banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad berdoa pada saat membayar zakat melalui Baznas Kepri, Jumat (14/4/2023). F- diskominfo kepri

ASN Pemprov Kepri Diimbau Segera Membayar Zakat

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengimbau seluruh ASN di lingkungan Pemprov Kepri segera membayar zakat. Selain itu, gubernur juga mengimbau kepada Forkopimda serta Direksi BUMD Provinsi Kepri, juga ikut membayarkan zakat melalui Baznas.

Imbauan itu disampaikan Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad ketika menunaikan kewajibannya sebagai muslim dengan membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Dompak Tanjungpinang, Jumat (14/4/2023).

Selain Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dalam kegiatan yang sama, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri dan Forkopimda serta Direksi BUMD Provinsi Kepri juga ikut membayarkan zakat ke Baznas.

Baca Juga :  KPI Daerah Riau Gelar Literasi Media bagi 100 Mahasiswa di Pekanbaru

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyebutkan, kewajiban membayar zakat adalah kewajiban setiap umat Islam karena dalam setiap harta yang diperoleh ada hak yang dimiliki oleh orang lain.

“Dalam usaha kita memenuhi kewajiban kita semua, bahwa harta yang kita miliki harta yang kita dapatkan ada hak-hak yang harus kita keluarkan untuk para penerima zakat para mustahiq yang berhak menerimanya,” kata Gubernur Kepri.

Tidak hanya itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, zakat adalah investasi abadi yang akan menjadi amal jariyah bagi seluruh muslim. Dirinya pun menghimbau seluruh pegawai Pemerintah Provinsi Kepri untuk segera membayar zakat melalui BAZNAS.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Kampanye Zero Carbon dengan Sepeda Motor Listrik pada Hari Pemungutan Suara

“Saya apresiasi BAZNAS cukup proaktif, saya sudah keluarkan surat keputusan ke semua OPD agar setiap bulan bagi ASN diwajibkan mengeluarkan zakatnya dua setengah persen, saya minta OPD kontrol lagi,” ujar Ansar Ahmad.

Ketua Baznas Kepri H Arusman Yusuf menyebutkan, dengan kebijakan yang terus didorong Gubernur Kepri, di tahun 2022 BAZNAS memiliki muzakki yang berzakat sebanyak 1.805 orang di Kepri. Jumlah itu meningkat pesat hingga di tahun 2023 jumlahnya mencapai 2.800 muzakki.

“Ini berkat kesadaran kita sebagai muslim, dan juga dorongan dari kepala daerah yang terus mendukung untuk penyaluran zakat melalui BAZNAS,” kata Arusman Yusuf.

Baca Juga :  Wamen Surya Tjandra Optimis Jembatan Batam-Bintan Jadi Penggerak Ekonomi Kepri

Untuk tahun 2023, dari bulan Januari sampai bulan Maret penerimaan zakat melalui BAZNAS meningkat 128 persen, dari Rp605 juta menjadi Rp1,7 miliar. Zakat yang terhimpun disalurkan BAZNAS untuk pendidikan kepada mahasiswa, siswa sekolah, juga sedang dibangun masjid suku laut di Kabupaten Lingga.

“Tahun ini kita targetkan Rp13 miliar, semoga ini bisa tercapai, kami yakin dengan kesungguhan kita bersama melalui zakat bisa mengentaskan persoalan kemiskinan dan perkembangan sumber daya manusia,” katanya. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *