Sawang, Kundur, Karimun, Kamis (27/7/2023).

Dalam Kunjungan Kerja reses ke Kabupaten Karimun, Cen Sui Lan meresmikan jalan sepanjang 900 meter menuju Pemakaman Tionghoa Sawang, Kundur, Karimun ini merupakan aspirasi Cen Sui Lan. Pembangunan jalan dengan anggaran Rp1,7 miliar dari dana aspirasi Cen Sui Lan tersebut sudah selesai dibangun, Maret 2023 lalu.

Baca Juga :  Timnas U-17 Indonesia Gagal ke Piala Asia 2023

Cen Sui Lan mengatakan, pembangunan ini dilakukan agar jalan tersebut berfungsi sebagai akses ziarah kubur yang merupakan kegiatan kebudayaan setiap tahunnya. Serta akses bagi masyarakat Sawang untuk aktivitas ekonomi lainnya.

Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang juga Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Valas Asing (APVA) Indonesia ini merupakan putra kelahiran Sawang Kundur Karimun. Amat Tantoso sangat mengapresiasi dibangunnya jalan tersebut.

“Ini yang masyarakat tunggu tunggu. Sebelumnya, kami melalui jalan yang becek dan rusak. Sekarang ini mulus dan beraspal hotmix lagi. Ini sangat luar biasa apa yang sudah dilakukan Bu Cen Sui Lan. Kami masyarakat Kepri sangat mendukung dan memberikan support kepada Bu Cen Sui Lan,” tegas Datok Amat Tantoso.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengajak PSMTI Lingga Merawat Persatuan Sesama Anak Bangsa Demi Indonesia Maju

Hal yang sama diungkapkan Pengurus Yayasan Pemakaman Tionghoa Sawang kepada Cen Sui Lan. Para pengurus yayasan mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepedulian Cen Sui Lan. Sehingga kawasan pemakaman jadi lebih baik dan rapi. Demikian juga diungkapkan tokoh tokoh masyarakat lainnya.

Sebelumnya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi untuk pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Provinsi Kepri pada tahun anggaran 2023 ini. Cuma dua bulan pengerjaan, lewat aspirasi dan diskresi Cen Sui Lan, pengaspalan jalan menuju pemakaman ini dialokasikan anggaran senilai Rp1,7 miliar.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri berfoto dengan Stanley Cicero Haggard, Gatot Sukmara serta Datok Amat Tantoso, serta tokoh masyarakat Sawang dan pengurus Yayasan Pengelola Pemakaman Tionghoa Sawang, di tengah jalan aspal usai peresmian, Kamis (27/7/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pembangunan dan pengaspalan jalan menuju pemakaman tionghoa di Desa Sawang Selatan ini bertujuan agar akses ziarah kubur atau Cheng Beng bagi warga tiongho pada tahun 2023 ini, bisa berjalan lancar. Sehingga kegiatan prosesi tahunan etnis Tionghoa ini meningkatkan traffic (lalu lintas) warga yang pulang melaksanakan Cheng Beng.

Baca Juga :  Ini Program Kerja Abdul Halim Kader President ASTAF Terpilih

Cen Sui Lan yang juga Dewan Kehormatan PSMTI Prov Kepri ini menjelaskan, aspirasi pembangunan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan ini merupakan usulan dari tokoh Masyarakat Kepri, Datok Amat Tantoso pada tahun 2022 lalu. Akhirnya pada Februari 2023 lalu, Cen Sui Lan menggunakan diskresi bersama Menteri PUPR. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *