Beranda All News Mulai Hari Ini, Lion Air Buka Rute Penerbangan Ibadah Umrah dari Bandara...

Mulai Hari Ini, Lion Air Buka Rute Penerbangan Ibadah Umrah dari Bandara Hang Nadim Batam

0
Pramugari Lion Air Group siap menyambut kedatangan penumpang yang melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah melalui rute Madinah dan Jeddah. F- lion air group

Batam, suaraserumpun.com – Lion Air Group membuka rute penerbangan untuk ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, dari Bandara Hang Nadim Batam mulai, Senin (16/1/2023) hari ini. Berikut waktu penerbangan umrah program 13 hari dari Batam menuju Madinah.

Peminat untuk menjalankan ibadah umrah dari masyarakat Indonesia menunjukkan peningkatan positif. Untuk masa mendatang, pasar wisata religi dan ibadah optimis terus tumbuh. Berdasarkan data awal musim umrah pada 1 Muharram 1444 Hijriah (30 Juli-4 Oktober 2022), tercatat 1.267.490 jemaah dari berbagai negara.

Periode tersebut, jemaah asal Indonesia 317.200, Pakistan dengan 195.224, India berada urutan ketiga yaitu 133.517 dan 86.803 jemaah dari Irak. Ihram Republika dan Saudi Gazette menyebutkan 880.929 jemaah menggunakan transportasi udara (penerbangan).

Dalam upaya mendukung ekosistem penyelenggaraan umrah dari Indonesia, Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group dijadwalkan mulai hari Senin tanggal 16 Januari 2023 ini, melayani penerbangan umrah program 13 hari, dari bandar udara internasional Hang Nadim, Batam, Provinis Kepulauan Riau (Kepri) tujuan Madinah-Bandar Udara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED). Dan tujuan Jeddah-Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED).

Baca Juga :  Rumah Warga Dihantam Puting Beliung, Bhabinkamtibmas Polsek Bintan Utara Langsung Turun Tangan

Penerbangan umrah khusus dari Batam akan memberikan manfaat kemudahan perjalanan udara bagi masyarakat yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Baik dari Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga. Maupun dari Provinsi Jambi serta wilayah lain di sekitar Provinsi Kepulauan Riau.

Berikut jadwal dan rute penerbangan ibadah umrah program 13 hari dari Batam, Kepulauan Riau:

Rute Batam (BTH) menuju Madinah (MED), nomor penerbangan JT-070, jadwal berangkat 10.30 WIB, jadwal tiba 19.35 WIB.

Rute Jeddah (JED) menuju Batam (BTH), nomor penerbangan JT-071, jadwal berangkat 18.30 WIB, jadwal tiba 09.45 WIB.

Lion Air mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan dukungan dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, mitra perjalanan udara (tour and travel umrah), pihak terkait lainnya seperti otoritas bandar udara, kantor kesehatan pelabuhan, imigrasi, BMKG serta lembaga berwenang yang lain.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan Memperkenalkan Pahlawan Nasional kepada Anak Pulau

Termasuk untuk kru pesawat, dan seluruh karyawan, semoga penyelenggaraan umrah berjalan lancar. Lion Air mengapresiasi bentuk kerjasama, sehingga memberikan nilai lebih kepada jamaah umrah dalam mempermudah perjalanan udara dari dan menuju Arab Saudi.

Penerbangan langsung umrah dari Batam menjadi embarkasi baru setelah Jakarta Soekarno-Hatta (CGK), Surabaya bandara Juanda Jawa Timur (SUB), Medan Kualanamu Sumatera Utara, Makassar Sultan Hasanuddin Sulawesi Selatan (UPG), Kertajati Majalengka Jawa Barat (KJT), Padang Minangkabau Sumatera Barat (PDG), dan Banda Aceh Aceh (BTJ).

Lion Air terus berupaya meningkatkan kualitas penyelenggaran ibadah haji dan umrah. Seluruh pelaksanaan penerbangan sesuai standar operasional prosedur yang mengutamakan faktor keselamtan, keamanan, kenyamanan serta memenuhi aspek protokol kesehatan.

Rute Batam ke Medinah dan Jeddah ke Batam dioperasikan Boeing 737. Pesawat ini berkapasitas 215 kursi kelas ekonomi mempunyai tata letak kursi (konfigurasi) 3-3 lorong tunggal (single aisle). Setiap tamu (jemaah umrah) dapat merasakan terbang nyaman karena setiap kursi berlapis kulit, sangat ergonomis dan dilengkapi sandaran kepala (head rest), dengan jarak antarkursi (seat pitch) tergolong lega.

Baca Juga :  Jaksa Agung Batal Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Kejari Bintan

Ruang penyimpanan barang di dalam kabin atau di atas kursi (overhead) atau kompartemen, memiliki ukuran lebih besar. Keuntungannya dapat mengakomodir barang bawaan sesuai dengan ketentuan yang boleh dibawa dan memudahkan penyusunan.

Lion Air menjalankan ketentuan operasional menurut masing-masing negara serta aturan internasional. Penerbangan tujuan Jeddah dan Madinah ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA). Termasuk audit keselamatan serta keamanan dari Federal Aviation Administration (Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat) dan European Aviation Safety Agency (EASA) sebagai Badan Keselamatan Penerbangan Eropa.

“Selamat menikmati perjalanan Anda dalam menunaikan ibadah umrah, dari Batam ke Tanah Suci Mekkah, mulai Senin (16/1/2023) hari ini,” sebut Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air, melalui keterangan resmi yang diterima redaksi suaraserumpun.com, Senin (16/1/2023). (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here