Beranda All News Wisata Favorit di Bintan, Ini Foto Fauna Langka di Taman Safari Lagoi

Wisata Favorit di Bintan, Ini Foto Fauna Langka di Taman Safari Lagoi

0
Harimau (tiger) Sumatera fauna langka di dalam area konservasi Taman Safari Lagoi, kawasan Bintan Resorts, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Bagi yang bingung atau belum punya rencana liburan, ada baiknya mengunjungi tempat wisata favorit di Kabupaten Bintan, yang satu ini. Yaitu Taman Safari Lagoi di kawasan Bintan Resorts, Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Lihat beberapa foto fauna langka di Taman Safari Lagoi berikut ini.

Mumpung masih dalam suasana liburan sekolah, sekaligus menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru), bikin suasana keluarga Anda lebih indah. Caranya, dengan mengunjungi Taman Safari Lagoi dan beberapa objek wisata di kawasan Bintan Resorts. Kawasan wisata favorit yang satu ini, menyuguhkan pelbagai jenis hewan (fauna) yang sudah langka. Serta suasana pesona alam nan alami.

Untuk sampai di kawasan ini, Anda bersama keluarga tak perlu risau. Bisa melalui dari Kota Tanjungpinang, atau dari pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban, Bintan Utara. Itu bagi yang berada di luar Pulau Bintan, atau dari luar daerah Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan bagi warga Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, tentu sudah tahu dengan kawasan pariwisata internasional Lagoi, Kabupaten Bintan.

Nah, jika dari Kota Tanjungpinang, untuk tiba di kawasan Lagoi, tidak menghabiskan waktu yang lama. Karena, untuk tiba di Lagoi, akses transportasi dengan melintasi jalan Lintas Barat, jarak tempuh cuma sekitar 40 kilometer. Waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit sampai 45 menit, Anda sudah tiba di pos pintu masuk kawasan wisata Lagoi. Hanya membayar Rp5 ribu, kendaraan roda empat (mobil) sudah bisa meluncur ke dalam kawasan.

Dari pos pertama ini, hanya sekitar 5 kilometer, Anda sudah tiba di pintu masuk Taman Safari Lagoi. Letaknya di sebelah kiri, dari jalan utama. Di pintu masuk konter ini, pengunjung mesti membayar karcis. Jangan salah lho, uang masuk ini cuma pengganti pakan dan perawatan fauna di dalam kawasan taman safari tersebut. Termasuk parkir kendaraan dan sumbangan untuk upah pekerja di kawasan tersebut.

Justru itu, harga karcis masuk ke Taman Safari Lagoi ini sangat terjangkau. Bahkan, jika dibandingkan dengan kepuasaan kita melihat fauna langka yang ada di dalam kawasan Taman Safari Lagoi ini, uang karcis masuk itu tak seberapa nilainnya.

Lupakan soal uang masuk itu. Kini, saatnya Anda bersama keluarga menikmati pesona Taman Safari Lagoi. Di dalam kawasan Taman Safari Lagoi ini, Anda mesti masuk dari lobby, setelah memarkir kendaraan. Di lobby, Anda bisa membeli pakan fauna. Tidak diwajibkan. Bagi yang pengin saja.

Kura-kura fauna langka di Taman Safari Lagoi kawasan Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Kura-kura dan Burung Unta
Saat keluar dari lobby, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama aneka bunga, dengan kawasan perbukitan nan indah. Di samping taman bunga ini, ada tempat penangkaran kelinci dan ayam langka yang berukuran kecil (kate). Selain itu, ada kura-kura (turtle) jenis langka yang sudah berusia puluhan tahun. Kuda pun ada.

Baca Juga :  Bupati Bintan Mewanti-wanti Pengamanan Nataru dan Harga Bahan Pangan

Ketika pengunjung menuruni perbukitan bunga ini, akan bertemu dengan burung unta (ostrich) dengan tinggi badan sekitar 1,5 meter. Di dalam kandang ini, ada 2 ekor burung unta berukuran raksasa. Ketika Anda berada di pinggir kandang burung unta ini, tak perlu khawatir. Burung unta tersebut tak bisa menjangkau, karena kandangnya dipagar khusus.

Burung Unta (ostrich) di Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Setelah kagum melihat fauna langka burung unta (ostrich) ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan penangkaran pelbagai jenis burung yang langka. Mulai dari jenis kaka tua, elang, kasuari, merak, gagak dan banyak jenis burung lainnya yang dirawat dalam kawasan konservasi Taman Safari Lagoi ini.

Komodo
Jangan puas dulu bermain di kawasan pelbagai jenis burung langka tersebut. Tak jauh dari penangkaran burung tersebut, ada tempat khusus untuk komodo. Anda pasti tahu, komodo merupakan satwa langka yang berasal dari Indonesia. Hewan ini pula yang menjadikan Pulau Komodo telah masuk dalam daftar 7 keajaiban di dunia.

Pengunjung berpose di kawasan penangkaran komodo di Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Di Taman Safari Lagoi ini, ada seekor komodo yang dipelihara dalam kawasan konservasi. Ukurannya membikin pengunjung sedikit takjub. Meski umurnya belum masuk kelompok dewasa, tapi sudah membikin pengunjung melihat langsung seperti apa bentuk asli dari seekor fauna langka yang bernama komodo itu.

Tak perlu ke nusa tenggara, Anda bisa bertemu langsung dengan komodo di Taman Safari Lagoi, Bintan. Hanya saja, Anda tak dibenarkan berpose langsung dengan komodo ini. Bagi yang ingin mengabadikannya, cukup berpose di replika komodo raksasa.

Gajah
Ketika orang bicara gajah, yang terbersit di benak Anda, tentu satwa atau fauna langka yang berukuran besar. Hewan besar yang memiliki telinga lebar dan belalai yang panjang. Di Taman Safari Lagoi, juga ada gajah. Tak hanya di Thailand yang ada sirkus gajah. Di Taman Safari Lagoi, juga ada penampilan atraksi gajah.

Pengunjung bermain di penangkaran gajah fauna langka di kawasan konservasi Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Bahkan, pengunjung boleh naik ke punggung gajah, sambil menikmati perjalanan di kawasan konservasi itu. Memberi pakan (makanan) untuk gajah, juga menjadi momen yang bisa dinikmati keluarga Anda. Beberapa ekor gajah ini diawasi oleh beberapa orang pawang gajah. Jadi, tak perlu cemas bermain dengan si hewan berbadan besar yang memiliki belalai panjang di Taman Safari Lagoi ini.

Orang Utan
Di bawah tempat penangkaran gajah, ada kawasan lembah. Di lembah ini ada beberapa pula dan danau. Airnya sungainya mengalir dan jernih. Di setiap pula ada penghuninya, yang disediakan tempat tinggal. Di pulau ini hidup beberapa ekor hewan orang utan, yaitu jenis kera berukuran besar dan kuat. Hewan kera ini tentu lebih cerdas dibandingkan monyet atau jenis kera lainnya.

Orang utan di Taman Safari Lagoi kawasan Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Saat ini, orang utan asal Sumatera dan Kalimantan itu menjadi fauna yang langka dan dilindungi. Wajahnya yang mirip seperti manusia, dan berbulu merah kecokelat-cokelatan lebih senang memakan buah-buahan. Bagi yang membawa buah-buahan, tak ada salahnya berbagi dengan orang utan ini.

Orang utan di kawasan Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Di sekitar pulau tersebut, juga terdapat siamang (gibbon) yang hobi lompat sana lompa sini. Siamang merupakan fauna jenis kera yang cukup langka di masa sekarang. Panorama di sini cukup menarik dan memesona. Karena, di antara pulau yang dihuni orang utan dan siamang serta beberapa kenis kera (monyet) lainnya tersebut, ada angsa dan bebek atau itik.

Baca Juga :  ASN Pemprov Diprioritaskan untuk Mendapatkan Rumah dari KPR Tapera

Harimau
Setelah melihat orang utan, Anda jangan puas dulu untuk mengetahui fauna langka di Taman Safari Lagoi ini. Sebab, di kawasan ini ada bangunan kokoh, besar, tinggi, rapat dan dipagar besi runcing di bagian atasnya. Bangunan ini, merupakan tempat penangkaran si raja rimba. Ada dua ekor harimau (tiger) yang hidup di dalam bangunan tersebut.

Harimau sumatera di kawasan konservasi Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Di dalam bangunan itu, dua ekor harimau ini disediakan kandang khususnya. Selain itu, ada bangunan tempat bermain, serta kolam tempat mereka berenang dan minum. Bobot harimau dewasa ini, diperkirakan hampir 150 kilogram. Ukuran panjang harimau sumatera ini sudah mencapai 2,5 meter.

Badan harimau yang kekar ini terlihat indah, meski berotot kuat. Dadanya dibalut bulu berwarna putih bergaris hitam. Sedangkan punggungnya didominasi warga kuning keemasan bergaris hitam. Wajahnya terlihat imut dengan bulu perpaduan kuning, putih dan bergaris hitam.

Pengunjung melihat area penangkaran harimau di Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Para pengunjung bisa melihat langsung seperti apa tingkah dan sikap harimau di dalam bangunan kokoh tersebut. Anda melihatnya dari tempat khusus dengan pembatasan kaca lebar dan tebal. Dipastikan, tempat ini aman bagi yang ingin melihat langsung dua ekor harimau di dalam kawasan Taman Safari Lagoi.

Fauna Atraksi
Jika perasaan Anda sudah lepas dari kekhawatiran melihat seekor harimau (tiger), perjalanan bisa dilanjutkan ke tempat penangkaran buaya dan ular. Di kawasan ini, tentu berbahaya. Justru itu, kawasan penangkaran buaya dipagar tinggi. Pengunjung hanya bisa melihat buaya berukuran panjang lebih dari 4 meter dari atas bangunan. Kalau ingin melihat anak buaya, ada tempat khususnya.

Di tempat penangkaran anak buaya ini, ada juga penangkaran ular. Ukuran ular di tempat penangkaran ini, beraneka ragam. Mulai dari ukuran kecil sampai dengan ukuran paling besar. Ular berukuran besar itu, bisa memiliki bobot atau berat badannya lebih dari 100 kilogram. Wow!

Pengunjung bermain dengan fauna burung hantu di Taman Safari Lagoi kawasan Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Namun, di kawasan ini ada fauna untuk atraksi, yang bisa menenangkan pikiran Anda. Yaitu, bermain dengan ular yang sudah jinak, dan burung kakatua serta burung hantu. Burung ini bisa menjadi sahabat Anda. Dia akan bermain di tangan hingga ke kepala Anda. Begitu pula dengan seekor ular, Anda bisa bermain dan berselfie (swafoto). Dalam atraksi bersahabat dengan fauna langka ini, si pawang akan mengawasinya.

Baca Juga :  Pendapatan Daerah 2021 Bintan Melebihi Target, Realisasi Belanja 91 Persen

Beruang dan Rusa
Tak jauh dari penangkaran buaya, ada juga tempat beruang dan rusa. Ada tiga ekor beruang (bear) berukuran sedang. Fauna buas ini selalu terlena memakan buah-buahan. Ketika makan, dia tak menghiraukan suara maupun suasana pengunjung. Berbeda halnya dengan rusa.

Penangkaran rusa di kawasan Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

Di penangkaran rusa (deer), para pengunjung akan tertawa dan asyik bermain dengan fauna ini. Sebab, puluhan rusa di dalam penangkaran ini akan selalu menghampiri pengunjung yang berdiri di dinding pembatas. Rusa akan senang ketika pengunjung memberikan buah-buahan seperti wartel dan jenis sayuran lainnya. Rusa-rusa tersebut pun senang dielus wajah hingga tanduknya yang bercabang-cabang.

Tak terasa, waktu Anda bersama keluarga di kawasan Taman Safari Lagoi ini akan berlalu beberapa jam. Turun dan naik perbukitan, mungkin akan sedikit melelahkan perjalanan keluarga pengunjung. Sebelum meninggalkan kawasan konservasi Taman Safari Lagoi, Anda bisa bersuka ria di tempat peristirahatan.

Di lokasi peristirahatan ini, Anda bisa bermain ayunan atau sepeda putar. Yang pasti, lelah akan hilang seketika tatkala ceria bersama keluarga yang dicintai. Jangan lupa, saat liburan di Taman Safari Lagoi ini, Anda pastikan selalu mengabadi momen-momen indah bersama keluarga. Foto fauna langka di Taman Safari Lagoi ini, akan menjadi kenangan di masa liburan di Kabupaten Bintan.

Untuk masuk ke Taman Safari Lagoi pada saat weekend, orang dewasa cuma sebesar Rp50 ribu per orang. Anak-anak, Rp30 ribu per orang. Uang masuk itu merupakan sumbangan pengunjung untuk pakan dan perawatan fauna langka di kawasan Taman Safari Lagoi tersebut. Uang masuk ke kawasan tersebut, tak sebesar ilmu dan pendidikan tentang fauna langka yang akan didapatkan anggota keluarga Anda.

Keluarga pengunjung menikmati arena bermain di kawasan Taman Safari Lagoi. F- yen/suaraserumpun.com

“Setelah menikmati panorama alam dan fauna di Taman Safari Lagoi, para pengunjung bisa menikmati berbagai aneka kuliner khas Bintan. Tempatnya? Datang ke Kampong Peranakan, di kawasan Lagoi Bay,” saran Sorta Public Relations (PR) PT BRC Lagoi kepada suaraserumpun.com, Sabtu (24/12/2022). (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here