banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan trofi dan hadiah uang pembinaan pada penutupan Piala Gubernur Kepri 2023 zona Bintan untuk cabor sepak bola. F- yen/suaraserumpun.com

Ini Jadwal Lengkap Piala Gubernur Kepri 2023 untuk Tiga Cabor di Tujuh Zona

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menginginkan pada tahun ini, menjadi momentum kebangkitan olahraga di Provinsi Kepri melalui kejuaraan Piala Gubernur Kepri 2023. Berikut ini jadwal lengkap Piala Gubernur Kepri 2023 untuk tiga cabang olahraha (cabor) di tujuh zona. Sepak bola, bola voli dan futsal.

Beberapa tahun ke belakang, Kepri sepi akan kompetisi olahraga karena pandemi covid-19. Momentum kebangkitan olahraga di Kepri ditandai dengan dimulainya event Piala Gubernur Kepri tahun 2023. Menurut Gubernur Kepri Ansar Ahmad, pelaksanaan Piala Gubernur Kepri 2023 ini selain menumbuhkan iklim kompetisi, juga sebagai bentuk pembinaan pemerintah terhadap atlet-atlet muda.

“Dari kompetisi ini nantinya bibit-bibit atlet berpotensi akan kita bina. Yang diharapkan mampu mengharumkan nama Kepri dan Indonesia baik di kancah nasional maupun internasional,” ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad di sela penutupan kejuaraan sepak bola U-20 Piala Gubernur Kepri 2023 zona Bintan di lapangan Asyura Km 20 Gunung Lengkuas, Rabu (24/5/2023) baru-baru ini.

Piala Gubernur Kepri tahun 2023 digagas Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri dengan mempertandingkan 3 cabang olahraga (cabor). Yakni sepak bola, bola voli, dan futsal. Sistem kompetisi dibagi menjadi 7 zona, yaitu di 7 kabupaten dan kota se-Kepri. Berikut jadwal lengkap Piala Gubernur Kepri tahun 2023.

Baca Juga :  Polres Bintan dan Polsek Gelar Patroli Serentak Malam Minggu, Berikut Hasilnya

Untuk cabor sepak bola untuk zona Tanjungpinang telah dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 15 Mei di Stadion Gelora Sri Tri Buana, Dompak. Zona Bintan pada tanggal 17 sampai 24 Mei di lapangan sepak bola Asyura Km 20 Gunung Lengkuas.

Selanjutnya akan dilaksanakan zona Lingga pada tanggal 20 sampai 27 Juni di Stadion Merdeka Dabo. Zona Kepulauan Anambas pada 11 hingga 18 Juli di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa. Zona Natuna pada tanggal 9 sampai 16 Agustus di Lapangan Sri Srindit Ranai. Zona Karimun pada 12 sampai 19 September di Stadion Badang Perkasa. Dan terakhir zona Batam pada tanggal 10 sampai 17 Oktober di Stadion Citra Mas Kabil.

Untuk cabor bola voli, zona Tanjungpinang telah digelar pada tanggal 11 sampai 15 Mei 2023 di Lapangan Pinang Wahana. Zona Bintan pada 20 sampai 24 Mei di GOR Demang Lebar Daun Kijang. Kemudian akan berlanjut ke zona Lingga pada tanggal 23 sampai 27 Juni di Gedung Nasional Dabo.

Zona Kepulauan Anambas pada 14 hingga 18 Juli di Lapangan MIN Tarempa Barat. Zona Natuna pada tanggal 12 sampai 16 Agustus di Lapangan Sports Hall Dispora Ranai. Zona Karimun pada 15 sampai 19 September di Lapangan Amelia Baran. Dan zona Batam pada 13 sampai 17 Oktober di Lapangan Ja’far Sekupang.

Baca Juga :  Oknum Mantan Anggota Dewan Natuna Ditangkap Gara-gara Mengebom Ikan

Sedangkan cabor futsal antarpelajar untuk zona Tanjungpinang akan dimulai tanggal 21 sampai 25 Juli di Lapangan Junior. Zona Bintan pada 22 sampai 26 Juli di GOR Demang Lebar Daun Kijang. Zona Lingga pada 23 sampai 27 Juni di Lapangan One Futsal Dabo. Zona Kepulauan Anambas pada 14 hingga 18 Juli di Lapangan Bayhill Tarempa. Zona Natuna pada 12 sampai 16 Agustus di Lapangan Caesar Futsal Ranai. Zona Karimun pada 15 sampai 19 September di Sports Hall Badang Perkasa. Dan zona Batam pada 13 sampai 17 Oktober di Sports Hill Taras.

“Nah, untuk kejuaraan Piala Gubernur Kepri 2023 di zona Natuna, kenapa kita gelar pertengahan Agustus? Karena, Pemprov Kepri akan melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2023 ini, di Kabupaten Natuna. Jadi, Piala Gubernur Kepri zona Natuna, sejalan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI,” jelas Ansar Ahmad.

Kemudian dalam rangka mendapatkan bibit-bibit atlit terbaik di daerah, nantinya tim terbaik dari daerah akan diperlombakan lagi di Tingkat Provinsi Kepri untuk mencari yang terbaik yang nantinya akan dipersiapkan untuk mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam event-event olahraga baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional.

Baca Juga :  Simak Sanjungan Gubernur Kepri pada Peringatan HUT Ke-12 RSUD Raja Ahmad Tabib

Setelah kejuaraan ini selesai, nantinya para pemenang pada setiap zona akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan dianggarkan di tahun 2024 sebagai bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam mencari, menghasilkan dan membina para atlet yang berprestasi.

“Dari kompetisi ini nanti kita akan mendapatkan atlet terbaik dari yang terbaik. Sehingga bisa diasah lagi kemampuannya untuk mewakili Kepri pada event olahraga yang lebih besar. Yang terdekat saat ini kita persiapkan untuk Porwil 2023 dan Pra PON 2024 di Pekanbaru,” terang Gubernur Kepri.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari perhatian penuh Pemprov Kepri terhadap kebangkitan olahraga, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menegaskan, akan kembali membangkitan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Kepri yang sempat terhenti pengelolaannya akibat pandemi Covid-19.

“Sebelumnya melalui PPLP Kepri, kita membina atlet dari 4 cabang yaitu sepak bola, takraw, silat dan karate. Setelah Covid-19, kita coba hidupkan lagi PPLP, karena terbukti melahirkan beberap atlet yang dapat berkiprah dan mengukir prestasi tingkat nasional, maupun internasional. Sehingga dapat lahir Ramadhan Sananta berikutnya, yang juga merupakan atlet hasil binaan dari PPLP, tutup Ansar Ahmad Gubernur Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *