banner 728x90
Ketua Pengprov Hapkido Indonesia (HI) Kepri Alex Aliegani bersama atlet hapkido dan tim Satgas Pra PON dan Kejurnas KONI Kepri. F- koni kepri

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Hapkido di Kepri, Cabor Baru nan Meloloskan 5 Atlet ke PON 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Masih banyak orang yang belum tahu tentang olahraga bela diri hapkido. Alangkah baiknya kita mengenal lebih dekat olahraga hapkido di Kepri. Cabor baru berdiri nan (yang) meloloskan 5 atlet ke PON 2024 Aceh-Sumut.

Hapkido merupakan cabang olahraga bela diri yang berasal dari Korea, selain taekwondo. Gerakan Hapkido berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

Di Provinsi Kepri, hapkido mulai ada dan diperkenalkan di Kota Tanjungpinang. Awalnya, olahraga hapkido ini dikembangkan oleh Piter, pengusaha otomotif terkenal di Tanjungpinang. Latihan olahraga hapkido ini, di dalam ruangan dengan ukuran cukup luas.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Desak Menteri PUPR Menyelesaikan Pembangunan Jalan Nasional di Jembatan Barelang

Tahun 2018 lalu, Piter mengusulkan agar hapkido dipertandingkan pada Poprov tahun 2018 Provinsi Kepri. Apalagi saat itu, Tanjungpinang sebagai tuan rumah. Alhasil, hapkido menjadi ekshibisi pada Porprov Kepri tahun 2018 di Kota Tanjungpinang. Hapkido pun dipertandingkan pada perebutan medali, pada Porprov Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan.

Tindak lanjut dari Porprov Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan itu, Pengprov Hapkido Indonesia (HI) Kepri mengikuti Kejurnas 2023 atau babak kualifikasi Pra PON di Yogyakarta, pekan lalu. Hasilnya, lima orang atlet Pengprov HI Kepri lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut.

Keberhasilan Penprov Hapkido Indonesia (HI) Kepri memenuhi target lolos ke PON 2024 sebanyak lima nomor, menjadikan peluang raihan medali lebih besar.

Baca Juga :  Info Terkini Bencana Longsor di Serasan Natuna, 15 Dilaporkan Meninggal, Puluhan Warga Hilang

Ketua Pengprov Hapkido Indonesia (HI) Kepri Alex Aliegani mengatakan, sukses para atlitnya memenuhi target lolos PON sangatlah membanggakan. Selain waktu persiapan, mengingat kepengurusan (Pengprov) Hapkido baru terpilih pada Mei yang lalu, terus persiapan Pra PON relatif mepet (singkat).

Namun dengan tekad bulat serta kebersamaan tim, akhirnya bisa memberangkatkan 10 atlet untuk ikut 10 nomor dan mampu meraih tiga medali perak, serta dua perunggu yang secara otomatis lolos PON 2024.

Sukses Rafli dan kawan-kawan lolos ke PON 2024, menjadi harapan bagi kontingen Kepri nantinya, di PON yang akan datang. Perolehan perak bisa ditingkatkan menjadi emas. Mengingat atlet hapkido yang lolos sampai final, tidak maksimal bertanding. Karena kaki yang cedera pada babak sebelumnya.

Baca Juga :  Bina Bintang Muda Kepri Menjuarai Belajar Liga Tanjungpinang Bintan 2022

“Kami lebih menjaga kebugaran dan kesehatan atlet untuk kepentingan PON yang akan datang,” demikian kata Alex Ketua Pengprov Hapkido Indonesia (HI) Kepri.

Lima atlet Pengprov HI Kepri yang lolos PON 2024 Aceh-Sumut itu antara lain:

1, Helen Natania T (perunggu), kelas under 51 kg
2, Cessie Angeline T/Julia Sinta (perak), kelas hoshinsol putri
3, Terrania Pricillia (perunggu), kelas individual hiyung putri
4, Nadisha rahmadhani L (perak), kelas under 72 kg
5, Muhamad Maulana Rafli (perak), kelas under 78 kg

(yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *