banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajukan cold storage dan kontainer kepada Kepala Bapanas RI H Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Senin (26/6/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Menemui Kepala Bapanas RI, Dapat Cold Storage dan Kontainer

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menemui Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI H Arief Prasetyo Adi ST MT di sela acara Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Iduladha 2023 di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (26/6/2023). Dari pertemuan dengan Kepala Bapanas tersebut, Gubernur Kepri dapat cold storage dan kontainer untuk Kota Tanjungpinang dan Karimun.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Kepri melobi Kepala Bapanas untuk penyediaan cold storage dan kontainer, sebagai sarana penyediaan pangan di Kepri, khususnya untuk di Tanjungpinang dan Karimun. Cold storage ini tempat atau wadah menjaga agar sayuran, buah, daging dan lain-lainnya bisa tetap segar dan fresh.

Baca Juga :  Tim Supervisi Divhumas Polri Uji Petik Kinerja Humas Polres Bintan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad secara khusus meminta Bapanas untuk dapat memberikan dukungan sarana prasarana cold storage dan kontainer tersebut karena keduanya menjadi prioritas utama penyediaan hasil pangan di Kepri.

“Untuk mendukung upaya menjaga stabilitas harga saya kira kedua sarana tersebut menjadi urgent untuk dimiliki Kepri dengan kondisi geografis provinsi kepulauan ini,” ucap Gubernur Kepri.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad melaporkan, secara agregat inflasi di Kepri pada Bulan Mei 2023 berada di angka 2,99 persen. Ini termasuk tingkat inflasi terendah ketiga setelah Bangka Belitung dan Sulawesi Barat.

Baca Juga :  Sejarah Baru! Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 di Qatar

“Capaian ini berkat upaya yang cukup intens dalam menjaga stabilitas inflasi dengan memanfaatkan ketahanan pangan daerah dan mengontrol harga pangan secara simultan, sehingga harga pangan dapat terkendali,” ujarnya.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo menyatakan dukungan penuhnya terhadap penyediaan cold storage dan kontainer tersebut.

“Akan segera ditindaklanjuti, ini dalam rangka mendukung penuh ketahanan pangan khususnya untuk kebutuhan petani dan peternak di Kepri,” kata Arief.

Arief menambahkan, Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional yang dilaksanakan oleh Bapanas serentak di 342 titik di 301 kabupaten/ kota seluruh Indonesia pada hari ini bertujuan dari agar dapat menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen.

Baca Juga :  Utang dan Moneter di Tengah Dominasi Fiskal

“Sehingga, tingkat inflasi dapat terjaga. Peran gerakan ini adalah menjaga inflasi pangan termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan mulai dari petani dan peternak,” tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri Dr Rika Azmi yang mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, Kepri saat ini sedang melakukan terobosan penguatan ketahanan pangan. Khususnya para petani untuk dapat memanfaatkan lahan tidur yang telah diberdayakan oleh petani di Kepri.

“Sejumlah kebutuhan pokok, mulai dari beras, telur, sayur, bahan pokok seperti bawang, cabai, tomat, dan berbagai macam bumbu dapur lainnya tersedia dan dapat dimanfaatkan melalui sarana ini,” tutupnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *