banner 728x90
Drs Riono MSi Kepala DLH Kota Tanjungpinang menjelaskan tentang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). F- diskominfo tanjungpinang

HPSN 2023, DLH Kota Tanjungpinang Mencanangkan Gerakan Diet Kantong Plastik

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang akan melaksanakan gotong royong massal di seluruh wilayah Kota Tanjungpinang, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, Sabtu (25/2/2023) besok. Pada peringatan HPSN 2023 ini, DLH Kota Tanjungpinang mencanangkan Gerakan Diet Kantong Plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tanjungpinang Drs Riono MSi menyampaikan, gotong royong massal pada peringatan HPSN 2023 di wilayah Kota Tanjungpinang, dilaksanakan secara serentak di setiap wilayah kelurahan.

Setiaap lurah mengkoordinir pelaksanaan gotong royong di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :  Hj Rohani Dilantik sebagai BPC KKSS Kundur, Simak Pesan Ansar Ahmad

“Sedangkan kegiatan pencanangan Gerakan Diet Kantong Plastik, yang diikuti dengan pengumuman lomba bank sampah dipusatkan di Kantor Kecamatan Bukit Bestari,” ujar Riono, Jumat (24/2/2023).

Dengan mengusung tema peringatan HPSN 2023 Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat, lanjut Riono, diharapkan pengelolaan sampah sekaligus mampu menghasilkan pendapatan masyarakat. Kegiatan pengelolaan sampah berbasis masyarakat seperti ini, telah dilaksanakan di beberapa bank sampah. Oleh sebab itu, bank sampah yang dinilai berhasil memberdayakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat, akan diberi penghargaan oleh pemerintah kota.

Baca Juga :  Belanja Bintan Mencapai Rp1,233 Triliun, Agus Wibowo: Realisasi dari Reses Ada di Pokir

Pemilihan lokasi pencanangan peringatan HPSN 2023 di Kecamatan Bukit Bestari, menurut Riono, didasarkan pada pertimbangan banyaknya sampah-sampah bangunan di sepanjang jalan menuju kantor camat yang ditinggal begitu saja oleh masyarakat.

“Melalui kerja sama dengan Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, pada kegiatan gotong royong massal, Sabtu (25/2) besok, sampah-sampah tersebut akan dibuang dengan menggunakan alat berat,” sebut Riono.

Selain melaksanakan gotong royong massal, DLH Kota Tanjungpinang juga mencanangkan Gerakan Diet Kantong Plastik. Gerakan ini diharapkan mampu menekan penggunaan kantong plastik. Sehingga potensi sampah plastik dapat dikurangi. Sebab, sampah plastik sangat sukar diurai. Bahkan beberapa jenis plastik, baru bisa terurai setelah ratusan tahun.

Baca Juga :  Festival Pacu Jalur 2022: Ini Daftar 12 Peserta yang Melaju ke Final

“Melalui Gerakan Diet Kantong Plastik, penggunaan plastik dalam kebutuhan sehari-hari dapat dikurangi. Contohnya, jika berbelanja kebutuhan dapat mempergunakan kantong atau tas belanjaan yang sama. Tidak melulu mempergunakan kantong plastik yang ujung-ujungnya menjadi sampah,” kata Riono. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *