banner 728x90
Kegiatan pengaspalan- jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur, Karimun, Kepri dari aspirasi dan diskresi Cen Sui Lan melalui Kementerian PUPR sudah hampir selesai, Sabtu (1/4/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Lewat Diskresi, Pengaspalan Jalan Menuju Pemakaman Senilai Rp 1,7 Miliar Selesai April Ini

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, mengalokasikan dana aspirasi untuk pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Provinsi Kepri pada tahun anggaran 2023 ini. Cuma dua bulan pengerjaan, lewat aspirasi dan diskresi Cen Sui Lan, pengaspalan jalan menuju pemakaman senilai Rp1,7 miliar itu selesai April 2023 ini.

“Pembangunan dan pengaspalan jalan menuju pemakaman tionghoa di Desa Sawang Selatan ini bertujuan agar akses ziarah kubur atau Cheng Beng bagi warga tiongho pada tahun 2023 ini, bisa berjalan lancar. Sehingga kegiatan prosesi tahunan etnis Tionghoa ini meningkatkan traffic (lalu lintas) warga yang pulang melaksanakan Cheng Beng,” kata Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, Sabtu (1/4/2023) sore.

Baca Juga :  Hasil Musdalub: Aneng Ditetapkan sebagai Ketua DPD Demokrat Kepri

Cen Sui Lan yang juga Dewan Kehormatan PSMTI Prov Kepri ini menjelaskan, aspirasi pembangunan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan ini merupakan usulan dari tokoh Masyarakat Kepri, Datok Amat Tantoso pada tahun 2022 lalu. Warga etnis Tionghoa meminta agar pembangunan jalan menuju pemakaman leluhur tionghoa itu, dimasukan pada Program KOTAKU.

Warga dan pelaksana kegiatan pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa Desa Sawang Selatan memasang baliho Cen Sui Lan. F- yen/suaraserumpun.com

“Tapi karena program itu sekarang menjadi KOTAKU Kawasan, makanya tidak bisa dimasukan. Tapi untuk mengakomodir aspirasi itu, akhirnya pada Februari 2023 lalu, saya menggunakan diskresi bersama Menteri PUPR,” jelas Cen Sui Lan.

Baca Juga :  RSUD Bintan Menyediakan Layanan Mobil Antar Pasien Rawat Inap, Gratis dan 24 Jam Sehari

“Saya sampaikan dalam Raker dengan Pak Basuki Menteri PUPR, ini penting prioritas untuk pengembangan infrastruktur berbasis kebudayaan dan dapat juga meningkatkan perekonomian. Dan kemudian diikuti dengan surat resmi saya sebagai Anggota DPR RI, maka langsung Dirjen Bina Marga merencanakan jalan tersebut. Alhamdulillah jalan tersebut sudah 90 persen siap, dengan anggaran Rp1,7 miliar,” sambung Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri tersebut.

Datok Amat Tantoso tokoh masyarakat Kepri yang juga Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Valas Asing (APVA) Indonesia, mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan yang sangat peduli kemajuan Kepri.

“Ini bukti nyata program beliau untuk masyarakat. Akses jalan langsung selesai dalam 2 bulan, ini luar biasa,” ungkap Datok Amat Tantoso yang juga ikut ziarah Cheng Beng ke pemakaman Sawang Selatan itu.

Baca Juga :  Diduga Bawa Narkotika, Pria dari Johor Malaysia Diamankan di Pelabuhan Internasional Karimun

“Ini saya lagi di lokasi Jalan yang lagi dibangun, pokoknya kami masyarakat Karimun berterima kasih kepada Bu Cen Sui Lan,” tambahnya.

Alat berat milik kontraktor mengerjakan kegiatan pengaspalan jalan menuju pemakaman Tionghoa di Desa Sawang Selatan, Kundur, Karimun, Kepri dari aspirasi Cen Sui San. F-yen/suaraserumpun.com

Jalan menuju pemakaman Tionghoa ini dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan Nasiona (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Stanley selaku Kepala BPJN Kepri dalam laporannya kepada Cen Sui Lan menjelaskan, pembangunan jalan ini diselesaikan 100 persen pada awal April 2023 ini.

“Jalan dibangun dengan aspal hotmix ketebalan 15 sentimeter,” sebutnya. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *