banner 728x90
Elyza Riani Ketua DPW Bintan memberikan trik memulai usaha kepada peserta pelatihan kewirausahaan tata busana di de Bintan Villa, Selasa (20/6/2023). F- diskominfo bintan

Elyza Riani Berbagi Trik Memulai Usaha bagi Calon Entrepreneur Muda di Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Elyza Riani selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bintan berbagi trik atau kiat untuk memulai usaha kepada calon entrepreneur muda di Bintan. Trik memulai usaha itu disampaikan Elyza saat menjadi narasumber pelatihan kewirausahaan pemuda tahun 2023 di de Bintan Villa, Selasa (20/6/2023) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, dirinya juga memaparkan bahwa hal yang wajib bagi kawula muda yang pertama kali akan terjun ke dunia usaha adalah dengan memulainya. Karena menurutnya acapkali kawula muda hanya berkutat dalam memikirkan usaha apa yang bagus. Dengan sendirinya hal itu akan terjebak dengan tidak memulai satu usaha apapun.

Baca Juga :  Dispora Kepri Menjuarai Friendly Match Champions OPD

“Usaha yang bagus adalah usaha yang dikerjakan, bukan yang ditanyakan terus,” ujarnya saat mengutip pernyataan pengusaha sukses Bob Sadino.

Ia juga mengharapkan agar para peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan, hendaknya dapat menyerap ilmu dengan sebaik-baiknya. Dan usai pelatihan, dapat langsung terjun ke masyarakat dan menjadi usahawan muda yang sukses.

Saat ini, lanjutnya, telah banyak platform digital yang tersedia dan menawarkan kemudahan bagi usahawan muda, baik dalam promosi produk maupun marketplace untuk berjualan. Pemerintah daerah juga menurutnya telah menyediakan berbagai program kemudahan bagi pengembangan usaha atau UMKM, diantaranya dengan menyediakan program fasilitas pinjaman tanpa bunga.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Memprioritaskan Bantuan untuk Usaha Petani Sorgum

“Jadi, ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, karena skill ini jarang didapatkan di bangku sekolah. Ibaratnya jika kita memiliki mesin jahit dirumah, maka mulailah usaha menjahit. Atau jika hanya memiliki jarum, maka mulailah usaha anyaman/menenun,” ujarnya memotivasi para peserta menjahit. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *