banner 728x90
Penghargaan yang diterima Disbudpar Kota Tanjungpinang untuk menjadikan Pulau Penyengat sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI. F- disbudpar tanjungpinang

Pulau Penyengat Jadi Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI, Terima ADWI 2023

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pulau Penyengat menjadi Desa Wisata Binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, setelah mendaftarkan Pulau Penyengat dalam penyelenggaraan ADWI 2023 untuk penilaian Desa Wisata Terbaik di Indonesia.

“Tahun ini, kita daftarkan Penyengat ikut ADWI. Alhamdulillah lolos pendaftaran. Selanjutnya akan menjalani proses penilaian oleh kemenparekraf,” kata Muhammad Nazri, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga :  Tinjau Proyek di Tambelan, Roby Kurniawan: Yang Tersisa Segera Dilanjutkan

Nazri menuturkan, ada lima kriteria penilaian yang harus dipenuhi Penyengat agar terpilih menjadi Desa Wisata terbaik di Indonesia. Yaitu harus memiliki keunikan dan keaslian daya tarik wisata berupa alam dan buatan, serta seni dan budaya.

Selanjutnya, dilihat dari suvenir yang dijual, harus bisa menggali kreativitas dan hasil karya di desa wisata berupa kuliner, fesyen, dan kriya berbasis kearifan lokal.

Ada pula penilaian homestay dan toilet, digital dan kreatif, serta kelembagaan desa wisata dan CHSE (cleanliness, health, safety, environment sustainability).

Baca Juga :  18 Produk Anak Negeri Diperlombakan di Inovasi TTG Kepri

“Penilaian diperkirakan mulai Juni mendatang. Untuk persiapan sudah kita lakukan sejak jauh hari, baik objek wisata, ekonomi kreatif, dan kelembagaannya,” ujar dia.

Untuk peserta ADWI yang dinyatakan lolos pendaftaran dan akan mengikuti proses penilaian mendapatkan apresiasi sebagai desa wisata binaan kemenparekraf.

Alhamdulillah, lanjut Nazri, 31 Januari lalu, pulau Penyengat mendapat piagam penghargaan sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, dengan tema Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional, yang ditandatangani langsung oleh Menteri Sandiaga Salahudin Uno.

Baca Juga :  Hampir 60 Persen, Polisi Menangani Kasus Narkoba

Untuk itu, dirinya berharap dukungan masyarakat Penyengat, pengelola dan penggiat pariwisata untuk bersama-sama berinovasi serta berbenah agar bisa meraih hasil optimal dalam penilaian ADWI 2023.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat. Kita berharap, Penyengat memperoleh hasil penilaian yang memuaskan dan menoreh prestasi sebagai Desa Wisata Indonesia terbaik 2023,” ucap Nazri. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *