banner 728x90
Alat berat milik kontraktor mengerjakan pembangunan jalan Lintas Barat di wilayah Desa Busung yang rusak akibat bencana alam. Dan diperkirakan perbaikan jalan Lintas Barat ini selesai sebelum lebaran Idulfitri. F- yen/suaraserumpun.com

Roby Kurniawan: Jalan Lintas Barat di Busung Sudah Bisa Dilalui Sebelum Lebaran

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan memberi kabar gembira buat masyarakat Bintan. Serta warga lain yang ingin menggunakan akses jalan Lintas Barat di Desa Busung. Jalan Lintas Barat di Busung yang ambruk pada awal Maret 2023 lalu, diperkirakan sudah bisa dilalui sebelum lebaran Idulfitri 1444 hijriah nanti.

4 Maret 2023 lalu, jalan Lintas Barat di Desa Busung, Km 51 arah Tanjunguban ambruk. Lalu lintas dari Tanjungpinang ke Tanjunguban dan sebaliknya, dialihkan ke rute jalan lama. Jalan Lintas Barat di Desa Busung tak bisa dilintasi untuk kendaraan mobil, kibat gorong-gorong ambruk karena debit air besar saat terjadi bencana.

Baca Juga :  Mobil Dinas? Ansar Ahmad: Saat Ini, Biar Pakai yang Lama

Saat terjadi bencana alam tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan berkoordinasi dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah Kepri. Alhasil, jalan Lintas Barat tersebut langsung dibenahi dan dikerjakan.

Pada saat itu, Pemkab Bintan memutuskan, status bencana tanggap darurat naik menjadi status pemulihan pascabencana. Status pemulihan pascabencana alam ini ditetapkan selama dua bulan, Maret hingga Mei 2023. Dalam kurung waktu dua bulan itu, pemerintah menggesa perbaikan sejumlah lokasi daerah yang terdampak bencana alam.

“Nah, untuk jalan Lintas Barat di wilayah Desa Busung, dari pihak BPJN wilayah Kepri yang memperbaikinya, menyatakan, sebelum lebaran Idulfitri ini, sudah bisa dilalui atau dilintasi mobil. Sekarang, pengerjaan antara 70 sampai 80 persen la,” ungkap Roby Kurniawan Bupati Bintan usai memperingati Nuzulul Quran di Bintan Timur, Jumat (7/4/2023) malam lalu.

Baca Juga :  Ini Jadwal dan Drawing Piala Soeratin U17 2023-2024 Putaran Nasional, Kepri Masuk Grup B

“Itu mereka (BPJN Kepri) sampaikan, pada saat rapat kemarin. Seminggu lagi perbaikan jalan Lintas Barat di Busung itu, mudah-mudahan selesai,” sambung Bupati Bintan menjawab suaraserumpun.com.

Sedangkan untuk jalan di Wacopek, tambah Roby Kurniawan, masih bisa dilintasi. Hanya saja, batu miring atau bagian tepinya perlu diperbaiki oleh pihak provinsi.

“Itu sedang dalam progres pembangunan juga. Sama dengan perbaikan jalan Lintas Barat di wilayah Busung itu,” jelasnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan pembangunan jalan Lintas Barat. F- yen/suaraserumpun.com

Pada kesempatan lain, Kepala BPBD Kabupaten Bintan, Ramlah SSos menyampaikan, saat ini, pemulihan jalan Lintas Barat di Busung pascabencana, sedang dikerjakan. Yaitu, penimbunan badan jalan.

Baca Juga :  Ansar Menyerahkan Bantuan Instalasi Listrik dan CSR untuk Warga Pulau Korek Kampung di Batam

“Ada peninggian badan jalan sekitar 80 sentimeter dibandingkan kondisi awal. Tujuannya, agar tak tergerus hujan deras lagi. Sedangkan untuk pengerjaan cor box culvert, itu sudah selesai. Sekarang tinggal pengaspalan saja. Kita tunggu lah, semoga cepat diselesaikan sebelum lebaran Idulfitri ini,” kata Ramlah. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *