banner 728x90
Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM memimpin rapat koordinasi- pengembangan Kota Layak Anak di Kota Tanjungpinang dengan stakeholder terkait, Kamis (16/3/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Evaluasi Pengembangan Kota Layak Anak, Rahma Ingin Meraih Predikat Nindya

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM memimpin rapat koordinasi evaluasi program pengembangan Kota Layak Anak tahun 2022, sekaligus persiapan menuju penilaian Kota Layak Anak tahun 2023, Kamis (16/3/2023). Dalam rapat koordinasi ini, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma ingin meraih predikat Nindya pada penilaian Kota Layak Anak tahun 2023 ini.

Rapat koordinasi tersebut dilakukan bersama perangkat daerah dan tim gugus tugas pengembangan Kota Layak Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang. Pertemuan ini merupakan evaluasi pengembangan Kota Layak Anak Kota Tanjungpinang tahun 2022. Sebagai persiapan penilaian penghargaan Kota Layak Anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2023. Rapat koordinasi ini dilaksanakan di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Baca Juga :  Tri Suaka dan Nabila 'Menghadiahkan' Aku Bukan Jodohnya buat Ribuan Kaum Milenial

Rustam SKM MSi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang menjelaskan, Kota Layak Anak adalah kabupaten atau kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

“Untuk mendapat predikat Kota Layak Anak, harus memenuhi indikator Kota Layak Anak yang terbagi menjadi 5 kluster. Yaitu kluster 1 hak sipil kebebasan, kluster 2 lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kluster 3 kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster 4 pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, kluster 5 perlindungan khusus,” terang Rustam.

Baca Juga :  Ansar Jadi Khatib Sholat Idul Adha 1444 H di Lapangan Pamedan Tanjungpinang

Sebelumnya, Pemko Tanjungpinang telah berhasil meraih Penghargaan KLA Predikat Madya tingkat nasional empat kali berturut-turut sejak tahun 2018.

Terkait hal itu, Hj Rahma mengapresiasi atas usaha dan kerja keras seluruh stakeholder yang terlibat, untuk terus meningkatkan prestasi Pemko Tanjungpinang sebagai Kota Layak Anak, guna meraih predikat Nindya.

“Ini merupakan kerja keras kita semua. Adanya hari ini, predikat madya tentu ini pertanda kita masih perlu maksimalkan lagi. Untuk memaksimalkannya tentu merupakan bagian dari tanggung jawab kita semua,” ucap Rahma.

Rahma menambahkan, untuk mewujudkan peningkatan Kota Layak Anak, diperlukan sinergitas dan kerja sama antara semua pihak.

Baca Juga :  Kepri Jadi Tuan Rumah Munas ASITA dan Rakernas PHRI 2024, Cek Tempat dan Jadwalnya

“Kepada OPD yang terlibat, bersama instansi vertikal, lembaga kesehatan, lembaga pendidikan, juga forum anak untuk dapat memenuhi indikator sesuai kluster berdasarkan target, dan mempersiapkan segala materi dan kebutuhan untuk setiap kluster yang ditetapkan,” pesan Rahma.

Wali kota berharap, pemerintah kota terus mewujudkan Kota Layak Anak dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Tanjungpinang.

“Saya mencoba melakukan yang terbaik bagi masyarakat Tanjungpinang untuk menjemput Kota Layak Anak. Bagi saya, satu perhatian tak mesti dinilai dari angka besar, tapi kepedulian yang nyata,” tuturnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *