banner 728x90
Taufany Muslihuddin pemain depan Timnas Indonesia bersama wasit usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada semifinal SEA Games 2023, Sabtu (13/5/2023). Indonesia menang 3-2 atas Vietnam, dan melaju ke babak final. F- dok/suaraserumpun.com

Taufany Muslihuddin Jadi Pembeda, Timnas Indonesia ke Final SEA Games 2023

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Taufany Muslihuddin jadi pembeda pada pertandingan semifinal SEA Games 2023, antara Timnas Indonesia versus Vietnam, Sabtu (13/5/2023) petang tadi. Meski bermain sepuluh orang, Timnas U-22 Indonesia menang dan melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja.

Bertanding di National Olympic Stadium, Timnas sepak bola pria U-22 Indonesia melawan Vietnam berkedudukan imbang 1-1, pada babak pertama. Indonesia unggul di babak kedua. Namun, pemain belakang Timnas Indonesia melakukan gol bunuh diri (own goal). Skor menjadi imbang 2-2.

Tapi, di masa injury time, Taufany Muslihuddin menjadi pembeda usai mencetak gol lewat tendangan keras dari luar kota penalti, sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-2 untuk Indonesia. Berikut jalannya pertandingan Indonesia vs Vietnam di babak semifinal SEA Games 2023.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi Kepri pada Tahun 2022 Jadi Tertinggi Sejak Tujuh Tahun Terakhir

Pada babak pertama, Timnas Indonesia unggul pada menit ke-10. Lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut dengan sundulan Komang Teguh Trisnanda Putra. Kiper Vietnam, Quan Van Chuan, gagal membendung bola. Indonesia unggul 1-0.

Nguyen Van Tung membawa Vietnam menyamakan kedudukan. Van Tung melakukan sundulan meneruskan umpan silang dari sayap kiri. Bolanya gagal dihalau oleh Ernando.

Keributan terjadi di masa injury time babak pertama. Alfeandra Dewangga dan Vo Minh Trong mendapatkan kartu kuning karena bersitegang. Hingga turun minum kedudukan imbang tidak berubah. Indonesia vs Vietnam sementara 1-1.

Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-53. Lemparan ke dalam Arhan kembali menjadi ancaman, bolanya ditinju kiper Vietnam, Quan Van Chuan. Second ball disambut Marselino Ferdinan, tendangannya dibelokkan Ferrari hingga masuk ke gawang.

Baca Juga :  Reses Zulkifli, Nelayan Mengadukan Soal Kenaikan Harga BBM

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-61. Dia melakukan pelanggaran pada pemain sayap Vietnam, hingga wasit mengganjar dengan kartu merah.

Vietnam mengancam pada menit ke-71. Khuat Van Khang melepas tendangan jarak jauh, arahnya masih melebar dari gawang yang dikawal oleh Ernando Ari.

Indonesia sesekali mengancam gawang Vietnam. Tendangan jarak jauh Taufani Muslihuddin pada menit ke-73 masih melebar.

Kedudukan kembali seimbang pada menit ke-79. Umpan silang Nguyen Ngoc Thang salah diantisipasi oleh Bagas Kaffa hingga masuk ke gawang sendiri. Ernando melakukan penyelamatan pada menit ke-85. Sundulan Van Tung yang ditepis hingga membuahkan tendangan sudut.

Baca Juga :  Amanat Sekdaprov Kepri buat Kinerja PNS untuk Pekan Ini

Indonesia mencetak gol ketiga via tendangan Taufany Muslihuddin pada masa injury time. Dia mengecoh pemain Vietnam untuk mencetak gol kemenangan lewat tendangan kaki kanannya. Taufany Muslihuddin melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke tiang kanan, dan tak mampu ditepis kiper Vietnam. Gol!

Hingga laga selesai tak ada gol tambahan, Indonesia melaju ke final SEA Games 2023, usai menang dengan skor 3-2. Taufany Muslihuddin pun jadi pembeda di laga ini. Di babak final, Indonesia akan menghadapi pemenang antara Thailand vs Myanmar, yang dilansungkan Sabtu (13/5/2023) malam ini. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *