banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan memukul gong pada saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2024 di Hotel Bhadra & Convention, Senin (20/3/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan Memproyeksikan Pendapatan Daerah Rp1,082 Triliun di 2024, Berikut Fokus Pembangunannya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Selasa (20/3/2023). Dalam Musrenbang 2024 ini, Pemkab Bintan memproyeksikan pendapatan daerah pada APBD tahun anggaran 2024 mendatang mencapai Rp1,082 triliun. Berikut fokus pembangunan tahun 2024 di Kabupaten Bintan.

proyeksi pendapatan daerah tahun anggaran 2024 tersebut, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diestimasikan mencapai Rp277,17 miliar. Pendapatan transfer pemerintah pusat atau dana perimbangan sekitar Rp742,114 miliar. Pendapatan transfer antardaerah sebesar Rp60,377 miliar. Dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sekitar Rp3,171 miliar.

Baca Juga :  Munas ASITA di Batam, Gubernur Kepri Ingin Ada Terobosan Baru Memajukan Pariwisata Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, isu strategis pembangunan Kabupaten Bintan pada tahun anggaran 2024 mendatang, antara lain mengoptimalkan kinerja penanggulangan kemiskinan. Keberlanjutan recovery atau pemulihan infrastruktur pascabencana banjir pada tahun 2022-2023.

Selain itu, program pembangunan juga ditujukan kepada pemulihan ekonomi daerah melalui peningkatan produksi perikanan laut. Serta mengakomodir usulan pembangunan yang diajukan pemerintah desa dan kelurahan melalui pemerintah kecamatan. Termasuk usulan masyarakat melalui aspirasi dari DPRD Kabupaten Bintan.

“Fokus kita nanti, tentu kepada perbaikan infrastruktur pascabencana, dan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Maka itu, kita harus cermat, berpikir dalam penyusunan anggaran tahun 2024. Mudah-mudahan itu tercapai lebih cepat,” harap Roby Kurniawan pada saat Musrenbang RKPD ini.

Baca Juga :  Akok Tauke Ikan di Kawal Ditetapkan sebagai Tersangka Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Bupati Bintan mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama menjadikan Bintan Rumah Kita yang berkeadilan, berdaya saing, berinovatif menuju masyarakat yang sejahtera.

“Program yang disusun sekarang, harus memberikan indikator capaian kinerja, sesuai visi misi kepala daerah,” harap Roby Kurniawan.

Pada kesempatan lain, Wakil Ketua DPRD Bintan Fiven Sumanti menerangkan, anggota DPRD Kabupaten telah melaksanakan reses di akhir tahun 2022 lalu. Kemudian, reses dilaksanakan pada awal tahun 2023 lalu.

“Aspirasi yang kami tampung dalam reses itu, kami tuangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Bintan. Pokok-pokok pikiran itu, sudah kami serahkan kepada Pemkab Bintan. Semoga itu menjadi pertimbangan dalam menyusun program pembangunan dalam Musrenbang ini,” harap Fiven Sumanti.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Diganjar Indonesia Awards 2023 Kategori Excellent Award for Strategic Initiative

Musrenbang RKPD tahun 2024 Kabupaten Bintan ini dihadiri Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri Misni, Kepala Bapelitbang Kabupaten Bintan Supriyono, pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bintan, Sekda Bintan Ronny Kartika, pimpinan Forkopimda, kepala OPD, pemerintah kecamatan, lurah, kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *