banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menunggangi ornamen singa pada malam gebyar budaya rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan, di Gedung Nasional Tanjung Uban, Sabtu (3/12/2022) malam tadi. F- diskominfo bintan

Bupati Menunggangi Singa di Malam Gebyar Budaya Hari Jadi Kabupaten Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Malam gebyar budaya menjadi rangkaian penutup peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan di Gedung Nasional Tanjung Uban, Bintan Utara, Sabtu (3/12/2022) malam. Bupati Bintan Roby Kurniawan menunggangi ornamen singa, saat menghadiri malam gebyar budaya peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan pada tahun 2022 tersebut.

Pemkab Bintan telah menggelar berbagai kegiatan sempena menyambut Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-74. Di antaranya pawai budaya, permainan tradisional, tablik akbar, kesenian budaya, kenduri budaya, stan bazar, lomba lagu Melayu dan kegiatan lainnya. Rangkaian tersebut ditutup dengan malam gebyar budaya.

Pada malam gebyar budaya ini diumumkan pemenang untuk beberapa kegiatan. Di antaranya pemenang kegiatan pawai budaya dengan kategori OPD, juara pertama diraih Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bintan. Juara 2 diraih Dinas Pendidikan, dan juara 3 diraih Dinas Perkim Bintan.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Pantau Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Kantor KPU

Sedangkan untuk kategori kecamatan, juara 1 diraih Kecamatan Gunung Kijang. Juara 2 diraih Kecamatan Bintan Pesisir. Dan Juara 3 diraih Kecamatan Teluk Sebong. Kategori organisasi juara 1 diraih PGRI, juara 2 diraih HIMPAUDI. Juara 3 diraih PKK Kabupaten Bintan.

Pada malam gebyar budaya ini, beberapa kultural di Kabupaten Bintan juga ditampilkan. Seperti arak-arakan budaya dari Jawa yang membawa ornamen macan. Bupati Bintan Roby Kurniawan menunggangi ornamen singa tersebut, saat menuju tempat kegiatan seremonial. Selain itu, dilaksanakan doa dan syukuran, serta pemotongan tumpeng.

Baca Juga :  Sepak Bola Kepri Meraih Perunggu, Bona Simanjuntak: Terima Kasih buat Semuanya dan Masyarakat Kepri

Bupati Bintan Roby Kurniawan menuturkan, penetapan tanggal 1 Desember 1948 sebagai Hari Jadi Kabupaten Bintan dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bintan Nomor 03 tahun 2022 tentang Hari Jadi Kabupaten Bintan, tambahan lembaran daerah Kabupaten Bintan nomor 56.

Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan tahun 2022 ini, diharapkan mampu menjadi pemersatu semangat kultural di masyarakat. Serta menjadi momentum bagi kebangkitan Bintan, sekaligus pemulihan ekonomi.

Roby Kurniawan Bupati Bintan bersama Forkopimda dan tokoh agama memotong tumpeng pada malam gebyar budaya peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan. F- diskominfo bintan

“Untuk itu, dengan momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Bintan ke-74, kita mengambil tema Bintan Bangkit Ekonomi Pulih. Mari kita mengevaluasi diri. Dan kita semua harus kompak, walaupun kita bermacam-macam suku, adat dan budaya di Kabupaten Bintan ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Saksikan Betumbuk MMA dan Kick Boxing Berhadiah

Untuk mempersatukan keragaman tersebut, lanjut bupati, Pemkab Bintan telah menggelar pelbagai kesenian budaya.

“Ini juga akan menjadi momentum yang akan dikenang oleh masyarakat. Dengan kesenian budaya juga akan menjadi pemersatu nilai dan sosial kultural,, yang akan memperkuat semangat persatuan bagi masyarakat. Khususnya di Kabupaten Bintan,” jelas Bupati Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *