Beranda All News Makyong dan Lomba Jong Penutup Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bintan

Makyong dan Lomba Jong Penutup Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bintan

0
Penampilan Awang Pengasuh pada pemeran teater makyong di panggung kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan dalam event festival permainan rakyat, Sabtu (17/12/2022) malam. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Penampilan teater makyong dan lomba jong dalam event festival permainan rakyat, menjadi penutup rangkaian peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan. Event ini bertujuan untuk melestarikan kebudayan khas Melayu Bintan.

Festival permainan rakyat peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan ini dimulai, Sabtu (17/12/2022) malam. Kegiatan yang dipusatkan di kawasan eksgedung MTQ Teluk Bakau ini, menampilkan teater makyong, joget dangkong dan tari kreasi. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan berbalas pantun, ada kategori anak-anak dan dewasa.

Peserta lomba jong memeriahkan festival permainan rakyat peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan, Minggu (18/12/2022). F- diskominfo bintan

Minggu (18/12/2022), festival permainan rakyat dilanjutkan dengan lomba jong, yaitu perahu layar tanpa awak. Jong race di pantai kawasan eksgedung MTQ Teluk Bakau atau di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan ini, menyita perhatian masyarakat. Ratusan pengunjung memadati kawasan pesisir pantai, untuk menyaksikan puluhan peserta lomba jong. Peserta lomba jong ini berasal dari berbagai wilayah Bintan, dan Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kompol Agus Martono Kabaglog Polres Bintan Pensiun

Masih di kawasan komplek perkantoran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, turut digelar lomba gasing. Para pemain dari kategori anak-anak dan dewasa. Dalam lomba ini, terlihat peserta memutar gasing, dan kelompok lain memangkah atau membanting gasing lawannya.

Lomba gasing pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan, Minggu (18/12/2022). F- diskominfo bintan

Mewakili Bupati Bintan, Pj Sekda Bintan Ronny Kartika mengatakan, event festival permainan rakyat ini bukan sekadar hiburan. Namun menumbuhkan kembali pengenalan dan kecintaan generasi muda terhadap permainan tradisional yang sangat terkenal dulunya.

“Event ini akan coba kita laksanakan secara rutin, sebagai event tahunan. Harapan kita selain ajang mempererat kebersamaan, ini juga melestarikan dan mengenalkan lagi budaya khas Melayu, kepada anak cucu kita. Ini adalah kekayaan budaya dari nenek moyang kita,” kata Ronny Kartika saat membuka kegiatan festival permainan rakyat sebagai penutup rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bintan. (yen)

Baca Juga :  Bantu Ambulans, Cen Sui Lan: NU Penjaga Bangsa dan Keutuhan NKRI

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here