banner 728x90
Pelakon seni teater Makyong Mantang sedang melakukan betabik saat tampil di acara Kenduri Budaya tahun 2022 Mantang, dihadiri Bupati Bintan Roby Kurniawan, Jumat (2/12/2022) malam. F- dok/suaraserumpun.com

Kenduri Budaya Mantang, Bupati Bintan Disuguhkan Teater Makyong

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan disuguhkan penampilan seni teater makyong dan pencak silat Melayu, saat menghadiri kenduri budaya Mantang tahun 2022, Jumat (2/12/2022) malam. Roby Kurniawan berharap seni teater makyong ini terus dikembangkan. Karena merupakan budaya yang menjadi warisan dunia, dan sudah diakui PBB berasal dari Bintan (Kepri).

Saat menghadiri kenduri budaya tahun 2022 tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan disambut ratusan masyarakat di halaman Kantor Kecamatan Mantang. Awal kedatangan, Roby Kurniawan bersama Pj Sekda Bintan Ronny Kartika beserta rombongan disambut dengan pencak silat tradisional Melayu, dan mengikuti tradisi Jempot Makan oleh tokoh adat yang biasa disebut Penghulu Balai.

Baca Juga :  Membangkitkan Pariwisata Kepri, Cen Sui Lan Mensponsori Lomba Karaoke Mandarin Hokkien Tiga Negara

Kenduri Budaya di Mantang ini dimulai sejak tiga hari lalu. Diawali dengan doa bersama di Masjid Al-Muttaqin dan Masjid Al-Falaq. Kemudian berziarah ke makam Nek Puang, seorang yang dianggap leluhur tersohor di Mantang Riau. Selanjutnya makam bersama di Mantang Baru dan dilanjutkan di Mantang Besar.

Selain itu, saat menghadiri kenduri budaya di Mantang ini, Bupati Bintan disuguhkan penampilan tari kreasi. Suasana diwarnai tawa ceria anak belia tatkala menari dengan lagu Lodeh Hai Mak Lodeh dan Nona Singapura. Serta penampilan seni teater mak yong kreasi. Makyong merupakan budaya warisan dunia yang berasal dari Mantang, Kabupaten Bintan. Penampilan teater makyong ini merupakan puncak dari penampilan seni tradisional pada kenduri budaya di Mantang. Seribuan warga turut menyemarakan kenduri budaya tahun 2022 di Kecamatan Mantang tersebut.

Baca Juga :  Kementerian PUPR Membangun PLBN di Serasan-Natuna

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyebutkan, event kenduri budaya ini bisa semakin berkembang. Sebab, memiliki potensi budaya dan pariwisata. Tidak menutup kemungkinan ke depannya, event ini berlangsung menjadi event tahunan. Sehingga, masyarakat dar luar Mantang, bahkan turis mancanegara akan datang berkunjung.

“Sangat diapresiasi. Ini suatu hal yang sangat positif dan bisa terus dikembangkan. Tahun depan, kalau bisa, kita coba langsung, acaranya dikemas. Biar turis-turis datang ke sini, melihat begitu kaya budaya di Mantang,” harap Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan, Wali Kota dan Forkopimda Tanjungpinang Keliling Saat Imlek

“Terutama teater makyong yang sudah diakui PBB, yang berasal dari Mantang, Kabupaten Bintan ini,” sambung Bupati Bintan.

Roby Kurniawan Bupati Bintan dan rombongan disambut dengan pencak silat tradisional saat menghadiri Kenduri Budaya Mantang, Jumat (2/12/2022) malam. F- dok/suaraserumpun.com

Pj Sekda Bintan Ronny Kartika mengatakan, kegiatan kenduri budaya di Mantang ini merupakan hajatan sekaligus mendoakan untuk para leluhur.

“Sangat positif untuk anak-anak muda kita. Mereka kenal leluhur mereka. Mereka kenal budaya mereka. Dan mereka kenal seperti apa serta seberapa hebatnya Mantang ini,” tutur Ronny Kartika. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *