banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima cendera mata saat menerima kunjungan delegasi WTC Utah Amerika di Batam, Selasa (11/7/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Memaparkan Potensi Investasi kepada Delegasi WTC Utah Amerika

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad memaparkan potensi investasi di Kepri kepada delegasi World Trade Center (WTC) Utah Amerika Serikat. Gubernur Kepri memaparkan potensi investasi itu saat menerima kunjungan delegasi WTC Utah Amerika, dalam rangka Utah’s Southeast Asia Business Trip di Restoran Sri Rezeki, Batam, Selasa (11/7/2023).

Kunjungan WTC Utah ini dilakukan dalam rangka mempelajari peluang bisnis dan investasi yang sedang dijajaki para investor dan pengusaha asal Salt Lake City, Utah.

Rombongan yang dipimpin Cal Peterson selaku Representative Vice President dan Senator Utah Lincoln Fillmore ini telah melakukan kunjungan dari 7 Juli lalu dan mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Batam menjadi kota pilihan mereka di Indonesia untuk dikunjungi karena posisi strategis Batam di persimpangan jalur pelayaran dunia dan reputasi Batam yang telah terkenal sebagai lumbung investasi para investor luar negeri.

Baca Juga :  Gubernur Kepulauan Riau Bakal Melobi Semua Kementerian, Diawali ke Airlangga Hartarto

Dalam paparannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengaminkan hal tersebut. Dirinya menjabarkan secara umum Provinsi Kepri memang daerah yang sangat cocok untuk penanaman modal dan investasi. Letak Provinsi Kepri yang ada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan tepat berada di Selat Malaka membuat Kepri menjadi tempat berlalu-lalang kapal dari seluruh dunia.

“Kepri ini adalah terasnya Indonesia, kita tepat ada di choke point Selat Malaka dari empat choke point di dunia. Jadi setiap tahun ada ribuan kapal yang lewat di Kepri,” kata Gubernur Kepri.

Lebih lanjut, Gubernur Kepri menekankan, iklim investasi di Kepri sangat mendukung bagi investor. Karena Kepri memiliki empat kawasan Free Trade Zone (FTZ) di tiga pulau berbeda yaitu Batam, Bintan, dan Karimun.

Baca Juga :  Persiapan Pelantikan Pengurus PWI Kepri Tinggal Finishing

Kelebihan utama kawasan FTZ adalah adanya kemudahan dalam melakukan perdagangan internasional. Di dalam kawasan FTZ, terdapat deregulasi atau relaksasi aturan dan regulasi perdagangan yang mempermudah impor dan ekspor barang. Hal ini termasuk pembebasan pajak, bea cukai, dan prosedur administrasi yang lebih efisien. Kemudahan ini dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi perdagangan, serta mengurangi biaya logistik.

Tidak hanya itu, Gubernur Kepri Ansar Ahad menyebutkan, iklim investasi di Kepri yang kondusif sudah dibuktikan dengan adanya tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kepri. Tiga KEK tersebut adalah KEK Galang Batang, KEK Batam Aerotechnic, dan KEK Nongsa.

“Sekarang ketiga KEK tersebut sudah meningkat pesat dan memberikan return investasi yang baik, kami dari pemerintah daerah juga membuka pintu lebar dari investor luar negeri untuk menanam modal di Kepri,” sebut Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Bangkitkan Ekonomi Perajin dan Pariwisata, Dewi Kumalasari Menyinkronkan Program dengan Dekranas Pusat

Dalam kuartal pertama tahun 2023, 783 perusahaan asing telah menanamkan modalnya di Kepri dengan nilai investasi yang mencapai Rp3.165.660.800.000. Investasi asing tersebut didominasi oleh investor asal Singapura, Hongkong, RRT, Malaysia, dan Perancis.

Capaian makro ekonomi di Provinsi Kepri juga terus memperlihatkan indikator yang baik. Pertumbuhan ekonomi di Kepri tahun 2022 berhasil mencapai 5,09 persen dari 3,43 persen di tahun 2021. Begitu juga dengan inflasi di Kepri yang ada di angka 4,09, lebih rendah dari angka inflasi nasional di angka 4,33. Gini ratio di Kepri pun terus ditekan hingga ke angka 0,325 di tahun 2022.

Rombongan dari WTC Utah kali ini diikuti berbagai perusahaan seperti Utah Inland Port Association, Reading Horizons, Bucked Up/Vage Power Pharmatech Asia, Harris Bricken, dan Utah Innovation Lab. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *