banner 728x90
Sekda Bintan Ronny Kartika, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono, Camat Teluk Bintan Indra Gunawan, berpose dengan tokoh agama dan tokoh adat di makam Datuk Julong di Kampung Rekoh, Penaga, pada tahun baru Islam 1 Muharram 1445 hijriah, Rabu (19/7/2023). F- diskominfo bintan

Tahun Baru Islam 1445 hijriah, Warga Kampung Rekoh Ramai-ramai Ziarah ke Makam Datuk Julong

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Warga Kampung Rekoh, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan beramai-ramai melakukan ziarah ke makam panjang Datuk Julong, Rabu (19/7/2023). Ziarah ke makam Datuk Julong tersebut dilakukan saat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 hijriah.

Ziarah dimulai dengan berjalan kaki dari Masjid Rekoh Desa Penaga menuju makam Datuk Julong yang berada di tengah kampung. Sekda Bintan Ronny Kartika yang hadir mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, aktivitas yang sudah berjalan hampir kurun waktu 18 tahun tersebut telah menjadi warisan budaya bagi daerah.

Baca Juga :  Bupati Bintan Mengajari Pelajar Jadi Pemilih Pemula yang Cerdas Berpolitik

“Melihat animo masyarakat yang hadir, kita tidak hanya bicara terkait bagaimana proses kenduri arwahnya saja. Tapi juga ada adat istiadat budaya yang ditampilkan seperti iring-iringan bunga telur tadi,” ujar Ronny Kartika.

Selain itu, Sekda Bintan berharap, ke depannya, aktivitas tersebut bisa menjadi agenda wisata religi kalender pariwisata daerah. Nantinya, tidak hanya masyarakat setempat yang melaksanakan kegiatan religi tersebut. Namun, masyarakat luar juga bisa mengikuti budaya ziarah makam Datuk Julong tersebut.

“Sehingga efeknya nanti ada perputaran ekonomi serta nilai histori bagi masyarakat,” harap Sekda Bintan.

Baca Juga :  Modus TPPO, Iming-iming Diupah dengan Gaji Besar Bekerja di Luar Negeri

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Bintan Arief Sumarsono, Camat Teluk Bintan Indra Gunawan, Kades Penaga Hamrudin dan tokoh masyarakat setempat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *