banner 728x90
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan keterangan pers di sela ground breaking pembangunan dermaga Bakamla RI di Pangkalan Setokok Batam, Kamis (13/4/2023). F- diskominfo kepri

Bakamla RI Pangkalan Setokok Membangun Dermaga untuk Pengamanan Jalur Selat Malaka

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Bakamla RI Pangkalan Setokok membangun dermaga untuk pengamanan jalur Malaka. Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mendampingi Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia memulai pembangunan dermaga Bakamla RI Pangkalan Setokok, dengan ground breaking pekerjaan pemasangan tiang pancang.

Ground breaking sendiri ditandai dengan penekanan sirine bersama oleh Kepala Bakamla RI dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, serta tamu undangan lainnya, di Dermaga Bakamla RI Pangkalan Setokok, Kota Batam, Kamis (13/4/2023).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya menjelaskan, sebagai provinsi kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara luar, ditambah posisinya yang terletak di jalur Selat Malaka, maka sangat tepat jika di wilayah Kepri berdiri pangkalan Bakamla RI.

“Berbicara Kepri, kita bicara bagaimana mengamankan kedaulatan maritim. Dan menjaga perairan Kepulauan Riau dari berbagai bentuk ancaman dan pelanggaran, yang kapan saja selalu mengancam,” ucap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Mempercepat Vaksinasi Gratis, Ada Sembilan Tempatnya

Justru itu, lanjut Gubernur Kepri, perlu untuk terus dilakukan pengoptimalan kolaborasi antarsektor. Baik Bakamla, TNI dan juga Polri, guna terus menjaga kedaulatan maritim dan wilayah perairan Kepulauan Riau.

“Apalagi Bakamla sebagai coast guard-nya Indonesia. Keberadaanya sangat penting, guna menjaga keamanan laut Indonesia. Termasuk Kepri yang berada di jalur Selat Malaka,” jelasnya.

Selanjutnya, ungkap gubernur, berbagai usaha untuk mengganggu kedaulatan negara, harus terus disikapi dengan kerja sama yang makin intens. Baik Pemerintah Provinsi Kepri dengan berbagai lintas sektor yang ada.

“Termasuk menjaga ekonomi berbasis maritim dan kelautan yang potensinya sangat besar di Kepri, agar bisa memberikan kemanfaatan bagi peningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke-74 Kabupaten Bintan, Ansar: Tetap Jadi Kebanggaan bagi Kepri

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang telah membawa Kepri makin baik seperti saat ini.

“Beliau juga bukan orang asing bagi kita, karena memang beliau adalah Warga Kehormatan Bakamla RI,” tegas pria kelahiran Dabo Singkep, Lingga tersebut.

Menurut Laksdya Aan Kurnia, dibangunnya Pangkalan Setokok Bakamla RI tentu dengan maksud untuk mendukung patroli guna penegakan hukum, dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan perairan laut Indonesia.

“Tidak itu saja, pembangunan Bakamla RI di Pangkalan Setokok ini juga wujud dukungan nyata guna mendukung mulai beroperasinya Bakamla RI pada 2024 mendatang di Kepri, untuk menjaga keamanan dan keselamatan laut demi masa depan bangsa,” jelasnya.

Baca Juga :  Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Cen Sui Lan: Mulai Tanamkan Nilai Cinta Tanah Air di Lingkungan Keluarga

Kepala Bakamla RI juga berkomitmen sesuai tugas dan tanggung jawabnya, untuk menegakkan supremasi hukum di laut. Dengan terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai lintas sektor yang ada, tanpa mencampuri tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Istilahnya koordinasi ini akan sangat dikedepankan, terkait penegakan keamanan dilaut agar tidak ada tumpang tindih dengan tugas dan tannggung jawab lintas sektor lainnya,” tutupnya.

Usai dilakukan ground breaking, selanjutnya Kepala Bakamla RI Laksdya Aan Kurnia dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad beserta tamu lainnya melakukan penanaman pohon di kawasan dermaga Bakamla RI Pangkalan Setokok, Kota Batam tersebut. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *