banner 728x90
Pramugari Lion Air Group mengecek kondisi fasilitas pesawat setiap ingin melakukan penerbangan. F- lion air group

Jelang Idulfitri, Pemeriksaan Pesawat Lion Air Group di KEK BAT Semakin Intens

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Pemeriksaan atau pengecekan pesawat Lion Air Group di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic (BAT) semakin intens, menjelang lebaran Idulfitri 1444 hijriah. Pemeriksaan pesawat ini dilakukan teknisi terlatih dan berpengalaman dari Batam Aero Technic (BAT), guna memastikan keandalan pesawat dan mencegah terjadinya kerusakan atau kegagalan selama penerbangan.

Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air Group mengatakan, perawatan pesawat berjadwal dan tidak berjadwal, sama-sama penting untuk menjaga kinerja optimal pesawat dan keselamatan penerbangan. Pemeriksaan pesawat ini dilakukan oleh teknisi terlatih dan berpengalaman dari Batam Aero Technic (BAT). Guna memastikan keandalan pesawat dan mencegah terjadinya kerusakan atau kegagalan selama penerbangan. Serta membantu maskapai dalam menghindari keterlambatan atau pembatalan penerbangan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan penumpang.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menutup Gubernur Cup Zona Natuna

Bagi Lion Air Group, menjaga keselamatan penerbangan, perawatan pesawat udara adalah aspek yang sangat utama. Perawatan pesawat udara dilakukan guna memastikan bahwa pesawat dalam kondisi yang baik dan aman dioperasikan selama penerbangan. Perawatan ini mencakup pemeriksaan rutin, perbaikan dan penggantian bagian pesawat yang sudah memasuki jadwal.

Dalam persiapan musim ramai Lebaran, perawatan pesawat udara menjadi semakin penting karena Lion Air Group harus memastikan bahwa pesawat siap digunakan berdasarkan kapasitas lebih besar dari biasanya. Perawatan pesawat jenis Airbus 330-300, Airbus 330-900NEO, Airbus 320-200, Airbus 320-200NEO, ATR 72-500, ATR 72-600, Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Boeing 737-9 dan lainnya dilakukan menjaga kinerja optimal pesawat. Perawatan pesawat dapat dibagi menjadi dua kategori.

Baca Juga :  Oknum ASN 'Calo' Penerimaan Taruna IPDN Dituntut 3 Tahun Penjara

Perawatan Pesawat Berjadwal, yaitu dilakukan menurut jadwal yang telah ditentukan oleh maskapai sesuai referensi dan petunjuk dari pabrikan pesawat serta otoritas penerbangan. Meliputi pemeriksaan rutin, penggantian komponen yang telah habis masa pakainya dan perbaikan kecil. Jenis perawatan pesawat berjadwal seperti inspeksi sertifikasi, pemeriksaan dijalankan pada pesawat sesuai sertifikat kelaikan terbang. dan inspeksi berkala yang dilakukan setiap jumlah jam terbang atau jumlah siklus penerbangan tertentu. Pemeriksaan rutin yang dilaksanakan pada interval waktu tertentu.

Perawatan Pesawat Tidak Berjadwal, yaitu dijalankan pada pesawat atau komponen pesawat sebelum dan setelah penerbangan, termasuk perbaikan atau penggantian komponen yang membutuhkan waktu tertentu. Jenis perawatan pesawat tidak berjadwal antara lain, perbaikan berat atau penggantian komponen besar seperti mesin dan struktur pesawat yang lain. Perbaikan setelah ada inspeksi dan identifikasi berkala (ramp check).

Teknisi KEK Batam Aero Technic (BAT) melakukan pemeriksaan pesawat Lion Air Group semakin intens, menjelang Idulfitri 1444 hijriah. F- lion air group

“Periode jangka panjang, dengan melakukan perawatan secara teratur. Agar Lion Air Group dapat beroperasi memberikan layanan penerbangan secara tepat. Menjelang lebaran Idulfitri 1444 hijriah ini, kita menambah frekuensi pemeriksaan pesawat Lion Air Group di KEK Batam Aero Technic (BAT),” ujar Danang melalui keterangan resmi yang diterima redaksi suaraserumpun.com, Kamis (30/3/2023). (yen)

Baca Juga :  Vaksinasi hingga ke One Mall Batam Centre, Ansar Ahmad: Masyarakat dan Apindo Kepri Hebat

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *