banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bicara manfaat ganda ekonomi dari pengembangan sektor wisata di Kepri, saat meninjau usaha dagang warga di jalan Merdeka Tanjungpinang. Kini, Rp400 juta aspirasi Cen Sui Lan dialokasikan untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung, Serasan, Natuna. F- yen/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Rp400 Juta untuk Desa Wisata Desa Tanjung Setelung, Akan Beri Multiplier Effect

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan, dana aspirasinya senilai Rp400 juta dialokasikan untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri. Dari anggaran tersebut, ada alokasi untuk pembangunan kolam renang, sebagai sarana pendukung pengembangan desa wisata Desa Tanjung Setelung.

“Iya, benar. Ada Rp400 juta untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung, Serasan, Kabupaten Natuna, tahun ini,” sebut Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Rabu (31/5/2023).

Cen Sui Lan menjelaskan, ekonomi masyarakat Serasan harus bangkit. Karena sebelumnya, Serasan menjadi perhatian pemerintah akibat musibah tanah longsor yang menimbulkan banyak korban jiwa, beberapa bulan lalu.

Baca Juga :  Safari Ramadan Roby-Ansar Disambut Thermogun

“Nah, untuk Desa Tanjung Setelung ini, potensi wisatanya bagus. Kalau wisatanya maju, orang pasti akan banyak berkunjung. Tentu akan ada perputaran roda ekonomi masyarakat. Untuk Kecamatan Serasan sendiri, tentu ada efek gandanya,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menerangkan, anggaran Rp400 juta untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung itu direalisasikan melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, atau Kemendes PDTT.

“Dana sebesar Rp400 juta tersebut, dialokasikan untuk pembangunan desa wisata Desa Tanjung Setelung. Ada juga sarana kolam renangnya,” ungkap Cen Sui Lan.

Baca Juga :  DAK untuk Pemkab Bintan Rp198,8 Miliar, Tunjangan Pegawai Tetap Dikurangi

Cen Sui Lan menerangkan, pengajuan anggaran untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung itu, awalnya pengajuan dari Hadi Candra Anggota DPRD Provinsi Kepri. Hadi Candra merupakan koordinator program-program Cen Sui Lan untuk wilayah Natuna.

“Pak Hadi Candra mengajukan Desa Tanjung Setelung untuk mendapatkan dana alokasi pengembangan desa wisata kepada saya. Saya menyetujui dan memutuskan Desa Tanjung Setelung sebagai penerima dana untuk pembangunan desa wisata,” jelas Cen Sui Lan.

“Jika sarana pendukung dan desa wisata di Desa Tanjung Setelung siap, akan memberikan multiplier effect, atau manfaat ganda terhadap perekonomian warga. Bisa melalui usaha kuliner, hotel dan sektor lainnya,” kata Cen Sui Lan menambahkan.

Baca Juga :  RSJKO Engku Haji Daud Meluncurkan Tiga Layanan Baru untuk Kesehatan Masyarakat

Hal itu diyakini Cen Sui Lan, karena pengembangan sektor wisata di daerah lain di Kepri, sudah memberikan manfaat bagi masyarakat tempatan. Seperti di Kota Tanjungpinang, ketika dilakukan penataan Kota Lama di Jalan Merdeka menjadi pusat kota sejarah atau heritage city, ekonomi masyarakat mulai bangkit.

“Seperti di Tanjungpinang, ekonomi masyarakat mulai bangkit, sejak penataan beberapa kawasan wisata. Mulai dari Penyengat, sampai dengan di Jalan Merdeka, ke pasar baru,” tambah Cen Sui Lan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *