banner 728x90
Misni Plt Kepala Dinas PMD Dukcapil Kepri bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran Pemkab Bintan mengecek lokasi peringatan Hari BUMDes nasional tahun 2023 di Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.cm

Peringatan Hari BUMDes Nasional 2023 di Bintan Dihibur Artis

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan telah mempersiapkan sebagai tuan rumah peringatan Hari BUMDes tingkat nasional tahun 2023. Pada peringatan Hari BUMDes Nasional 2023 nanti, bakal ada hiburan sejumlah artis papan atas, Kamis (2/2/2023) malam.

Awalnya, Pemprov Kepri akan mengundang grup Band Wali. Namun, rencana tersebut belum bisa diwujudkan. Direncanakan, artis yang bakal tampil dalam agenda hiburan peringatan Hari BUMDes 2023 di eksgedung MTQ Kabupaten Bintan di Teluk Bakau itu antara lain Kiki Lida, Trisuaka dan Nabila.

Provinsi Kepulauan Riau mendapat kehormatan ditunjuk oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai tuan rumah Peringatan Hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Nasional yang pertama, pada tanggal 1 sampai dengan 2 Februari 2023 pekan depan.

Plt Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri, Misni mengatakan, untuk peringatan Hari BUMDes yang pertama kali ini, Kepri yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaannya, tepatnya di Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Kepri Terbaik Penanganan Covid-19 di Sumatera, Ansar Ahmad Terima Penghargaan dari Presiden RI Jokowi

“Jadi Kepri berkesempatan menjadi tuan rumah untuk tahun ini. Dan mulai tahun depan akan dilaksanakan bergiliran se-Indonesia,” ujar Misni, Sabtu (28/1/2023).

Memang peringatan hari BUMDes baru akan dilaksanakan pertama kalinya ditahun 2023 ini sesuai dengan Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 yang menetapkan hari BUMDes jatuh ditanggal 2 Februari setiap tahunnya.

Menurut Misni, pertimbangan Kemendes PDTT dalam menunjuk Kepri sebagai tuan rumah adalah karena Provinsi Kepri memiliki potensi yang sangat mendukung, seperti berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

“Maka ini memberikan kesempatan untuk pemasaran terkait dengan hasil-hasil desa melalui BUMDes. Dan dengan status Kepri yang menjadi salah satu daerah destinasi wisata mancanegara utama, maka ini diharapkan Kemendes PDTT dapat menjadi jembatan promosi bagi produk-produk desa,” papar Misni.

Baca Juga :  Sudah Dua DPO yang Menyerahkan Diri ke Kejari Bintan

Acara direncanakan akan dihelat selama 3 hari, yakni mulai tanggal 1 hingga 3 Februari 2023. Misni juga mengkonfirmasi, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar akan hadir langsung. Kemudian Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga direncanakan turut hadir.

Misni menambahkan, acara akan dibuka, Rabu (1/2/2023) dengan Sarasehan atau Simposium yang akan dihadiri lebih kurang 1.000 orang. Sedangkan Peserta yang mendaftar hingga, Jumat (27/1/2023), melalui link Kemendes PDTT sudah sebanyak lebih dari 400.

“Peserta nantinya terdiri dari Dinas PMD Provinsi se-Indonesia, Dinas PMD kabupaten/kota se-Indonesia, pendamping desa, perwakilan BUMDes dan Kepala Daerah yang meraih penghargaan,” kata Misni.

Baca Juga :  Info Sementara BPBD Bintan, Ini Lokasi dan Data Warga Terdampak Bencana Alam Akibat Hujan Deras

Agenda lainnya yang akan digelar pada tanggal 1 Februari antara lain penyerahan NIB, penyerahan penghargaan program CSR, dan pembukaan bazar serta pasar murah.

Sedangkan hari kedua di tanggal 2 Februari akan diawali dengan senam dan jalan sehat. Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Hari Padat Karya Tunai Desa. Malam puncak peringatan Hari BUMDes 2023 yang akan diisi dengan penyerahan penghargaan BUM Desa inspiratif, Duta BUMDes, dan penyusunan profil BUMDes.

Ada pula penghargaan kepada Pimpinan Daerah dengan kategori Kerja Keras Mendorong Pembentukan BUMDes bersama eks UPK PNPM-MPd, Upaya pembentukan BUMDes bersama eks UPK PNPM-MPd 100 persen dan Komitmen kebijakan penguatan BUMDes.

Sedangkan hari terakhir di tanggal 3 Februari akan diisi dengan penutup bazar yang akan diisi dengan pengumuman hasil lomba bazar dan penyerahan hadiah. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *