banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mengusulkan pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga di sela Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR, Rabu (7/6/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: 2024, Dibangun Jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) membawa kabar gembira bagi masyarakat Lingga. Cen Sui Lan menyatakan, akan dibangun jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga, pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Aspirasi masyarakat Lingga tersebut disampaikan Cen Sui Lan dalam rapat kerja (Raker) Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR, Rabu (7/6/2023) di ruang rapat Komisi V DPR RI Gedung DPR RI Senayan, Jakarta. Raker ini membahas tentang pembicaraan awal RKP/RKA Kementerian PUPR tahun anggaran 2024, dan evaluasi kegiatan tahun anggaran 2023. Serta tindak lanjut temuan BPK RI tahun anggaran 2022.

Dalam Raker ini, Cen Sui Lan mengusulkan beberapa program pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau. Satu di antaranya, Cen Sui Lan meminta pembangunan jembatan penghubung Senayang ke Sebangka, pada untuk tahun anggaran 2024. Usulan Cen Sui Lan ini langsung disetujui oleh Menteri PUPR RI.

Baca Juga :  Perlu Darah? Datang ke Sekretariat PMI Kabupaten Bintan

Usulan pembangunan jembatan Senayang-Sebangka di Kabupaten Lingga ini merupakan aspirasi masyarakat Senayang yang disampaikan kepada Cen Sui Lan ketika melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) pada pertengahan Mei 2023 lalu, ke Senayang Kabupaten Lingga. Dari hasil Kundapil ini, pihak BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR langsung merapikan DED dan RAB yang sudah dibuat pihak Pemkab Lingga.

“Sekarang, pihak BPJN Kepri lagi membereskan semuanya, agar ready,” tegas Cen Sui Lan setelah mendapat penjelasan dari Hedy Rahardian Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, di sela Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR tersebut.

Cen Sui Lan menjelaskan, jembatan yang menghubungkan Pulau Senayang dan Pulau Sebangka Kecamatan Senayan, Kabupaten Lingga ini, dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata serta membuka daerah pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga :  Maiyanti Anggota DPRD Diperiksa Kejari Tanjungpinang Soal Dugaan Korupsi Dana Reses dan Sekretariat Dewan

Cen Sui Lan menyampaikan, di Kabupaten Lingga perlu pembangunan jembatan yang menghubungkan (konektivas) dua pulau, Senayang dan Sebangka tersebut. Pulau Senayang, itu pusat pemerintahan dengan kondisi daerah tidak memadai. Kantor-kantor pemerintah dipindahkan ke Senayang. Cuma, untuk ke Senayang itu harus naik kapal. Sangat tidak efisien.

“Dengan membangun jembatan itu, akan membuka akses daerah. Membuka perekonomian dan membuka pariwisata. Tolong dibantu pembangunan jembatan Senayang ke Sebangka, di Kabupaten Lingga ini,” pinta Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR, yang langsung disetujui.

Sebelumnya, Cen Sui Lan menerima aspirasi dari Bupati Lingga Muhammad Nizar, pada saat Kundapil ke Kabupaten Lingga, Minggu (15/5/2023) sampai Rabu (7/5/2023). Selain dari bupati, Cen Sui Lan juga menerima aspirasi masyarakat saat berkunjung ke Senayang.

Cen Sui Lan menerima aspirasi dari Bupati Lingga dan kepala OPD saat Kundapil pertengahan Mei 2023 lalu. F- dok/suaraserumpun.com

Dari Bupati Lingga, aspirasi yang diterima Cen Sui Lan itu tentang rencana pembangunan strategis berupa infrastruktur di Kabupaten Lingga. Seperti pembangunan waduk, pengadaan roro mini untuk Senayang sekitarnya. Revitalisasi Kota Dabo, hingga preservasi jalan nasional. Selain itu, masyarakat di Senayang juga meminta pembangunan jembatan, selain penyediaan kapal roro mini.

Baca Juga :  Diresmikan Ansar Ahmad, Flyover Senilai Rp60 Miliar di Tanjungpinang Sudah Bisa Digunakan

“Pulau Sebangka bisa dikembangkan untuk kawasan industri dan pariwisata, dan pulaunya sangat luar dan besar. Ini salah satu pulau yang menjadi sentral pertumbuhan baru di Kabupaten Lingga,” ungkap Cen Sui Lan yang ketika melakukan Kundapil menerima aspirasi dari Indra Jaya Putra Camat Senayang dan ratusan tokoh masyarakat Kecamatan Senayang yang melakukan dialog dengan Cen Sui Lan di Kantor Camat Senayang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *