banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan dan rombongan Forkopimda disambut dengan tepuk tepung tawar ketika tiba di Tambelan dengan kapal roro yang dikelola ASDP. F- yen/suaraserumpun.com

ASDP Siap Berkolaborasi dengan Pemkab Bintan untuk Memajukan Pariwisata Bahari di Tambelan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pihak ASDP Tanjung Uban siap berkolaborasi dengan Pemkab Bintan, untuk memajukan sektor pariwisata bahari di Tambelan, satu dari sepuluh kecamatan di wilayah Kabupaten Bintan. ASDP akan mendukung dalam penyediaan akses transportasi laut menuju Tambelan.

Kini, akses transportasi menuju ke Pulau Tambelan terus dibuka. Tujuannya agar seluruh potensi daerah di kecamatan terjauh itu bisa digali secara maksimal. Satu di antaranya potensi pariwisata bahari.

Selama ini, kendala yang dihadapi itu adalah akses transportasi ke pulau itu masih terbatas. Begitu juga dengan akses komunikasi, juga masih jauh dari harapan. Tapi, secara perlahan kendala itu akan dibenahi.

Baca Juga :  AKP Junaidi Menerima Kenaikan Pangkat Pengabdian dari Polri

Usai melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tambelan, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan beberapa terobosan yang akan dilakukan di Tambelan. Satu di antaranya yaitu pengembangan sektor pariwisata bahari di Tambelan.

Pada tahun 2007 silam, pernah ada analisis kajian tentang taman laut di Pulau Tambelan. Bupati Bintan mengatakan, arsip itu akan dibuka kembali untuk dipelajari.

Potensi bahari di Pulau Tambelan, memang cukup luar biasa. Beragam potensi dapat dijual kepada dunia luar seperti wisata bawah air (diving), wisata pemancingan hingga tontonan penyu bertelur langsung dari habitatnya bisa dijual kepada turis mancanegara.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI, Mahasiswi IAIAS Dapat Angpau

“GM ASDP siap supoort (mendukung) untuk melayani rute Tambelan, kalau ada paket wisata di sini. Misalnya pergi hari ini kemudian turis menghabiskan paket liburannya nanti dijemput lagi oleh kapal ASDP,” terang Roby Kurniawan di sela kunjungan kerjanya ke Tambelan, Selasa (2/5/2023).

Selain akses transportasi, Roby Kurniawan sudah memikirkan akomodasi di Pulau Tambelan. Pihaknya akan melakukan pendekatan dengan masyarakat Tambelan untuk menyiapkan penginapan murah, seperti home stay yang memanfaatkan rumah-rumah warga.

Hal ini diyakini sangat disenangi oleh para turis, sebab turis yang akan berkunjung ke Tambelan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat dan belajar budaya masyarakat di Tambelan.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Pemko Tanjungpinang dan KPK Bahas Aset Peninggalan PT Antam

“Bahkan kemarin kita sudah rencanakan iven Sail of Tambelan, karena memang potensi laut disini luar biasa sekali,” ungkapnya.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bintan terus membenahi infrastruktur di Kecamatan Tambelan. Kebijakan dengan mengalokasikan cukup besar anggaran ke Pulau Tambelan dipilih Roby Kurniawan, agar pembangunan yang dilakukannya bisa merata hingga ke daerah terjauh di Kabupaten Bintan.

“Untuk transportasi kapal roro disiapkan ASDP. Ada juga akses bandara Tambelan. Tinggal bagaimana penyediaan penginapan di Tambelan lagi, dalam bentuk penyediaan home stay itu. Kemudian, baru dipromosikan ke turis asing,” ucap Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *