banner 728x90
Darwis GM Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang memaparkan rencana pengembangan fasilitas kawasan pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang di Aula Yos Sudarso Koarmada I Tanjungpinang, Senin (17/7/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Rp8,5 Miliar, Pelindo Menata Kawasan Parkir dan Fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang akan meningkatkan fasilitas pelayanan di kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, mulai tahun 2023 hingga 2025 mendatang. Peningkatan fasilitas infrastruktur itu mulai dari ponton sampai dengan penataan kawasan parkir pelabuhan, dengan anggaran mencapai Rp8,5 miliar.

Program rencana pengembangan kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang itu dipaparkan pada kegiatan Media gathering di lingkungan Pelindo Cabang Tanjungpinang di aula Yos Sudarso Koarmada I Tanjungpinang, Senin (17/7/2023). Media gathering ini tentang sosialisasi dan peningkatan pelayanan di terminal penumpang Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Darwis selaku GM Pelindo Regional I Cabang Tanjungpinang menerangkan, kehadiran Pelindo di tengah masyarakat, khusus dalam pelayanan Pelabuhan Sri Bintan Pura terus memberikan yang terbaik. Karena, pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang merupakan satu gerbang pintu keluar masuk penumpang. Baik antarpulau di Kepri, maupun antarnegara. Dengan penyediaan pelabuhan domestik dan pelabuhan internasional.

Tahun 2023, pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang merupakan terminal penumpang terpadat kedua, setelah pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Hal itu berdasarkan catatan dari Kementerian Perhubungan RI, pada angkutan lebaran Idulfitri 1444 hijriah, April-Mei 2023 lalu. Saat itu, rata-rata 5.500 penumpang yang memanfaatkan pelabuhan SBP per hari. Dari jumlah itu, 5000-an penumpang domestik dan 500 penumpang di pelabuhan internasional.

Baca Juga :  Mempersolek Pantai Trikora di Akhir Tahun, Plt Bupati Bintan dan FKPD Pungut Sampah

Kondisi infrastruktur pelayanan penumpang di pelabuhan SBP Tanjungpinang, jauh lebih berkembang dibandingkan sebelumnya. Terutama pada masa periode 2017 hingga sekarang, jika dibandingkan sebelum tahun 2017.

“Pengembangan fasilitas pelayanan pelabuhan Sri Bintan Pura ini kami lakukan, demi peningkatan pelayanan terhadap penumpang. Seperti gedung ruang tunggu, penerapan Epass, jalan pelabuhan, sampai dengan penataan parkir,” jelas Darwis.

Untuk masa mendatang, Pelindo akan melakukan pengembangan infrastruktur dan peningkatan pelayanan. Terobosan itu seperti rencana pemesanan tiket secara online. Dalam hal ini, penumpang sudah mengetahui jam keberangkatan, nama kapal sampai dengan nomor bangku (seat) tempat duduk. Tujuannya, agar tidak terjadi penumpukan penumpang saat keberangkatan.

Kemudian, Pelindo Tanjungpinang akan melakukan pengembangan fasilitas pelayanan. Pertama, yaitu pembangunan gapura utama Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP). Desain gapura utama Pelabuhan SBP ini menyerupai tanjak. Untuk mengatur parkir, pada pintu masuk pelabuhan yang berada di depan Polsek Kawasan Pelabuhan akan dijadikan pintu keluar masuk mobil. Sedangkan untuk gapura utama dijadikan keluar masuk kendaraan roda dua, atau sepeda motor.

Baca Juga :  PDI-P Karimun Menargetkan sebagai Pemenang Pemilu 2024

Kemudian, dilakukan reposisi gate (pintu) E-pass. Tempat E-pass sekarang, akan dialihkan lebih ke dalam, tempat penjualan tiket. Sehingga, keluarga pengantar calon penumpang, bisa masuk ke dalam gedung sebelum gate E-pass.

Program lain untuk peningkatan pelayanan Pelabuhan SBP pada tahun 2023-2025, yaitu peremajaan ponton A, B, C dan D. Seluruh ponton sandar kapal atau tempat keluar masuk penumpang, akan dilakukan perbaikan. Sehingga, fasilitas ponton lebih memadai lagi.

Pelindo Tanjungpinang juga akan melakukan perawatan under deck repair. Yaitu mengganti tiang utama pelabuhan yang termakan usia atau sudah banyak terdapat tritip.

“Yang tak kalah pentingnya, kami akan melakukan penataan dan peningkatan jalan di dalam kawasan pelabuhan. Sehingga, pengaturan parkir dan antar jemput penumpang oleh masyarakat, akan lebih mudah dan lancar,” jelas Darwis.

Baca Juga :  Pertama di Kepri, Roby Kurniawan Bangga BUMDes Teluk Sasah Punya Usaha Pertashop

“Anggaran untuk pembangunan fasilitas itu mencapai Rp8,5 miliar dari investasi internal Pelindo, tahun 2023 sampai 2025 mendatang,” sebut Darwis.

Pada kesempatan tersebut, Dirut BUMD Kota Tanjungpinang Guntoro menyampaikan, dirinya tahun 1990-an sudah bekerja sebagai agen kapal, sampai menjadi kapten di kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

“Dari tahun ke tahun, ada peningkatan terhadap pelayanan dan pengembangan pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang ini. Kita berharap kepada Pelindo, agar terus meningkatkan pengembangan fasilitas pelayanan di pelabuhan SBP Tanjungpinang. Kita sarankan, nantinya boarding pass sudah dalam bentuk scan pada tiket calon penumpang,” harap Guntoro.

Darwis GM Pelindo Cabang Tanjungpinang memberikan apresiasi kepada Koarmada I Tanjungpinang di sela sosialisasi pengembangan kawasan Pelabuhan SBP Tanjungpinang di aula Yos Sudarso, Koarmada I, Senin (17/7/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Pada kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan dukungan terhadap sosialisasi dan peningkatan pelayanan di terminal penumpang pelabuhan SBP. Pihak Pelindo juga memberikan apresiasi kepada pihak Koarmada I Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *