banner 728x90
Hafizha Rahmadhani Ketua Dekranasda Bintan melihat kemasan dan kualitas produk UMKM di sela kegiatan Bimtek kurasi UMKM Kabupaten Bintan, Kamis (17/7/2023). F- diskominfo bintan

Hafizha: Selain Kemasan, Kualitas Produk Jangan Kalah Saing

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Hafizha Rahmadhani Ketua PKK Bintan mengingatkan kepada pelaku UMKM, agar kemasan produk dibuat semenarik mungkin. Selain kemasan, kualitas produk jangan kalah saing.

Trik pemasaran produk itu dipaparkan Hafizha Rahmadhani saat membuka kegiatan bimbingan teknis kurasi produk UMKM Kabupaten Bintan di Gedung Pusat Layanan UMKM Terpadu (PLUT) Bintan, Kamis (20/7/2023). Dalam kegiatan tersebut Hafizha Rahmadhani merasa bangga melihat keaktifan para pelaku UMKM di Kabupaten Bintan. Dikatakannya, peluang terbuka sangat luas, terlebih melihat produk-produk yang dihasilkan selama ini.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Desak Menhub Buka Rute Roro Mini ke Senayang Lingga

“Belajar terus dan kembangkan kreativitas. Yang enggak kalah pentingnya, kemasan Bu. Buat semenarik mungkin dan sesuai standar. Standar nasional sekarang, kemasan itu jangan ada celah. Jadi kedap udara semua,” ujar Hafizha Rahmadhani.

Kurasi produk merupakan mengelola produk ekshibisi di suatu galeri, atau proses penyeleksian terhadap produk UKM/IKM yang telah terdaftar, sebelum produk tersebut diekspor atau dinaikkan kelasnya. Dengan kurasi produk ini, maka status UMKM akan lebih jelas mana yang gradenya bisa naik kelas atau yang belum, untuk segera mengikuti.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Buka Pasar Murah Lagi di Tanjungpinang, Cek Jadwal dan Lokasinya

Menurut Hafizha, produk yang dihasilkan harus fokus pada apa yang ingin dibuat. Selain kemasan, kualitas dari produk itu sendiri juga harus menjadi indikator utama.

“Kalau kemasan sudah menarik, jangan sampai kualitasnya kalah saing. Seperti produk kuliner, hasilkan kualitas sebaik mungkin. Termasuk bahan baku olahannya, cara mengolahnya sampai ke kandungan gizinya, itu penting. Apalagi kalau sudah sampai ke luar Bintan, bahkan luar negeri pemasarannya,” tambah Hafizha.

Peserta UMKM yang mengikuti Kurasi Produk ini merupakan UMKM yang sudah didampingi langsung oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Bintan. Ke depannya seluruh UMKM yang ada akan terus mendapat pendataan dan pendampingin terkait pengolahan, pemasaran. Termasuk administrasi produk seperti P-IRT, BPOM dan sertifikasi halal. (yen)

Baca Juga :  Dramatis! Sembilan Penendang Gagal, Persija ke Grandfinal Piala Menpora 2021

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *